Meningkatkan Prestasi Belajar Agama Hindu Melalui Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Metode Pemberian Tugas Individu dalam Kerja Kelompok
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21764Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Bakbakan di kelas VI yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Agama Hindu masih sangat rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Agama Hindu siswa kelas VI SD Negeri 1 Bakbakan pada semester II tahun pelajaran 2017/2018 melalui penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan metode pemberian tugas individu dalam kerja kelompok. Metode pengumpulan datanya adalah observasi dan tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Dengan hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran yang diterapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya hanya mencapai rata-rata 65,35 dan ketuntasan belajar 28,57%, pada siklus I meningkat menjadi 73,57 dengan ketuntasan belajar 64,28% dan pada Siklus II meningkat menjadi 84,28 dengan ketuntasan belajar mencapai 96,42%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan metode pemberian tugas individu dalam kerja kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar Agama Hindu siswa kelas VI SD Negeri 1 Bakbakan pada semester II tahun pelajaran 2017/2018.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Creative Problem Solving, Metode Pemberian Tugas Individu Dalam Kerja Kelompok, Prestasi Belajar
References
Arends, Richard I. 2004. Learning to Teach. Sixth Edition. New York: McGraw-Hill.
Arikunto Suharsimi, Suhardjono, Supardi. 2006. Penelitian Tindakan. Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Asikin dan Pujiadi. Lembaran Ilmu Kependidikan Jilid 37, NO. 1, Juni 2008. Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Cd Interaktif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas XSMA Negeri 1 Semarang. FMAgama Hindu Unnes.
Buchori, 2012. Artikel Hasil Penelitian. Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Software GeogebraTerhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa SMA. Fakultas Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. IKIP PGRI Semarang.
Buchori, Nur Syamsudin. 2012. Koperasi Syariah Teori dan Praktik. Banten: Pustaka Aufa Media.
Dewi, E P. 2008. SkrAgama Hindui.Pengaruh Penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dalam Pembelajaran Agama Hindu terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Matematika Siswa SMA. FPMAgama Hindu UPI. Bandung.
Idrus, Muhammad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial, Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif, Jakarta : Erlangga.
Jayadiningrat, M. G., Tika, I. N., & Yuliani, N. P. (2017). Meningkatkan Kesiapan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Kimia Dengan Pemberian Kuis Di Awal Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 7-12.
Rahman, B. 2009.SkrAgama Hindui.Perbandingan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa yang Pembelajarannya Menggunakan Model Creative Problem Solving (CPS) dengan Siswa yang Pembelajarannya Menggunakan Model Konvensional. FPMAgama Hindu UPI. Bandung.
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group.
Saud, Udin Syaefudin. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.
Syamsu. Syari Ahmad, dkk. 2016. Penerapan Model Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Bulukumba (Studi pada Materi Pokok Laju Reaksi). Jurnal Chemica UNM Vol. 17 Nomor 2 Desember 2016, 63 – 74.
Wepe, Sakalus. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi dengan Peta Konsep terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA-Biologi Siswa (Pokok Bahasan Ekosistem Kelas VII SMPN 11 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016) . Jurnal Edukasi Unej 2016
Yuzarion . 2017. Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Peserta Didik . Ilmu Pendidikan, Volume 2 Nomor 1, Juni 2017.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)