Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.23887/ika.v22i2.88633Kata Kunci:
pengembangan, media video pembelajaran, Bola Basket, Model ADDIEAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar teknik passing control (kaki bagian dalam) sepak bola melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 22 siswa. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap observasi awal, keberhasilan belajar siswa untuk aktivitas belajar hanya 77,00%. Pada pelaksanaan siklus I, terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 81,6%. Pelaksanaan tindakan siklus II juga terjadi peningkatan keberhasilan menjadi 90,9% siswa memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Kemudian, keberhasilan belajar siswa untuk hasil belajar hanya 18,20%. Pada pelaksanaan siklus I, terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 81,8%. Pelaksanaan tindakan siklus II juga terjadi peningkatan keberhasilan menjadi 92,4% siswa memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Berdasarkan hasil belajar klasikal dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe GI dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar teknik passing control (kaki bagian dalam) sepakbola pada siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 2 Singaraja. Disarankan kepada guru PJOK agar dapat meningkatkan model pembelajaran kooperatif tipe GI pada materi teknik passing control (kaki bagian dalam) sepakbola siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 2 Singaraja karena melalui penelitian ini telah terbukti dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar.
Referensi
Adhi, I. W. K. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Berguling (Roll) Senam Lantai pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Tampak Siring. Journal Penjaskesrek, FOK Undiksha.
Dimiyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. FIFA. 2007. Peraturan Permainan. Jakarta: PSSI
Irianto, D. P. (2019). Berolahraga untuk Kebugaran dan Kesehatan. Andi Offset. Janwar, F., & Nesra, J. B. (2020). Tingkat Kebugaran Jasmani Mahasiswa Pendidikan Olahraga Tahun Akademik 2019/2020 Universitas Quality Berastagi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 04, 23–32.
Kanca, I Nyoman. 2010. Metode Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Buku Ajar. Singaraja: Fakultas Olahraga dan Kesehatan.
Koasasih, E. (2021). Olahraga Teknik dan Program Latihan. Akademi Pressindo. Luxbacher, A. J. 2004. Sepak bola. Cetakan Keempat. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Muzakki, A. (2022). Buku Ajar Pembelajaran Penjas Sekolah Dasar. CV. Feniks Muda Sejahtera. Nurkancana dan Sunartana. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Usaha Nasional Surabaya Indonesia
Rusma. (2010). Model-model Pembelajaran (mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Satyawan, I. M., Lasmawan, I. W., Artanayasa, I. W., Swadesi, I. K. I., & Yoda, I. K. (2023).
The development of interactive multimedia in e-learning Undiksha to improve soccer learning outcomes in FOK Undiksha. Journal of Physical Education and Sport, 23(12), 3468-3477.
Setia, A. (2021). Pembelajaran Kebugaran Jasmani. CV. SALAM INSAN MULIA. Suprijono, Agus 2009.
Cooperative Learning. Surabaya: Pustaka Pelajar.
Sobarna, A. (2020). Sosiologi Olahraga Teori, Konsep, dan Aplikasi Praktis. Desanta Muliavisitama.
Wahyu, A. (2020). Survey Tingkat Kebugaran Jasmani Pada Siswa SMP Negeri 1 Sampang. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 06, 351–353.
Wijaya, Made Agus dan I Nyoman Kanca. 2019. "Media Pembelajaran Aktivitas Pengembangan PJOK untuk Pendidikan Dasar dan Menengah". Journal Of Sport Science And Education/ JOSSAE. FIK Unesa. Vol.4,