Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Rubrik Surat Kabar Terhadap Keterampilan Berbicara
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21315Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap keterampilan berbicara pada siswa kelas V SD Negeri Gugus IX Kintamani Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri di Gugus IX Kintamani sebanyak 315 orang yang tersebar menjadi 11 kelas. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 6 Songan sebanyak 37 orang sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SD N 9 Songan sebanyak 38 orang sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan rubrik penilaian keterampilan berbicara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t (polled varians). Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung= 2,463 sedangkan pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 73 diperoleh nilai ttabel= 2,000 sehingga thitung=2,463 > ttabel=2,000. Berdasarkan kriteria pengujian, maka H0 yang berbunyi tidak terdapat pengaruh model pembelajaran talking stick berbantuan rubrik surat kabar terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri gugus IX Kintamani tahun ajaran 2017/2018 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran talking stick berbantuan rubrik surat kabar berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri gugus IX Kintamani tahun ajaran 2017/2018.
References
Agung, A. A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Anitah W., Sri. 2014. Strategi Pembelajaran di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Hernawan, Asep Herry. 2014. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Koyan, I Wayan. 2007. Statistika Terapan (Teknik Analisis Data Kuantitatif). Singaraja: UNDIKSHA.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2017. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Surabaya: Kata Pena
Mulyasa. 2010. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Nurgiyantoro. 1995. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta
Nurkholis. 2013. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi . Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Nopember 2013
Safari. 1997. Pengujian dan Penilaian Bahasa dan Satra Indonesia. Jakarta: PT. Kartanegara
Setyosari. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Grup
Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sukardi. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Percetakan Angkasa
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Percetakan Angkasa
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)