Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Materi Bolabasket (Shooting Skill) untuk Siswa Kelas XI SMA

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Materi Bolabasket (Shooting Skill) untuk Siswa Kelas XI SMA

Penulis

  • I Putu Adi Mahardika Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Semarayasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Satyawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ika.v22i2.88638

Kata Kunci:

pengembangan, media video pembelajaran, bola basket, Model ADDIE

Abstrak

Penelitian ini bertujuan agar proses pembelajaran lebih optimal dari sebelumnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Produk yang dikembangkan telah melalui validasi oleh para ahli bidang konten pendidikan, desain pembelajaran, media pembelajaran, dan praktik lapangan. Uji coba produk meliputi uji coba perorangan terhadap tiga orang peserta didik, uji coba kelompok kecil terhadap sembilan orang peserta didik, dan uji coba kelompok besar terhadap dua puluh tujuh orang peserta didik. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi ahli konten pembelajaran menghasilkan skor 96%, kategori sangat baik, validasi ahli desain pembelajaran menghasilkan skor 96%, kategori sangat baik, validasi ahli media pembelajaran menghasilkan skor 95%, kategori sangat baik, validasi praktisi lapangan menghasilkan skor 96%, kategori sangat baik, uji coba perorangan menghasilkan skor 98%, kategori sangat baik, uji coba kelompok kecil menghasilkan skor 96%, kategori sangat baik, dan uji coba kelompok besar menghasilkan skor 90%, kategori sangat baik. Oleh karena itu, produk yang dikembangkan yaitu bahan ajar berbasis video tutorial materi bola basket (keterampilan shooting), berfungsi sebagai sumber belajar yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pada saat proses pembelajaran.

Referensi

Agustini, K., Santyasa, I. W., & Ratminingsih, N. M. (2019). Analysis of Competence on “TPACK”: 21st Century Teacher Professional Development. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012035

Almeida, C. S. de, Miccoli, L. S., Andhini, N. F., Aranha, S., Oliveira, L. C. de, Artigo, C. E., Em, A. A. R., Em, A. A. R., Bachman, L., Chick, K., Curtis, D., Peirce, B. N., Askey, D., Rubin, J., Egnatoff, D. W. J., Uhl Chamot, A., El‐Dinary, P. B., Scott, J.; Marshall, G., Prensky, M., … Santa, U. F. De. (2018). No 主観的 健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Revista Bra Sileira de Linguística Aplicada, 5(1), 1689–1699.

Asrul, Saragih, A. H., & Mukhtar. (2022). Evaluasi Pembelajaran.

Darsana, I. M. A., Satyawan, I. M., Spyanawati, N. L. P., Astra, I. K. B., & Parta Lesmana, K. Y. (2021). Video Tutorial Model Permainan dalam PJOK untuk Mendukung Pembelajaran Tematik Tema 3 Kegiatanku. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(3), 182. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i3.39717

I Dewa Kompyang Wijana Sidan, Semarayasa, I. K., & Gunarto, P. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Teknik Dasar Sepak Kura dalam Permainan Sepak Takraw. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 11(1), 45–53. https://doi.org/10.23887/jiku.v11i1.54208

Ibtidaiyah, J. M. (2020). Muallimuna : jurnal madrasah ibtidaiyah. 29, 74–84.

Karin Preayani, K., Semarayasa, I. K., & Gunarto, P. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Teknik Dasar Sepak Sila dalam Permainan Sepak Takraw. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(3), 257–263. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i3.51332

Lestari, D. D., & Muchlis, M. (2021). PENGEMBANGAN e-LKPD BERORIENTASI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA KELAS XI SMA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(1), 25–33. https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.30987

Rahayu, S. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Diajukan sebagai salah satu tugas Mata Kuliah Manajemen Sekolah. J. Isema Islam. Educ. Manag, 4(106), 77–92.

Rahmat, R. F., Mursyida, L., Rizal, F., Krismadinata, K., & Yunus, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 116–126. Https://Doi.Org/10.21831/Jitp.V6i2.27414

Satyawan, I. M., Lasmawan, I. W., Artanayasa, I. W., Swadesi, I. K. I., & Yoda, I. K. (2023). The development of interactive multimedia in e-learning Undiksha to improve soccer learning outcomes in FOK Undiksha. Journal of Physical Education and Sport, 23(12), 3468–3477. https://doi.org/10.7752/jpes.2023.12398

Sembiring, H., Wiyaka, I., Medan, U. N., Utara, S., Olahraga, J., & Indonesia, K. (2021). Jurnal Olahraga & Kesehatan Indonesia available online at https://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/jok KORELASI KEKUATAN OTOT LENGAN DAN OTOT TUNGKAI. 1, 75–83.

Tegeh, I. M., & Kirna. I. M. (2010). Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Teni Nurrita. (2018). Kata Kunci :Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 03(01), 171.

Diterbitkan

2024-09-30

Terbitan

Bagian

Articles