PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NHT TERHADAP HASIL BELAJAR GEOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN SPASIAL SISWA SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.21368Keywords:
NHT, hasil belajar, kemampuan spasial, matematikaAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar geometri ditinjau dari kemampuan spasial siswa kelas V SD di Gugus Ngurah Rai Kecamatan Denpasar Barat. Data dianalisis menggunakan ANAKOVA dengan bantuan SPSS 17.0 for windows. Sebanyak 82 siswa kelas V dipilih sebagai sampel dengan teknik random sampling. Data yang dikumpulkan adalah data hasil belajar dan kemampuan spasial siswa dengan tes pilihan ganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar geometri antara siswa yang mengikuti model pembelajaran NHT dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional ( Fhitung = 9,119 > Ftabel = 4,00). Kedua, setelah dikendalikan oleh kovariabel kemampuan spasial, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar geometri siswa yang mengikuti model pembelajaran NHT dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (Fhitung = 12,182 > Ftabel = 4,00). Ketiga, terdapat kontribusi kovariabel kemampuan spasial yang signifikan terhadap hasil belajar geometri siswa (rhitung = 0,551 > rtabel =0,215).References
Ade. 2009. Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning). Tersedia pada http://adelluckyy.student.fkip.uns.ac.id/k-u-l-i-a-h/s-b-m/model-pembelajaran-kooperatif/(diakses tanggal 10 April 2012).
Candiasa, I Md. 2010. Statistik Multivariat Disertai Aplikasi dengan SPSS. Singaraja: Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.
Depdiknas. 2004. Kurikulum Pendidikan Dasar. Jakarta: Depdiknas.
Hasan, I. “Buku Pedoman Pembelajan Geometri”. Tersedia pada ttp://idrisharta.blogspot.com/2011/04/buku-pedoman-pembelajaran-geometri.html (diakses tanggal 11 Oktober 2012).
Riyanto, Y. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Refrensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Surabaya: Kencana Prenada Media.
Sherman, J.A. 1980. Mathematics, Spatial Visualization, and Related Factors: Changes in Girl and Boys grade 8-11. Journal of Educational Psychology, 72, halaman: 476-482.
Smith, P.K. 1980. Spatial Ability. London: University of London Press
Suarjana, I M. 2001. Buku Ajar Pendidikan Matematika I. Singaraja: IKIP Singaraja.
Supena, I W. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together terhadap hasil belajar IPS ditinjau dari motivasi belajar peserta didik kelas VIII SMPN 2 Banjarangkan. Tesis (tidak diterbitkan). Pendidikan Dasar Pasca Sarjana Undiksha.
Tambunan, S.M. 2006. Hubungan antara Kemampuan Spasial dengan Prestasi Belajar Matematika. Termuat pada jurnal Makara, Sosial Humaniora, Vol. 10, No. 1, Juni 2006. Jakarta: Universitas Indonesia.
Tim Redaksi Kompas. 2011. “Indeks Pendidikan Indonesia Menurun”. Tersedia pada http://edukasi.kompas.com/read/2011/03/02/18555569/Indeks.Pendidikan.Indonesia.Menurun (diakses tanggal 4 april 2012).
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Prenada Media Group.
Turgut, M dan Yilmaz, S. 2012. Relationships Among Preservice Primary Mathematics Teachers’ Gender, Academic Success and Spatial Ability. International Journal of Instruction July 2012 Vol.5, No.2. Turkey.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Educational Research and Review (IJERR) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)