Efektivitas Model CIRC dan GGE Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19416Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui ada tidaknya perbedaan efektivitas antara Model CIRC dan GGE Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu. Uji prasyarat menunjukan kedua kelompok homogen dan berdistribusi normal. Uji T menggunakan uji t Independent Sample Test menunjukan t hitung > t tabel yaitu 4,836 > 1,312 dan signifikan 0,010 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukan adanya perbedaan efektivitas yang signifikan. Selanjutnya dilakukan uji normalitas gain yang menunjukan bahwa model GGE lebih efektif dibanding model CIRC terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.
References
Baharudin, 2012. Kepemimpinan Pendidikan Islam.Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Depdiknas. 2003. UU No. 20 Th. 2003. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Kartika Istri. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran CIRC Berbasis Jolly Phonics Terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Kelas II SD Gugus II Kecamatan Sukawati MIMBAR PGSD Undiksha Vol1, No 1 (2013).
Kurniasih dan Sani. 2015. Ragam pengembangan model pembelajaran. Jakarta: Kata Pena
Nazir, Moh. 2005. Metode penelitian. Bogor : Ghalia Indonesia.
Prabawati Chandra. 2013. Pengaruh Model Circ Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Kelas V SD Gugus IV Kecamatan Rendang. MIMBAR PGSD Undiksha Vol1, No 1 (2013).
Shoimin, Aris. 2014. Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Slavin, Robert. 2000. Educational Psycology: Theory and Practice. Sixth Edition. Boston: Allyn and Bacon.
Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Suantini, Ni L. P. Yuni. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV di Gugus II Kecamatan Gerokgak”. Jurnal. Jurusan PGSD Undiksha
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Wedayanti, Ni Wyn. Anggun. 2013. “pengaruh model pembelajaran CIRC berbantuan gambar berseri terhadap keterampilan membaca dan menulis siswa kelas IV SDN 18 pemecutan”. Journal. Jirisan PGSD Undiksha.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)