Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Rubrik Surat Kabar Terhadap Keterampilan Berbicara

Authors

  • I Nym. Putra Antara Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja,
  • M. G. Rini Kristiantari Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja,
  • I Ngh. Suadnyana Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja,

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21315

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap keterampilan berbicara pada siswa kelas V SD Negeri Gugus IX Kintamani Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri di Gugus IX Kintamani sebanyak 315 orang yang tersebar menjadi 11 kelas. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 6 Songan sebanyak 37 orang sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SD N 9 Songan sebanyak 38 orang sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan rubrik penilaian keterampilan berbicara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t (polled varians). Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung= 2,463 sedangkan pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 73 diperoleh nilai ttabel= 2,000 sehingga thitung=2,463 > ttabel=2,000. Berdasarkan kriteria pengujian, maka H0 yang berbunyi tidak terdapat pengaruh model pembelajaran talking stick berbantuan rubrik surat kabar terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri gugus IX Kintamani tahun ajaran 2017/2018 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran talking stick berbantuan rubrik surat kabar berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri gugus IX Kintamani tahun ajaran 2017/2018.

References

Agung, A. A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Anitah W., Sri. 2014. Strategi Pembelajaran di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Hernawan, Asep Herry. 2014. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Koyan, I Wayan. 2007. Statistika Terapan (Teknik Analisis Data Kuantitatif). Singaraja: UNDIKSHA.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2017. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Surabaya: Kata Pena

Mulyasa. 2010. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Nurgiyantoro. 1995. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta

Nurkholis. 2013. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi . Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Nopember 2013

Safari. 1997. Pengujian dan Penilaian Bahasa dan Satra Indonesia. Jakarta: PT. Kartanegara

Setyosari. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Grup

Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sukardi. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Percetakan Angkasa

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Percetakan Angkasa

Downloads

How to Cite

Putra Antara, I. N., Kristiantari, M. G. R., & Suadnyana, I. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Rubrik Surat Kabar Terhadap Keterampilan Berbicara. International Journal of Elementary Education, 3(4), 423–430. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21315

Issue

Section

Article