Tantangan Guru EFL dalam Konteks Pembelajaran Berbasis Proyek di Kelas 3 dan 4 di Sekolah Pelangi Bali

Penulis

  • Kadek Natalia Dwiyanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • IGA Lokita Purnamika Utami Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Luh Putu Era Adnyayanti Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ika.v22i2.82236

Kata Kunci:

pembelajaran berbasis proyek, guru EFL, pelajar muda, sekolah dasar, kurikulum Merdeka

Abstrak

Pendidikan di abad 21 menuntut peserta didik untuk memiliki keterampilan belajar dan berinovasi, pengetahuan, keterampilan media dan teknologi, serta keterampilan hidup dan berkarir. Untuk memenuhi tuntutan tersebut diperlukan kurikulum yang sesuai, salah satunya adalah Kurikulum Merderka. Salah satu model pembelajaran yang mendukung implementasi Kurikulum Merdeka tersebut adalah Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL). PjBL adalah salah satu model pembelajaran yang berpusat pada siswa. PjBL menekankan siswa untuk kolaboratif, creative dan mampu berpikir kritis. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui masalah-masalah yang ditemui oleh guru dalam pengimplementasian Project-Based Learning. Penelitian ini menggunakan studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Pelangi School Bali. Subjek penelitian ini adalah seorang guru di kelas 3 dan dua orang guru di kelas 4. Dalam pengambilan data, penelitian ini menggunakan dua instrument yaitu observation checklist saat melakukan observasi dan juga interview untuk menguatkan temuan yang diperoleh saat observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan, hambatan yang paling sering dialami oleh guru adalah manajemen waktu.

Referensi

Abdul Fattah Nasution, Setia Ningsih, Mona Febrica Silva, Leli Suharti, & Jekson Parulian Harahap. (2023). Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(3), 201–211. https://doi.org/10.58355/competitive.v2i3.37

Ali, Y. N. D. (20 C.E.). Inovasi Kurikulum. 250–261.

Anisa, A. R., Ipungkarti, A. A., & Saffanah, K. N. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. Conference Series Journal, 01(01), 1–12.

Aslamiah, S. (2022). Characteristic English Learning Style for Young Learner in New Normal Era. Intensive Journal, 5(2), 104. https://doi.org/10.31602/intensive.v5i2.7334

Cintang, N., Setyowati, D. L., & Handayani, S. S. D. (2018). The Obstacles and Strategy of Project Based Learning Implementation in Elementary School. Journal of Education and Learning (EduLearn), 12(1), 7–15. https://doi.org/10.11591/edulearn.v12i1.7045

Dewi, M. R. (2022). Kelebihan dan kekurangan Project-based Learning untuk penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka. Inovasi Kurikulum, 19(2), 213–226. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.44226

Fahlevi, M. R. (2022). Kajian Project Based Blended Learning Sebagai Model Pembelajaran Pasca Pandemi dan Bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 230–249. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2714

Hardi, V. A., & Rizal, M. S. (2020). Analisis Buku Teks Pelajaran Bahasa Inggris SD Berdasarkan Karateristik Pembelajar Muda pada Kelas Rendah. Jurnal Basicedu, 4(4), 1398–1407. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.605

Hidayat Taufik. (2019). Pembahasan Studi Kasus Sebagai Bagian Metodologi Pendidikan. Jurnal Study Kasus, August, 128.

Imaduddin, M., Sholikhati, S., & In’ami, M. (2021). STEM Education Research in Indonesian Elementary Schools: A Systematic Review of Project-Based Learning. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 9(2), 201. https://doi.org/10.21043/elementary.v9i2.11552

Kusmaryati, S. E. (2020). Teachers’ Perspectives of Teaching English to Young Learners. ELT Worldwide, 7(2), 93–103.

Lastriyani, I., Pd, S., Gunawan, U., Fitriyani, I. F., Fauzi, M. A. N., & Firman, M. (2023). Analisis, Implementasi, Pengelolaan dan Evaluasi.

Nurkhamidah, N. (2023). Investigating The Lecturers’ Challenges In Implementing Project-Based Learning In Writing Class. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i1.3083

Oktariani, O., & Ekadiansyah, E. (2020). Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 1(1), 23–33. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.11

Oktavia, D., Habibah, N., Balti, L., & Kurniawan, R. (2023). Kurikulum Merdeka Dan Pengajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar: Need Ansalisis Study. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 257–265. https://doi.org/10.52060/mp.v8i1.1260

Pouw, O. A., & Mulyanti, D. (2023). Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Jenjang Sma. Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen, 1(2), 77. https://doi.org/10.32897/jiim.2023.1.2.2076

Prayatni, I. (2019). Teaching English For Young Learners. In Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan (Vol. 4, Issue 2). https://doi.org/10.29303/jipp.v4i2.90

Putra, E. (2020). The Importance of Learning English Nowadays THE IMPORTANCE OF LEARNING ENGLISH NOWADAYS Erlangga Putra Sepuluh Nopember Institute of Technology ( ITS ) , Surabaya , Indonesia. Article, November, 6.

Ratminingsih, N., Artini, L., Santosa, M., & Adnyani, L. D. S. (2020). Pembelajaran bahasa Inggris untuk anak-anak abad ke-21: Pegangan guru profesional.

Riinawati, R. (2021). Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2305–2312. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.886

Rineksiane, N. P. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning Untuk Membantu Siswa Dalam Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 7(1), 82–91. https://doi.org/10.17509/jpm.v7i1.43124

Rusmiati, M. N., Ashifa, R., & Herlambang, Y. T. (2023). Analisis Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 1490–1499. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.2203

Saputra, F. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: Kecerdasan Emosional, Konsep Diri dan Pola Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Nusantara, 1(1), 15–20. https://doi.org/10.38035/jpkn.v1i1.111

Scott, W. A., & Ytreberg, L. H. (1993). Teaching English to Children ( PDFDrive ).

Setiawan, I. (2021). Pengajaran Bahasa Inggris Dalam Kurikulum 2013: Suatu Tinjauan Dan Perspektif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Keislaman, 1(2), 104–112. https://doi.org/10.55883/jipkis.v1i2.12

Sitasari, N. W. (2022). Mengenal Analisa Konten Dan Analisa Tematik Dalam Penelitian Kualitatif Forum Ilmiah. Forum Ilmiah, 19(1), 77–84. https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-23188-11_2248.pdf

Sucipto, S., Sukri, M., Patras, Y. E., & Novita, L. (2024). Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar: Systematic Literature Review. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v12i1.84353

Sumilat, J. M., Ilam, D., Pangemanan, M. V., Mangantibe, A. C. M., Mukuan, E. B., & Kumontoy, N. (2023). Analisis Implementasi Model PjBL (Project Based Learning) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 3980–3988. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6557

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Syahlan, I. D., Hidayat, D. R., & Hidayat, O. S. (2023). Application of the Project Based Learning Model in Elementary Schools: Obstacles and Solutions of Science and Environment Content. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(4), 2060–2067. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i4.3285

Utami, I. G. A. L. P. (2022). Inquiring English Teachers with Non-English Educational Backgrounds in Bali: Do They Know How to Teach English? Proceedings of the 67th TEFLIN International Virtual Conference & the 9th ICOELT 2021 (TEFLIN ICOELT 2021), 624, 19–24. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220201.004

Virgianti, N. M. S., Purnamika Utami, I. G. A. L., & Dewi, K. S. (2020). English Teachers’ Perceptions and Implementation of Pedagogical Content Knowledge in Teaching English To Young Learners. Prasi, 15(02), 84. https://doi.org/10.23887/prasi.v15i02.28161

Wardhani, A. I., Rukayah, R., & Kurniawan, S. B. (2023). Analisis Kesulitan Guru dalam Mengimplementasikan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBl) pada Kurikulum Merdeka Materi Membangun Masyarakat yang Beradab. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 141. https://doi.org/10.20961/jpd.v11i2.79476

Waruwu, A. N., Rahmadhanty, A., Hutagalung, A., Sari, I. P., & Almsy, Z. (2023). Keterampilan Bertanya dalam Proses Pembelajaran di Kelas. Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-Journal), 9(1), 65. https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i1.44757

Widiyati, E., & Pangesti, W. (2022). Project-based learning in teaching speaking to young learners: Is it effective? EduLite: Journal of English Education, Literature and Culture, 7(1), 71. https://doi.org/10.30659/e.7.1.71-81

Wuntu, C. N., Singal, Y., & Rorintulus, O. A. (2022). The Implementation of Project Based Learning (PBL) in Improving Students’ Speaking Skill at SMA Yadika Kopandakan II. International Journal of English and Applied Linguistics (IJEAL), 2(3), 387–398. https://doi.org/10.47709/ijeal.v2i3.1882

YULIANA, L. (2010). Ketrampilan Bertanya Guru Dalam Mengelola Proses Belajar Mengajar. In Foundasia (Vol. 2, Issue 10). https://doi.org/10.21831/foundasia.v2i10.5841

Yuvita, Y., Hartono, R., Fitriati, S. W., & Saleh, M. (2023). Tren Model Project Based Learning dalam Pembelajaran Bahasa Inggris (Systematic Literature Review). Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 967–974. http://pps.unnes.ac.id/pps2/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes

Diterbitkan

2024-09-30

Terbitan

Bagian

Articles