PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERLANDASKAN TRI HITA KARANA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jabi.v2i2.28898Keywords:
Project Based Learning, Tri Hita Karana, Kompetensi Pengetahuan IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning berlandaskan Tri Hita Karana terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SDN Gugus Dr. Soetomo Kecamatan Denpasar Selatan tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini quasi eksperiment dengan menggunakan rancangan nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini yaitu Seluruh siswa kelas V SDN Gugus Dr. Soetomo Kecamatan Denpasar Selatan, dengan jumlah 208 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling, dengan jumlah Sampel 73 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes objektif dalam bentuk pilihan ganda biasa. Data dianalisis menggunakan uji t, diperoleh hasil penelitian yaitu rata-rata gain skor kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada rata-rata gain skor kelompok kontrol (0,368 > 0,160). Berdasarkan analisis uji t dengan dk =71 pada taraf signifikan 5% diperoleh thitung = 9,023 > ttabel = 1,993. Maka Ho ditolak. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi pengetahuan IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Project Based Learning berlandaskan Tri Hita Karana dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus N Dr. Soetomo kecamatan Denpasar Selatan tahun ajaran 2019/2020. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning berlandaskan Tri Hita Karana berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD Gugus Dr. Soetomo Kecamatan Denpasar Selatan tahun ajaran 2019/2020.
References
Agung, A.A.G. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Arikunto, Suharsimi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas edisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyastini, Wiwin. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Berlandaskan Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Sd Gugus V Banjar. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Pendidikan Ganesha.Volume 1, Nomor 1. Diakses pada 12 November 2019.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.