Pengaruh Media Kartu Huruf terhadap Kemampuan Membaca Permulaan
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24383Keywords:
membaca permulaan, media kartu huruf, kemampuan membacaAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Media Kartu Huruf terhadap Kemampuan membaca permulaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode eksprimen. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan tes performance. Observasi digunakan untuk mencatat perilaku siswa dengan indikator yang telah disiapkan, sedangkan tes dilakukan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang telah di pelajari . Untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan rumus T-tes. Hasil analisis dari kedua kelas dari pretes dan posttest untuk kelas kontrol dengan mean ( 84,28) dan kelas eksperimen ( 66,25), dengan median dari kelas kontrol ( 4,5) dan kelas ekperiment (8). Media sangat berpengaruh terhadap Kemampuan Membaca permulaan ditunjukan dengan uji homogenitas di peroleh nilai 14thitung "> sebesar 3,84 sedangkan setelah uji T-tes dilakukan di peroleh 14ttabel"> 2,6 ini menunjukan pada taraf signifikasi 5% dan hasil menunjukan bahwa nilai 14 thitung ("> 3,84 ) > nilai 14ttabel"> (2,6). Jadi, terdapat pengeruh media kartu huruf terhadap kemampuan membaca permulaan.
References
Ahmad Rivai dan Nana Sudjana. 2005. Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algesindo
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara : Jakarta.
.Eliyawati. Cucu. 2005. Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar Untuk Anak Usia Dini. Dirjen Pendidikan dan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi: Jakarta.
Hairuddin, dkk. 2007. Pembelajaran Bahasa Indonesia. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta. 425 hlm
Hasan, Maimunah. 2009. Pendidikan anak usia dini. Jogjakarta: Diva Press.
I Gusti Ayu Komang Lili, dkk. Penilaian Autentik Guru Bahasa Indonesia Dalam Pembelajaran Menulis Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Singaraja. e-Journal Universitas Pendidikan Ganesha Volume 3 No.1. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php. Diunduh pukul 14.00 WIB, 15 Januari 2014
Kartini,Diah.2014.EJurnal.Volume1.No.1,https://drive.google.com/file/d/0Bk3cSUkM3Iy npNTFFXMThhVnc/view, 01 Febuary 2017.
Kurniawan, Hendry. 2002. Penggunaan Media Kartu Terhadap Peningkatan Kemampuan Anak dalam Berhitung. Skripsi. Yogyakarta:Universitas Negeri Yogyakarta
Suartini, I. A. Kmg. 2014. “Pengaruh Moddel Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Alat Peraga Kartu Huruf terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD”. Jurnal mimbar PGSD Universitas Pendidika Ganesha. Volume 2, No. 1,https://drive.google.com/file/d/0Bk3cSUkM3IyX3hwRGhaUjdEbVE/view, 01 Febuary 2017.
Sudjana, N dan Rivai, A. 2010. Media Pengajaran. Sinar Baru Algesindo: Bandung.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta: Bandung.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Supriyadi (2009) Program Bimbingan untuk Membantu Berbicra Anak Bandung : FIP UP
Syarifudin, 2010. Strategi Belajar Mengajar. Diddit Media. Jakarta.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)