Penilaian Portofolio Pembelajaran IPS Berwawasan Kebangsaan dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar IPS dan Sikap Patriotisme

Authors

  • Gusti Made Rila Surya Adi Saputra Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Widiana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/iji.v2i1.40540

Keywords:

Penilaian Portofolio, Hasil Belajar IPS, Sikap Patriotisme

Abstract

Hasil Belajar IPS siswa rendah disebabkan oleh media pembelajaran yang kurang inovatif dan kurangnya interaksi serta sikap sosial siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, maka diadakan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V setelah diterapkannya penilaian portofolio dalam proses pembelajaran.  Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain non-equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 103 orang. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 31 orang sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V sebanyak 25 orang sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar IPS siswa dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Data hasil belajar siswa dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung = 4,158 dan ttabel = 2,003. Sedangkan perhitungan uji-t sikap patriotisme menunjukkan thitung = 9,574 dan ttabel = 2,003. Berdasarkan kriteria pengujian thitung (4,158) > ttabel (2,003), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Rata-rata hasil belajar IPA kelompok eksperimen > rata-rata hasil belajar IPS kelompok kontrol. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan penilaian portofolio berwawasan kebangsaaan terhadap hasil belajar IPS dan sikap patriotism siswa kelas V sekolah dasar.

References

Alentina, N. P., Putra, M., & Negara, I. G. A. O. (2013). Model Pembelajaran Sinektik Berbasis Penilaian Portfolio Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus Letkol Wisnu Denpasar Utara. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1559.

Ariati, K. juni, Dantes, N., & Parmiti, D. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Ttw Berbantuan Penilaian Portofolio Terhadap Sikap Disiplin Dan Hasil Belajar Ips. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 349. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.18930. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.18930

Arni Rahayuni, N. P., Sri Asri, I. G. A. A., & Suniasih, N. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Pair Check Berbasis Penilaian Kinerja Terhadap Kompetensi Pengetahuan Pkn Siswa Kelas Iv. Mimbar Ilmu, 23(1), 325–332. https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16408. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16408

Arsini, N. N., Parmiti, D. P., & Sumantri, M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Semester II SD Gugus VI Kecamatan Kintamanitahun Pelajaran 2014/2015. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5811. DOI: https://doi.org/10.32524/jpgsdm.v1i1.294

Aryawan, R., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 1 Singaraja. Urnal EDUTECH Universitas Pedidikan Ganesha, 6, 180–191. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20290.

Ayu Apriliyani, N. K., Dantes, N., & Pudjawan, K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 2(3), 164. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15967. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15967

Dharin, A., Aziz, K. D., & Waseso, P. H. (2020). Pengembangan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial sekolah dasar berwawasan sosial-budaya. Portal Ejournal IAIN Purwokerto, 25(1), 1–14. DOI: https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.3919

Efanda, S. B., & Fatmawati, L. (2018). Pengembangan Penilaian Portofolio Untuk Mendukung Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 1(1), 85–93. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v1i1.73. DOI: https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v1i1.73

Evita Wulandari, K., Suarni, K., & Tanggu Renda, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Berbasis Penilaian Portofolio Terhadap Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 2(3), 240. https://doi.org/10.23887/jear.v2i3.16261. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v2i3.16261

Gipayana, M. (2002). Pengajaran Literasi dan Penilaian Portofolio dalam Pembelajaran Menulis di SD. In Ilmu Pendidikan. Universitas Pendidikan Indonesia.

Giwangsa, S. F. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Permainan Tradisional Terhadap Peningkatan Karakter Anak dan Keterampilan Sosial pada Pembelajaran IPS. Pedagogik Pendidikan Dasar, 4(1), 135–144. https://doi.org/10.17509/jppd.v4i1.21321.

Hidayah, Nurul & Khumairo Ulva, R. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis komik pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 34–46. https://doi.org/10.24042/terampil.v4i1.1804.

Huda, N. (2011). Analisis Faktor-Faktor Dominan Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Siswa Smp N 1 Muaro Jambi. Journal Sains Dan MatematikaHuda, N. (2011) ‘Analisis Faktor-Faktor Dominan Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Siswa Smp N 1 Muaro Jambi’, Journal Sains Dan Matematika, 3(1), Pp. 14–30., 3(1), 14–30.

Irawati, S. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Sosiologi. Cakrawala Pedagogik, 4(1), 35–43. https://doi.org/10.51499/cp.v4i1.131. DOI: https://doi.org/10.51499/cp.v4i1.131

Juli, V. N., Manggaprouw, Y. S., Mediatati, N., Ppkn, P., Kristen, U., & Wacana, S. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Patriotisme Dan Nasionalisme Pada Siswa Melalui Pembelajaran PPKn Di SMK Negeri 2 Salatiga. 5(3), 427–432. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2189. DOI: https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2189

Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Ditinjau Dari Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4 Sd. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 74. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p74-79. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p74-79

Kuntarto, E., & Gustina, R. (2019). Pelaksanaan Penilaian Portofolio Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(2), 190–200. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i2.8437. DOI: https://doi.org/10.22437/gentala.v4i2.8437

Loka Andari, I. A. K. M., Darsana, I. W., & Sri Asri, A. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Portofolio Terhadap Hasil Belajar IPS. International Journal of Elementary Education, 3(4), 373. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21309. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21309

Nilayuniarti, N. P. (2020). Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPS Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Tri Hita Karana. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(3), 445–456. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.26043.

Ningtyas, E., & Wuryani, E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe Make-a Match Berbantuan Media Komik Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Ips. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 3(1), 66–74.

Rahmayani, A. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 4(1), 59. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p59-62. DOI: https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p59-62

Romadhon, N. L. G. (2019). Romadhon, Nur Latif Gita; Irianto, Sony; dan Anggoro, Subuh. (2019). Kendala Guru dalam Pelaksanaan Penilaian Portofolio pada Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Lentera, 12(2), 181–188.

Rukajat, A. (2018). Teknik Evaluasi Pembelajaran. Deepublish.

Siska, Y. (2018). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS SD Kelas V Bandarlampung. LENTERA: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2), 31–40.

Sudiarni, N. K., & Sumantri, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Circ Berbantuan Penilaian Portofolio Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 71–81. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18087. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18087

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Alfabeta.

Sumayasa, I. W. H., Parmiti, D. P., & Renda, N. T. (2016). Pengaruh Model Word Square Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar Ips Kelas Iv. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7516.

Suryadewi, N. K. A., Wiyasa, I. K. N., & Sujana, I. W. (2020). Kontribusi Sikap Mandiri dan Hubungan Sosial Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(1), 29–39. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24576.

Sutarna, N., & Kusdiana, D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Bamboo Dancing (Tari Bambu) Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Sdn 1 Cipedes. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, II(2), 251–260. https://doi.org/10.23969/jp.v2i2.560. DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v2i2.560

Wahyudi, W. (2012). Assesment Pembelajaran Berbasis Portofolio di Sekolah. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 2(1), 288–297. https://doi.org/10.26418/jvip.v2i1.370. DOI: https://doi.org/10.26418/jvip.v2i1.370

Downloads

Published

2021-05-25

How to Cite

Saputra, G. M. R. S. A. ., & Widiana, I. W. (2021). Penilaian Portofolio Pembelajaran IPS Berwawasan Kebangsaan dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar IPS dan Sikap Patriotisme. Indonesian Journal of Instruction, 2(1), 11–21. https://doi.org/10.23887/iji.v2i1.40540