Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhdap Hasil Belajar Matematika dengan Efikasi Diri Sebagai Intervening
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21313Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar matematika, pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar matematika dan pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar matematika dengan dimediasi efikasi diri. Dalam penelitian ini, sampel yang digunakan adalah 149 siswa kelas V SD Gugus IV Kecamatan Gianyar. Metode pengumpulan data menggunakan teknik non tes. Jenis penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan menggunakan analisis jalur sebagai metode analisis. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan pola asuh orang tua kategori otoriter terhadap hasil belajar matematika sebesar 25.2%; 2) terdapat pengaruh yang signifikan pola asuh orang tua kategori demokratis terhadap hasil belajar matematika sebesar 26.8%; 3) terdapat pengaruh yang signifikan pola asuh orang tua kategori permisif terhadap hasil belajar matematika sebesar 11.6%; 4) terdapat pengaruh yang signifikan efikasi diri terhadap hasil belajar matematika sebesar 66.6%; 5) terdapat pengaruh yang signifikan pola asuh orang tua kategori otoriter terhadap hasil belajar matematika melalui efikasi diri sebesar 26.3%; 6) terdapat pengaruh yang signifikan pola asuh orang tua kategori demokratis terhadap hasil belajar matematika melalui efikasi diri sebesar 39.3%; 7) terdapat pengaruh yang signifikan pola asuh orang tua kategori permisif terhadap hasil belajar matematika melalui efikasi diri sebesar 25.2%.
References
Agung, A. A. Gede. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publising
Anwar, A.I. 2009. “Hubungan antara Self Efficacy dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Sumatra Utara”. Skripsi (tidak diterbitkan). Medan: Fak. Psikologi USU.
Brooks, Jane.2011. The Process of Parenting Eight Edition. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Pinsensius, Budang., dkk. 2017. Korelasi Pola Asuh Orang Tua dengan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SD Negeri 5 Tengadak. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, Vol.3, No.2.
Cahyono, Tri. 2015. Statistik Uji Normalisasi. Purwokerto:Yayasan Sanitarian Banyumas (Yasamas).
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi Yogyakarta
Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Permendiknas Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2017 .Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta
Fitriana, Sitti., dkk. 2015. Pengaruh Efikasi Diri, Aktivitas, Kemandirian Belajar dan Kemampuan Berpikir Logis terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal of EST. Volume 1, Nomer 2, hal 86-101. ISSN:2460-1497.
Garcia, Fernando and Enrique Gracia. 2009. Is Always Authoritative The Optimum Parenting Style? Evidence from Spanish Families. Adolesence, Vol. 44, No. 173.
Lestari, Sri. 2012. Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga. Jakarta: Prenadamedia Group.
Santrock, John W. 2007. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Septiari, Bety Bea. 2012. Mencetak Balita Cerdas dan Pola Asuh Orang Tua. Yogyakarta: Nuha Medika
Sianipar, Chelsea Sulastry & Dian Ratna Sawitri. 2015. Pola Asuh Orang Tua dan Efikasi Diri dalam Mengampil Keputusan Karir pada Mahasiswa Tahun Pertama. Jurnal Empati. Vol. 4(4), 1-7
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Ranika Cipta
Sudaryono. 2017. Metodologi Penelitian. Jakarta Rajawali Pers
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Surna, I Nyoman & Olga D. Pandeirot. 2014. Psikologi Pendidikan 1. Jakarta: Penerbit Erlangga
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar Edisi Pertama. Jakarta: Prenadamedia Group.
Syah, Muhibbin. 2017. Psikologi Belajar. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.
Taylor, Shelley E., Letitia Anne Peplau & David O. Sears. 2009. Psikologi Sosial Edisi Kedua Belas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Widodo. 2013. Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Viia Mts Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013
Yusuf, Muri. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)