Meningkatkan Prestasi Belajar Agama Hindu Melalui Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Metode Pemberian Tugas Individu dalam Kerja Kelompok

Authors

  • I Wayan Sewela SD Negeri 1 Bakbakan

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21764

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Bakbakan di kelas VI yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Agama Hindu masih sangat rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Agama Hindu siswa kelas VI SD Negeri 1 Bakbakan pada semester II tahun pelajaran 2017/2018 melalui penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan metode pemberian tugas individu dalam kerja kelompok. Metode pengumpulan datanya adalah observasi dan tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Dengan hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran yang diterapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya hanya mencapai rata-rata 65,35 dan ketuntasan belajar 28,57%, pada siklus I meningkat menjadi 73,57 dengan ketuntasan belajar 64,28% dan pada Siklus II meningkat menjadi 84,28 dengan ketuntasan belajar mencapai 96,42%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan metode pemberian tugas individu dalam kerja kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar Agama Hindu siswa kelas VI SD Negeri 1 Bakbakan pada semester II tahun pelajaran 2017/2018.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Creative Problem Solving, Metode Pemberian Tugas Individu Dalam Kerja Kelompok, Prestasi Belajar

References

Arends, Richard I. 2004. Learning to Teach. Sixth Edition. New York: McGraw-Hill.

Arikunto Suharsimi, Suhardjono, Supardi. 2006. Penelitian Tindakan. Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Asikin dan Pujiadi. Lembaran Ilmu Kependidikan Jilid 37, NO. 1, Juni 2008. Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Cd Interaktif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas XSMA Negeri 1 Semarang. FMAgama Hindu Unnes.

Buchori, 2012. Artikel Hasil Penelitian. Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Software GeogebraTerhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa SMA. Fakultas Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. IKIP PGRI Semarang.

Buchori, Nur Syamsudin. 2012. Koperasi Syariah Teori dan Praktik. Banten: Pustaka Aufa Media.

Dewi, E P. 2008. SkrAgama Hindui.Pengaruh Penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dalam Pembelajaran Agama Hindu terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Matematika Siswa SMA. FPMAgama Hindu UPI. Bandung.

Idrus, Muhammad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial, Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif, Jakarta : Erlangga.

Jayadiningrat, M. G., Tika, I. N., & Yuliani, N. P. (2017). Meningkatkan Kesiapan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Kimia Dengan Pemberian Kuis Di Awal Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 7-12.

Rahman, B. 2009.SkrAgama Hindui.Perbandingan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa yang Pembelajarannya Menggunakan Model Creative Problem Solving (CPS) dengan Siswa yang Pembelajarannya Menggunakan Model Konvensional. FPMAgama Hindu UPI. Bandung.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group.

Saud, Udin Syaefudin. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Syamsu. Syari Ahmad, dkk. 2016. Penerapan Model Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Bulukumba (Studi pada Materi Pokok Laju Reaksi). Jurnal Chemica UNM Vol. 17 Nomor 2 Desember 2016, 63 – 74.

Wepe, Sakalus. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi dengan Peta Konsep terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA-Biologi Siswa (Pokok Bahasan Ekosistem Kelas VII SMPN 11 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016) . Jurnal Edukasi Unej 2016

Yuzarion . 2017. Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Peserta Didik . Ilmu Pendidikan, Volume 2 Nomor 1, Juni 2017.

Downloads

Published

2019-11-30

How to Cite

Sewela, I. W. (2019). Meningkatkan Prestasi Belajar Agama Hindu Melalui Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Metode Pemberian Tugas Individu dalam Kerja Kelompok. International Journal of Elementary Education, 3(4), 478–484. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21764

Issue

Section

Article