Model Pembelajaran VAK Berbasis Tri Kaya Parisudha Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.23887/jabi.v1i2.28908Abstract
Dari hasil observasi kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V masih belum optimal. Penggunaan model pembelajaran pun terbilang belum bervariasi khususnya model pembelajaran VAK berbasis Tri Kaya Parisudha. Sehingga tujuan dilaksanakan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran VAK berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V. Termasuk kedalam penelitian eksperimen semu dengan tipe rancangan The Posttest Only No-Treatment Kontrol Group Design. Keseluruhan kelas V yang bersangkutan menjadi anggota populasi sebanyak 227 peserta didik. Penentuan sampel menggunakan teknik classter random sampling, selanjutnya dipilih 2 anggota populasi untuk menjadi sampel penelitian yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan menggunakan metode tes berupa instrument tes objektif pilihan ganda sebanyak 30 soal yang sudah tervalidasi. Data dianalisis menggunakan uji beda mean yang menunjukan hasil nilai thitung = 5,803 > ttabel = 1,991 pada taraf signifikansi 5% (α=0,05, dk = 76) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Sesuai hasil tersebut dapat disimpulkan model pembelajaran VAK berbasis Tri Kaya Parisudha berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V. Hasil penelitian ini dijadikan sebagai alternatif bagi guru dalam memilih model pembelajaran yang tepat, sehingga membantu siswa mencapai kompetensi pengetahuan dengan cemerlang.
Kata Kunci: VAK, Tri Kaya Parisudha, Kompetensi Pengetahuan IPA.References
Adnyani, Widya. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran VAK Berbasis Whole Brain Teaching Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.
Ambarawati, Mega. 2020. Efektivitas Model Pembelajaran (CIRC) Berbantuan Scramble Terhadap Kompetensi Pengetahuan. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.
Arisantiani. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran (CLIS) Childrens Learning In Science Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha.
Atmaja, Kusuma. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Song Berbasis Lagu Anak Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Sukawati Tahun Ajaran 2018./2019. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.
Ayu. Triyana. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran (SAVI) Berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.
Cantona, Eric. 2020. Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media Mind Mapping Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. e-Journal Universitas Pendidikan Ganesha.
DePoter, Bobbi. 2016. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.
Dewi, Eri Kumala. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Projek Based Learning Berbantuan Media Outdoor Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas V. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.
Elisa, Desti. 2019. Penerapan Model Pembelajaran VAK Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV SD 147 Pekanbaru. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar Universitas Riau.
Emilia, Pebriani. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran VAK Berbantuan Media Magic Box Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. E-Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha.
Febbriana, Anditha. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbasis Outdoor Study Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.
Gosachi, Adistha. 2020. Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Kartu Gambar Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. E-Journal Universitas Pendidikan Ganesha,
Huda. 2015. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Krismayoni, Windha. 2020. Pembelajara IPA dengan Model Pembelajaran Children Learning In Science Meningkatkan Hasil Belajar Ditinjau Dari Minat Belajar. e-Journal Universitas Pendidikan Ganesha.
Lestari, Mega. 2018. Pengaruh Model Quantum Teaching Berbasis Pmaendidikan Karakter Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.
Pramita, Dewi. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas IV. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.
Paramita. Ega. 2020. Model Discovery Learning Berbasis Outdor Study Terhadap Hasil Belajar IPA. e-Journal Universitas Pendidikan Ganesha.
Putri, Dwika. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha.
Primayonita. Kris. 2020. Model Creativity Learning Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Tanggung Jawab Pada Mata Pelajaran IPA. e-Journal Universitas Pendidikan Ganesha.
Raharja. Gayatri. 2019. Model Pembelajaran Think Pair Share Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.
Rani, Megita. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Lagu Tradisional Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.
Rukmana, Winda. 2018. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Dengan Model Pembelajaran VAK Berbantuan Media Tongkat Tokoh. e-Journal Universitas Pendidikan Ganesha.
Samatowa. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta. PT. Indeks
Septiawan, Dodik. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran ARCS Terhadap Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. e-Journal Universitas Pendidikan Ganseha.
Shoimin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Sri, Ary. 2018. Penerapan Konsep Tri Kaya Parisudha Dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Universitas Panji Sakti.
Singer, I Wayan. 2017. Pendidikan Karakter Berlandaskan Tri Kaya Parisudha. Manikgeni
Suryantini, Nanik. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditori Kinestetik Berbantuan Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas V. e-Journal Universitas Pendidikan Ganesha.
Urmila, Dewi. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran TAI Berbantuan Media Peta Konsep Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.
Variani, Devi. 2020. Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha.
Widiastiti. Ayu. 2020 Model Quantum Teaching Berbasis Pendidikan Karakter Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas IV. Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha
Yudiana, Kadek. 2020. Model Pembelajaran STAD Berorientasi THK Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. e-Journal Universitas Pendidikan Ganesha.