Pengaruh Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review, Reflect Berbantuan Media Teks Cerita Rakyat terhadap Kompetensi Membaca Pemahaman Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19403Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SQ4R berbantuan media teks cerita rakyat terhadap kompetensi membaca pemahaman mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V sekolah dasar Gugus Pattimura Denpasar Selatan 2017/2018. Penelitian ini berjenis eksperimen semu, dengan bentuk Non-ekuivalen control group design. Seluruh siswa kelas V SD gugus Pattimura sebanyak 341 siswa dijadikan populasi penelitian, Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VA SDN 7 Sesetan sebagai kelompok eksperimen sebanyak 39 siswa, dan kelas V SDN 18 Sesetan sebagai kelompok kontrol sebanyak 37 siswa. Data hasil kompetensi membaca pemahaman mata pelajaran bahasa Indonesia dikumpulkan dengan instrumen berupa tes objektif pilihan ganda berjumlah 20 butir tes yang telah divalidasi. Data dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi membaca pemahaman mata pelajaran bahasa Indonesia kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran SQ4R berbantuan media teks cerita rakyat dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus Pattimura Denpasar Selatan 2017/2018. Sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran SQ4R berbantuan media teks cerita rakyat berpengaruh terhadap kompetensi membaca pemahaman mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Gugus Pattimura Denpasar Selatan 2017/2018.References
Agung, A.A. Gede. 2013. Buku Ajar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Agung, A.A. Gede. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2017. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.
Dalman. 2017. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.
Dantes, 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Dantes, 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: Rajawali Pers.
Daryanto dan Sudjendro, Herry. 2014. Wacana bagi Guru SD Siap Menyongsong Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Dewi, Erni Ratna. 2018. Metode Pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran Vol. 2 No. 1 Hal. 44-52. Tersedia Pada: https://ojs.unm.ac.id/pembelajar/article/view/5442.
Faisal, Taufina, 2016. Mozaik Penilaian Pembelajaran Bahasa dan Apresiasi Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Bandung: CV. Angkasa.
Itadz. 2008. Cerita Untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Japa dan Suarjana. 2015. Buku Ajar Matematika. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Japa dan Suarjana. 2015. Buku Ajar Pendidikan Matematika III. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Kemendikbud. 2013. Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kemendikbud. 2014. Permendikbud Nomor 57 Tahun 2014. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kemendikbud. 2014. Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Kurniaman, Otang, Eddy Noviana. 2013. Penerapan Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, dan Pengetahuan. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau Vol. 6 No. 2 Hal. 389-396. Tersedia Pada: https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/download/4520/4314.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.
Mulyati, Yeti. 2008. Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.
Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Pratiwi, Yuni dkk.2007. Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.
Rahim, Farida. 2011. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Rasjid, Yusniar. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Survey Question Read Reflect Recite Review (SQ4R) dengan Metode Talking Stick terhadap Keterampilan Metakognisi dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMAN 9 Makassar. JURNAL BIOTEK, Volume 3 Nomor 1 Hal. 170-183. Tersedia Pada: http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/view/1104.
Rosdiana, Yusi dkk. 2007. Bahasa dan Sastra Indonesia di SD. Jakarta:Universitas Terbuka.
Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Safitri, Dwiani Ni Md. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Master Berbantuan Media Cerita Rakyat Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN 12 Padang Sambian. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1960/1707 (diakses tanggal 9 Januari 2017).
Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Solchan T. W, dkk. 2014. Pendidikan Bahasa Indonesia si SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suardani, Ni L.A. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran SQ4R Terhadap Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Gugus I Denpasar Selatan, (online), Vol 2. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/968/838 (diakses tanggal 7 Januari 2017).
Sudijono, Anas. 2015. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sukardi. 2011. Evaluasi Pendidikan Prinsip & Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana
Tarigan, Henry Guntur. 2015. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Uno, Hamzah dan Satria Koni. 2012. Assessment Pembelajaran .Jakarta: Bumi Aksara.
Wati, Ega Rima. 2016. Ragam M7edia Pembelajatan. Kata Pena.
Yusuf, Muri. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)