Efektivitas Pembelajaran Tematik (PS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24385Keywords:
tematik, problem solving, berpikir kritisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran tematik problem solving (PS) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas 4 SD. Penelitian dilaksanakan di SDN Tingkir Tengah 01 Salatiga dan SDN Tingkir Tengah 02 Salatiga. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Tingkir Tengah 01 sebagai kelas kontrol dan SDN Tingkir Tengah 02 sebagai kelas eksperimen. Jenis penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel adalah teknik purposive stratified quota sampling. Teknik pengumpulan data terdiri teknik tes dan non tes. Instrumen teknik tes berupa butir soal dengan bentuk soal pilihan ganda dan instrumen teknik non tes berupa lembar observasi yang dilengkapi dengan rubrik penilaian kemampuan berpikir kritis. Teknik analisis data menggunakan teknik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan t hitung 2,372 > 2,000 dan signifikansi (2-tailed) 0,021 < 0,05, artinya Ha diterima dan Ho ditolak, JAdi, terdapat perbedaan efektivitas pembelajaran tematik problem solving (PS) dan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas 4 SD tema 7 Indahnya Keberagaman di Negeriku, subtema 1 Keberagaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Pembelajaran 2.
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Emilia, Wasitohadi, & Rahayu, T. S. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas V Dengan Menggunakan Metode Problem Solving. Jurnal Basicedu, 3(1), 101–105. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/84/81
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Mustamilah. (2015). Peningkatan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Mengunakan Model Problem Based Learning pada Subtema Merawat Tubuhku Siswa Kelas 1 SD Negeri 1 Gonoso-Wonosego. Jurnal Scholaria, 5(1), 92-102.
Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. Jakarta.
Nym, I Budiana. (2013). Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswapada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Undiksha, 1(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/816
Oktaviani, W., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Basicedu, 2(2), 5–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.41
Permendikbud. Kurikulum 2013. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta.
Permendikbud. Kurikulum 2013. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
Permendikbud. Kurikulum 2013. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta.
Rahayu, Tri Retno Ningsih. (2017). Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Scientific Approach Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta: Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Rohani, Made dkk. 2018. Pengaruh Penggunaan Metode Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Ipa Dengan Kovariabel Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas V Sd. JIPP. 15(2).
Rohani, M., Lasmawan, I. W., & Suastra, I. W. (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar IPA Dengan Kovariabel. 15, 143–153.
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada. 245.
Sisnanto, Wahyudi, & Indarini, E. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving dan Group Investigation Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 4 SD Dalam Pelajaran Matematika. 3(2008), 923–933.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.17 -132.
Wardani, N. S. (2013). Implementasi Strategi Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) Tematik Dan Evaluasinya Dalam Kurikulum 2013 Siswa Kelas Rendah. Paper Seminar Nasional “Menyongsong Implemen tasi Kurikulum 2013” Dalam Rangka Dies Natalis ke -49 UNY.
Wardani, N. S. (2016). Pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap Karakter Mahasiswa PGSD. Prosiding Seminar Nasional Menjadi Guru Inspirator UMP, 489-501. ISBN/978-602-14377-4-2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)