Efektivitas Model CIRC dan GGE Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika

Authors

  • Ariyanti Prawitaningrum Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana
  • Endang Endarini Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19416

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui ada tidaknya perbedaan efektivitas antara Model CIRC dan GGE Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu. Uji prasyarat menunjukan kedua kelompok homogen dan berdistribusi normal. Uji T menggunakan uji t Independent Sample Test  menunjukan t hitung > t tabel yaitu 4,836 > 1,312 dan signifikan 0,010 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukan adanya perbedaan efektivitas yang signifikan. Selanjutnya dilakukan uji normalitas gain yang menunjukan bahwa model GGE lebih efektif dibanding model CIRC terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.

 

References

Baharudin, 2012. Kepemimpinan Pendidikan Islam.Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Depdiknas. 2003. UU No. 20 Th. 2003. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Kartika Istri. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran CIRC Berbasis Jolly Phonics Terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Kelas II SD Gugus II Kecamatan Sukawati MIMBAR PGSD Undiksha Vol1, No 1 (2013).

Kurniasih dan Sani. 2015. Ragam pengembangan model pembelajaran. Jakarta: Kata Pena

Nazir, Moh. 2005. Metode penelitian. Bogor : Ghalia Indonesia.

Prabawati Chandra. 2013. Pengaruh Model Circ Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Kelas V SD Gugus IV Kecamatan Rendang. MIMBAR PGSD Undiksha Vol1, No 1 (2013).

Shoimin, Aris. 2014. Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Slavin, Robert. 2000. Educational Psycology: Theory and Practice. Sixth Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Suantini, Ni L. P. Yuni. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV di Gugus II Kecamatan Gerokgak”. Jurnal. Jurusan PGSD Undiksha

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Wedayanti, Ni Wyn. Anggun. 2013. “pengaruh model pembelajaran CIRC berbantuan gambar berseri terhadap keterampilan membaca dan menulis siswa kelas IV SDN 18 pemecutan”. Journal. Jirisan PGSD Undiksha.

Downloads

How to Cite

Prawitaningrum, A., & Endarini, E. (2019). Efektivitas Model CIRC dan GGE Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(3), 308–315. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19416

Issue

Section

Article