Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Animasi terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24337Keywords:
discovery learning, animasi, kompetensi pengetahuan IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan media animasi terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SDN Gugus VI Abiansemal tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini ialah eksperimen semu (quasi-experimental design) menggunakan desain Non-equvalen Control Group Design. Populasi penelitian meliputi seluruh siswa kelas IV SDN Gugus VI Abiansemal tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 8 kelas berjumlah 246 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik Simple Random Sampling pada kelompok kelas. Sehingga diperoleh kelas IV SDN 1 Mambal sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SDN 3 Mekar Bhuana sebagai kelas kontrol. Hasil perhitungan data gain skor ternormalisasi kompetensi pengetahuan IPA menunjukkan rata-rata kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari rata- rata kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas kontrol eksperimen = 0,55 > kontrol = 0,29). Pengujian hipotesis dianalisis menggunakan uji- t dengan rumus polled varians. Kriteria pengujian pada taraf signifikansi 5% dan dk = 68. Diperoleh harga 5,445 thitung > ttabel 2,000. Jadi, terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model discovery learning berbantuan media animasi dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional di kelas IV SDN Gugus VI Abiansemal tahun ajaran 2018/2019References
Agung, A. A. G. 2010. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Singaraja.
----------. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.
----------. 2016. Statistika Untuk Dasar Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.
Ardana, I Ketut. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual Dalam Setting Lesson Study Terhadap Hasil Belajar IPA Mahasiswa PGSD Semester II Undiksha UPP Denpasar: FIP Singaraja, tersedia pada E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.
Anitah W, Sri. 2014. Strategi Pembelajaran di SD. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Arifin, Zaenal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi, 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Bahari, Ni Ketut Intan, 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Lingkungan Alam Sekitar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus 5 Blahbatuh Tahun Ajaran 2016/ 2017: FIP Undiksha, tersedia pada E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.
Candra, Anak Agung Bagus Trisna Adi. 2017. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas VI SD Gugus Yos Sudarso Kecamatan Denpasar Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar: FIP Undiksha, tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10655 , Vol 5, No 2 (2017)
Cahyani, Ni Nyoman Tri Dhiana, dkk. 2017.Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Media Animasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus III Kecamatan Kuta Selatan Tahun Ajaran 2017/2018. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar: FIP Undiksha, tersedia pada E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume x Tahun xxxxx
Dewi, Ni Pt. Karminia Ratna, dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar: FIP Undiksha, tersedia pada E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 1No. (2) pp. 191-197
Dantes, N. 2014. Metode Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Soisal. Bandung: Alfabeta.
Hermawan, Asep Hernawan. 2017. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di SD. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Iskandar. 2010. Metodelogi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: Gaung Persada Press (GP Press)
Iru, La dan La Ode Safiun Arihi. 2012. Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model-Model Pembelajaran. Bandul Yogyakarta: Multi Persindo.
Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Teknik Analis Data Kuantitatif. Singaraja.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014. Jakarta: Kemendikbud.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014. Jakarta: Kemendikbud
Munir, 2012. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Ngalimun, 2017. Strategi Pembelajaran. Bandul Yogyakarta: Dua Satria Offet.
Sapriati, Amalia. 2014. Pembelajaran IPA di SD. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Sugiyono. 2011. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sudijono, Anas. 2015. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Bandung: Pradanamedia Group.
Wardani, IG. A. K. 2014. Perspektif Pendidikan SD. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Yusuf, A. M. 2015. Asesmen Dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)