Meningkatkan Kemampuan Berhitung melalui Media Congklak pada Siswa Kelas II SD Inpres Wosia
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24384Keywords:
kemampuan berhitung, media congklakAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Media Permainan Congklak dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas II SD Inpres Wosia. Metode dalam penelitian ini yaitu metode pre-experiment tanpa adanya kelompok pembanding. Penelitian ini mengunakan One Group Pretest-Posttest Design dengan teknik analisis data menggunakan paired t test. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes. Penelitian ini menggunakan keseluruhan populasi yang berjumlah 24 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan rata-rata diperoleh nilai posttest = 77.91 lebih tinggi dibandingkan nilai pretest = 43.75, sedangkan thitung = -14.697 ≠ ttabel = 1.714 . Maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima atau penerapan media permainan Congklak dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa Kelas II SD Inpres Wosia.
References
Djamarah , Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Bumi Aksara. p107.
Fathurrohman Pupuh, Sutikno M Sobry. (2014). Strategi Belajar Mengajar Melalui Pemahaman Konsep Umum & Konsep Islami. Bandung: Refika Adimata. p65.
Hidayat Asep. (2016). Pengaruh Penggunaan alat Peraga Dakon Matematika (Dakota) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/33756. 12(9). p1.
Kurniawati. (2006). Permainan Tradisional di Indonesia. Bandung: Rosdakarya. p7-10.
Michel, N., Cater III. J. J & Varela, O. (2009). Active Versus Passive Teacing Styles: An Empirical Study Of Student Outcomes. Human Resource Development Quarterly. 20(4). P297-418.
Morena Cindo. (2010). Permainan Tradisonal. Jakarta: Ghina Walafa. p5.
Muksin Ahmadi. (2006). Bermain dan Kecerdasan Matematis. Bandung: Remaja Rosdakarya. p31.
Nataliaya Prima. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. 20(10). P246-353.
Sulaiman, A. (2013) Penerapan Media Permainan Dakon Dalam Peningkatan Hasil Belajar Berhitung Siswa Kelas I SD Al-Amin Surabaya. http://www.scribd.com/doc/125237696/PENERAPAN-MEDIAPERMAINAN-DAKON-DALAM-PENINGKATAN-HASIL-BELAJARBERHITUNG-SISWA-KELAS-1-SD-AL-AMIN-SURABAYA#scribd. 20(1).
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika .
Zubaidah Amir, Risnawati. (2006). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswajaja Pressindo. p63.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)