Kontribusi Kecerdasan Emosional dan Kebiasaan Belajar terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24331Keywords:
dukungan orang tua, minat baca, motivasi belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap kompetensi pengetahuan IPS, (2) Pengaruh kebiasaan belajar terhadap kompetensi pengetahuan IPS, dan (3) Pengaruh secara bersama-sama kecerdasan emosional dan kebiasaan belajar terhadap kompetensi pengetahuan IPS. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Populasi penelitian ini sebanyak 267 siswa kelas V SDN Gugus Mohhamad Hatta Kecamatan Denpasar Selatan. Teknik penentuan sampel adalah proposional rondom sampling, dengan jumlah sampelnya sebanyak 152. pengambilan data menggunakan kuesioner. Data penelitian dianalisis dengan teknik statistik regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan pengaruh kecerdasan emosional (X1) terhadap kompetensi pengetahuan IPS (Y) diperoleh rhitung= 0,487 > rtabel= 0.159 ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan, dan untuk kontribusi nilai koefisien korelasinya di kuadratkan r2 = 0,4872 = 0,238 berarti Sumbangan kontribusinya sebesar 23,8%. Pengaruh kebiasaan belajar (X2) terhadap kompetensi pengetahuan IPS(Y) diperoleh rhitung= 0,397 > rtabel= 0,159 ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan, dan untuk kontribusi nilai koefisien korelasinya di kuadratkan r2 = 0,3972 = 0,158 berarti Sumbangan kontribusinya sebesar 15,8%. Pengaruh kecerdasan emosional (X1) dan kebiasaan belajar terhadap kompetensi pengetahuan IPS (Y) diperoleh rhitung= 0,497 > rtabel= 0,159 ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan, dan untuk kontribusi nilai koefisien korelasinya di kuadratkan r2 = 0,4972 = 0,247 berarti Sumbangan kontribusinya sebesar 24,7%. Jadi, bahwa terdapat kontribusi yang signifikan kecerdasan emosional dan kebiasaan belajar berkontribusi terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa Kelas V SDN Gugus Mohhamad Hatta Kecamatan Denpasar Selatan tahun ajaran 2018/2019.References
Agung, Gede. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung ; Alfabeta.
Dantes, Nyoman. 2012. Metodologi Penelitian Untuk Ilmu-ilmu Sosial dan Humaniora. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Djaali. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendiikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja:Universitas Pendidikan Ganesha.
Lasmawan, Wayan. 2016. Pendidikan IPS. Singaraja. Bali:Medikom Indonesia Press.
Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian “Pendidikan & Pengembangan”. Jakarta : Prenadamedia Group
Sugiyono. 2017. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2014. Perkembangan Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)