Kegiatan Ekstrakurikuler Jarimatika dalam Membangun Keterampilan Berhitung
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19404Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan ekstrakurikuler jarimatika dalam membangun keterampilan berhitung siswa kelas IV semester II SDN Tlogosari Kulon 01 Semarang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara,observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian kegiatan ekstrakurikuler jarimatika dalam membangun keterampilan berhitung siswa kelas IV SDN Tlogosari Kulon 01 Semarang menyatakan bahwa Ekstrakurikuler jarimatika membuat siswa senang dan antusias dalam mengikutinya, sebanyak 84% siswa selalu mengikuti kegiatan ekstrakurikuler jarimatika, sebenyak 56% siswa sering menggunakan jari tanpa alat bantu sehingga membuat siswa mampu menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri melalui berhitung cepat dan gerakan jari. siswa tidak hanya terampil berhitung saja tetapi siswa mampu menguasai berbagai mata pelajaran dikelas.References
Ainiyah, Nur. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum (Jurnal Studi-Studi Islam) IAIN Gorontalo, 13(1).
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rieneka Cipta.
Asmani, J. (2011). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Pers.
Komandoko, Gamal. 2009. Jari-jari Hitung. Yogykarta: Citra Pustaka.
Hambali, Muh., Eva Yulianti. 2018. Ekstrakurikuler Keagamaan terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di Kota Majapahit. Jurnal Pedagogik, Vol. 05 No. 02, Hal. 193-208. Tersedia Pada: http://repository.uin-malang.ac.id/3873/1/3873.pdf.
Joko Subagyo,p.2011.Metode Penelitian dalam Teori dan praktik.Jakarta: Rineka Cipta.
Lestari, Prawidya, dan Sukanti. 2016. Membangun Karakter Siswa Melalui Kegiatan Intrakurikuler Ekstrakurikuler, Dan Hidden curriculum (di SD Budi Mulia Dua Pandeansari Yogyakarta). Jurnal Penelitian, Vol. 10, No. 1, Hal. 71-96. Tersedia Pada: http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/jurnalPenelitian/article/viewFile/1367/1245.
Lestari, Ria Yuni. 2016. Peran Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Mengembangkan Watak Kewarganegaraan Peserta Didik. Untirta Civic Education Journal UCEJ, Vol. 1 No. 2 Hal. 136-152. Tersedia Pada: http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UCEJ/article/view/1887.
Moloeng J Lexy, 2005.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nur Umi Rahmawati, Dwi. 2014. Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Jarimatika di Kelas 1 B Min Tempel Ngaglik Sleman Yokyakarta. Skripsi: Universitas Islam Negeri Kalijaga.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 62 Tahun 2014 Pasal 1 dan 2.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. No 62 tahun 2014 Tentang Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Pendidikan Dasar dan Menengah.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta ,2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunardar Prasetyono, Dwi dkk, 2009. Pintar jarimatika. Jogjakarta: DIVA Press.
Supriatna, Mamat. 2010. Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Universitas Pendidikan Jakarta.
Sri Hardiyanti, M. Maulana, J. Julia.2017.Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berbantuan jarimatika terhadap Kemampuan Pemahaman matematis dan Keterampilan Berhitung Siswa pada materi perkalian. Jurnal: Upi Kampus Sumedang.
Tim magic math 100.2010.Magic Math 100. Jakarta: Gramedia.
Yanti Noor, dkk. 2016. Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Rangka Pengembangan Nilai-nilai Karakter Siswa untuk Menjadi Warga Negara yang Baik di SMA Korpri Banjarmasin.Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)