Meningkatkan Prestasi Belajar Agama Hindu Melalui Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21762Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 6 Ketewel di kelas VI yang kemampuan siswanya untuk pembelajaran Agama Hindu masih sangat rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Agama Hindu siswa kelas VI SD Negeri 6 Ketewel pada semester II tahun pelajaran 2017/2018 melalui penerapan model pembelajaran Explicit Instruction. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Explicit Instruction dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya mencapai nilai rata-rata 62,91, pada siklus I mencapai nilai rata-rata 72,91 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 85,00. Presentase ketuntasan belajar siswa juga mngalami peningkatan. Pada awal pembelajaran ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 25,00%. Pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 62,50%, dan pada siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 100%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah prestasi belajar Agama Hindu siswa kelas VI semester II SD Negeri 6 Ketewel tahun pelajaran 2017/2018 dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran Explicit Instruction.
Kata Kunci: Prestasi Belajar Agama Hindu, Model Pembelajaran Explicit Instruction
References
Andayani, dkk. 2008. Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta : Universitas Terbuka.
Ardana, P. W., Suniasih, N. W., Ganing, N. N., & Hum, M. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Vi Sdn 17 Dangin Puri Kota Denpasar Tahun Ajaran 2013/2014. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).
Arikunto Suharsimi, Suhardjono, Supardi. 2006. Penelitian Tindakan. Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.
Hernawan, Asep Herry, dkk. 2008. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka.
Jayadiningrat, M. G., Tika, I. N., & Yuliani, N. P. (2017). Meningkatkan Kesiapan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Kimia Dengan Pemberian Kuis Di Awal Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 7-12.
Lubis, Rookuli dan Sugito. 2013. Penerapan Metode Pembelajaran Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menggambar Ilustrasi di Kelas VIII SMP GKPI Padang Bulan Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013. Gorga Jurnal Seni Rupa Volume 2 Nomor 1.
Lutfiiyah. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA . Jurnal Ibtida’i Volume 5 No. 01, Januari-Juni 2018
M.Sidik, Hasnun, dkk. 2007. Terampil BerAgama Hindu untuk SMP Kelas VIX B5I. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Muttaqin, Nur Huda. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Disertai Diskusi Dan Media Hyperchem Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Pada Materi Ikatan Kimia Kelas X 1 Sma Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017 . Jurnal Pendidikan Kimia, Vol. 7 No. 1 Tahun 2018
Rianto, Milan. 2005. Metode Pembelajaran. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Saat, Sulaiman. 2015. Faktor-Faktor Determinan Dalam Pendidikan (Studi Tentang Makna Dan Kedudukannya Dalam Pendidikan) . Jurnal Al-Ta’dib Vol. 8 No. 2, Juli-Desember
Satori, Djam’an dkk. 2007. Profesi Keguruan. Jakarta : Universitas Terbuka.
Septian Pratama, A. N. D. I. K. (2016). Penerapan Media Cd (Compact Disk) Interaktif Pada Model Pembelajaran Explicit Instruction Dengan Materi Teknik Pengoperasian Alat Sipat Datar Dalam Pekerjaan Pengukuran Elevasi Tanah Di Kelas X Gb Smk Negeri 5 Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 2(2/JKPTB/16).
Silma, E. (2017). Pengaruh Penerapan model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Pelajaran Ekonomi (Akuntansi) Di SMAN 1 Langgam Kabupaten Pelalawan. PEKBIS (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis), 9(1), 68-76.
Suyatno.2009. Menjelajah Pembelajaran Inofatif. Sidoarjo:Masmedia Buana Pusaka.
Syafi’I, Ahmad. 2018. Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi . Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2, Juli 2018
Trianto. 2010. Mendesign Model Pembelajaran Inovativ Progresif. Jakarta : Kencana.
Yumiarti, D. S., Efrizon, E., & Huda, A. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Dinamis Kelas Xi Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (Rpl) Di Smk Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika, 6(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)