Instrumen Keterampilan Membaca Permulaan Anak Kelompok B
DOI:
https://doi.org/10.23887/iji.v1i2.31302Keywords:
Instrumen Penilaian, Keterampilan Membaca Permulaan, AnakAbstract
Keterampilan membaca permulaan adalah kemampuan dalam mengenal lambang-lambang huruf, bunyi huruf, dan mampu mengubungkannya menjadi sebuah kata. Membaca permulaan ditujukan kepada anak usia dini untuk mempersiapkan keterampilan membaca anak sebelum memasuki sekolah dasar. Peserta didik di sekolah yang mengalami kesulitan dalam merangkai huruf, peserta didik belum mampu mengenal huruf dan merangkainya menjadi kata. Dalam pembelajaran membaca anak usia dini diperlukan motivasi, dorongan serta latihan-latihan untuk mengembangkan keterampilan membaca anak. Selain itu, cara guru mengajar, prosedur maupun instrumen yang digunakan juga mempengaruhi peningkatan kemampuan anak dalam membaca permulaan. Maka dari itu, peneliti melakukan penelitian yang ertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian keterampilan membaca permulaan anak kelompok B yang valid dan reliabel. Model pengembangan yang digunakan adalah model R&D yang dikembangkan oleh Borg and Gall melalui tahap research and development. Instrumen keterampilan membaca permulaan anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Aisyiah Bustanul Athfal klungkung merupakan subjek penelitian dengan menyertakan kisi-kisi serta mengembangkan kedalam kuisioner dengan 12 butir pernyataan telah diuji oleh ahli/pakar pada bidangnya sehingga validitas dan reliabilitas suatu instrument dapat terpenuhi. Instrument yang digunakan memiliki validitas dan reliabilitas yang sangat tinggi dengan skor 0,84 dan 0,81. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa instrument yang telah dikembangkan dapat diterapkan dan digunakan sebagai mana mestinya dalam proses pembelajaran.
References
Agustini, N. L. E., Agung, A. A. G., & Suarni, N. K. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi Berbantuan Media Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok a Tk Kumara Sari Denpasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/paud.v2i1.3148.
Asmonah, S. (2019). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan model direct instruction berbantuan media kartu kata bergamba. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 29–37. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26682. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26682
Astuti, A. W., Drupadi, R., & Syafrudin, U. (2021). Hubungan Penggunaan Media Kartu Huruf dengan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(1), 73–81. https://doi.org/10.24014/kjiece.v4i1.11958.
Aulina, C. N. (2012). Pengaruh permainan dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(2), 131–144. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i2.36. DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i2.36
Aziza, L. F., & Muliansyah, A. (2020). Keterampilan Berbahasa Arab Dengan Pendekatan Komprehensif. El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA, 19(1), 56–71. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/eltsaqafah/article/download/2344/1237. DOI: https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v19i1.2344
Chandra, R. D. A. (2017). Pengembangan Media Visual Kartu Angka Efektif untuk Mengenalkan Huruf Vokal a, i, u, e, o pada Anak Usia Dini 3-4 Tahun PAUD Labschool Jember. JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal), 2(1). https://doi.org/10.24269/jin.v2i1.447. DOI: https://doi.org/10.24269/jin.v2n1.2017.pp62-71
Delfita, R. (2012). Meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui permainan gambar dalam bak pasir di Taman Kanak-Kanak Bina Anaprasa Mekar Sari Padang. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(5). https://doi.org/10.24036/1700.
Djollong, A. F. (2014). Tehnik Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif. Istiqra: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(1). http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/224/197.
Handayani, D. S., Sulastri, A., Mariha, T., & Nurhaeni, N. (2017). Penyimpangan tumbuh kembang anak dengan orang tua bekerja. Jurnal Keperawatan Indonesia, 20(1), 48–55. https://doi.org/10.7454/jki.v20i1.439. DOI: https://doi.org/10.7454/jki.v20i1.439
Herlina, E. S. (2019). Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pionir, 5(4). https://doi.org/10.36294/pionir.v5i4.1290.
Herlina, E. S. (2020). Instrumen Kemampuan Membaca Permulaan (Studi Pengembangan Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak Di Wilayah Kotamadya Jakarta Timur Tahun 2019). Jurnal Pionir, 6(2). https://doi.org/10.36294/pionir.v6i2.1234.
Huliyah, M. (2017). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 60–71. http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/193.
Indraswari, L. (2012). Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalaui Kegiatan Mozaik Di Taman Kanak-Kanak Pembina Agam. Jurnal Pesona PAUD, 1(1), 1–13. https://www.academia.edu/download/57369075/1633-3687-1-SM_2.pdf.
Janawati, D. P. A. (2020). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD Negeri 3 Ubud, Gianyar, Bali. Surya Dewata. DOI: https://doi.org/10.33559/eoj.v3i3.779
Laely, K. (2013). Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui penerapan media kartu gambar. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(2), 300–319. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/download/3877/2896.
Lidwina, S. (2012). Disleksia berpengaruh pada kemampuan membaca dan menulis. Jurnal Stie Semarang (Edisi Elektronik), 4(3), 09–18.
Madyawati, L. (2016). Strategi pengembangan bahasa pada anak. Kencana.
Marpaung, J. (2018). Pengaruh penggunaan gadget dalam kehidupan. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 5(2). https://doi.org/10.33373/kop.v5i2.1521. DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v5i2.1521
Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2017). Peran Pendidikan Anak Usia Dini terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Daarul Istiqlal Deli Serdang Tahun Ajaran 2016-2017. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(1), 134–155. https://doi.org/10.30596%2Fintiqad.v9i1.1087. DOI: https://doi.org/10.30596/intiqad.v9i1.1087
Matondang, Z. (2009). Validitas dan reliabilitas suatu instrumen penelitian. Jurnal Tabularasa, 6(1), 87–97.
Ndiung, S., & Jediut, M. (2020). Pengembangan instrumen tes hasil belajar matematika peserta didik sekolah dasar berorientasi pada berpikir tingkat tinggi. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 94. https://www.researchgate.net/profile/Sabina-Ndiung/publication/341800070_Pengembangan_instrumen_tes_hasil_belajar_matematika_peserta_didik_sekolah_dasar_berorientasi_pada_berpikir_tingkat_tinggi/links/5ed5a12c458515294527e691/Pengembangan-instrumen-tes-hasil-belajar-matematika-peserta-didik-sekolah-dasar-berorientasi-pada-berpikir-tingkat-tinggi.pdf. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.6274
Novitasari, K. (2019). Penggunaan Teknologi Multimedia Pada Pembelajaran Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 3(1), 50–56. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i01.1435. DOI: https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i01.1435
Pramesti, F. (2018). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 283–289. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16144
Purnama, S. (2016). Metode penelitian dan pengembangan (pengenalan untuk mengembangkan produk pembelajaran bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19–32. https://doi.org/10.21927/literasi.2013. DOI: https://doi.org/10.21927/literasi.2013.4(1).19-32
Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui media flashcard pada siswa kelas I SDN Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127–137. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2650. DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2650
Ramadani, R. (2015). Membaca Permulaan Melalui Kegiatan Menebalkan Huruf. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12346. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12346
Samsiyah, N., Sari, A. K., & Sulistyaningrum, Y. (2016). Pembelajaran Membaca Permulaan Melalui Permainan Bahasa Siswa Kelas I Sdn Bulakrejo Madiun. Premiere Educandum. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 3(2). https://doi.org/10.25273/pe.v3i02.278. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v3i02.278
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Alfabeta.
Tjoe, J. L. (2013). Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui pemanfaatan multimedia. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1), 17–48.
Uce, L. (2017). The golden age: Masa efektif merancang kualitas anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 77–92. https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/viewFile/1322/982. DOI: https://doi.org/10.22373/bunayya.v1i2.1322
Wisudayanti, K. A. (2019). Peningkatan motorik halus anak usia dini di era revolusi industri 4.0. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 1(2), 8–13. https://doi.org/10.55115/purwadita.v1i2.200.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Indonesian Journal of Instruction agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)