Determinan Minat Penggunaan E-Wallet OVO Pada Transportasi Online Grab
DOI:
https://doi.org/10.23887/jap.v11i1.25730Abstract
This study aimed to determining the effect of perceived usefulness, perceived ease of use, perceived of risk, reputation, and costs on interest in using OVO e-wallet for Grab online transportation customers. This type of research is quantitative research in the form of primary data obtained from questionnaires with the help of the google form media and measured using a Likert scale. The sampling technique uses the convinence random sampling method. By using 100 respondents who are people of Singaraja City who have used OVO as payment media in Grab, the data was processed using SPSS Version 20 software. The results of this study indicate that the perceived usefulness, perceived ease of use, perceived of risk, reputation, and costs have a positive and significant effect on interest use OVO e-wallet for Grab online transportation customers in Singaraja City, while risk perception has a negative and significant effect on interest in using OVO e-wallet for Grab online transportation customers in Singaraja City.
References
Ahmad dan Bambang Setiyo Prambudi .2014. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Keamanan dan Ketersediaan Fitur Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking (Study pada Propgram Layanan Internet Banking BRI). Jurnal Studi Manajemen, Vol.8, No. 1
Aria, Pingit. 2019. OVO Jadi Dompet Digital Terbesar di Indonesia Berkat Ekosistem Grab. Katadata.co.id.https://katadata.co.id,id/berita/2019/09 /25/ovo-jadi-dompet-digital-terbesar-diindonesia -berkat-ekosistem-grab. Diakses tanggal 20 Januari 2020.
Cania, Silva. 2018. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Layanan Go Pay pada Pelanggan Maupun Pengemudi Gojek. Program Studi Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta. Skripsi.
Darmayanti, Ni Luh Putu Rina, I Gusti Ayu Purnamawati, dan Made Arista Prayudi. 2017. Pengaruh Pendekatan Technology Acceptance Model dan Faktor Sosial Terhadap Penerapan Sistem Informasi Keuangan Daerah pada SKPD di Kabupaten Gianyar. E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Akuntansi Program S1, Vol: 8 No: 2.
Dikaputra, Filza, dkk. Perbaikan pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Perangkat Bergerak Menggunakan Metode Diary Study dan User Journey. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Vol.3,NO.9,September 2019, hlm. 8429-8438.
Febrilia, Ika, dkk. 2020. Minat Pennggunaan Cashless Payment System – Dompet Digital pada Mahasiswa di FE UNJ. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI). Vol 11, No.1.
Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Jogiyanto, 2007. Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta:Andi
Laraswati, Rizka. 2016. Pengaruh Persepsi Resiko, Kenyamanan, Biaya Dan Kepercayaan Serta Keunggulan Relatif Terhadap Penggunaan Mobile Banking Bagi Nasabah Bank Mandiri Di Surabaya. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya. Skripsi.
Mulyadi. 2015. Akuntansi Biaya, Edisi 5. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu manajemen YKPN Novalia, Putri, I Gusti Ayu Purnamawati, dan Made Arie
Wahyuni. 2019. Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Kemudahan, dan Kepuasan Wajib Pajak Orang Pribadi Terhadap Penggunaan E-Billing. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Universitas Pendidikan Ganesha, Vol: 10 No: 2. E-ISSN : 2614 – 1930
OVO.2020. https://www.ovo.id . (Diakses pada tanggal 15 April 2020)
Pratama, Andhika Bayu dan I Dewa Gede Dharma Suputra. 2019. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Tingkat Kepercayaan pada Minat Menggunakan Uang Elektronik. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol.27.2.Mei(2019):927-953.
Pratiwi, Erni Dwi. 2016. Faktor yang Mempengaruhi Niat Menggunakan Instagram Dengan The Theory of Reasoned Action Menggunakan Amos 21. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI. Vol. II, No. 1 Februari.
Priyono, Anjar. 2017. Analisis Pengaruh Trust dan Risk dalam penerimaan teknologi Dompet Digital Go-Pay. Jurnal Siasat Bisnis Vol.21 No.1.
Rahayu, Rurie Wiedya. 2018. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahaan, Persepsi Risiko, dan Inovasi Teknologi Terhadap Aplikasi Go Pay dari PT. Gojek Indonesia ( Studi Pada Masyarakat di Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta). Program Studi Akuntansi. Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta. Skripsi.
Suwanti, Ika. 2017. Pengaruh Privasi, Reputasi Perusahaan, dan Keamanan Terhadap Kepercayaan Nasabah Pada Layanan Internet Banking Bri Purworejo. Fakultas Ekonomi, Universitas Muhamadiyah Purworejo. Skripsi.
Wibowo, Setyo Ferry, Dede Rosmauli, dan Usep Suhud. 2015. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-Money Card (Studi pada Pengguna Jasa Commuterline di Jakarta. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI). Vol. 6, No. 1.
Widiasih, Ni Made Surya, Ni Kadek Sinarwati, dan I Gusti Ayu Purnamawati. 2016. Pengaruh persepsi kemudahan pengguna, kepercayaan, dan risiko terhadap minat menggunakan layanan E-Banking Dalam Bertransaksi pada UMKM di Kabupaten Badung. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi Undiksha. Vol 4, No 1.
Wulandari, Putu Ayu, Ni Kadek Sinarwati, dan I Gusti Ayu Purnamawati. 2017. Pegaruh Manfaat, Fasilitas, Persepsi Kemudahan, Modal, Return, dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Berinvestasi Secara Online (Studi pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Ganesha). E-journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Akuntansi Program S1, VOl : 8 No : 2.
Yulianti, Rosita. 2019. Pengaruh Kemudahan Penggunaan,Manfaat,
Ketersediaan Fitur, Biaya, dan RisikoTerhadap Penggunaan Mobile Banking di BNI Syariah KC Surakarta. Institut Agama Islam Negeri Surakarta. Skripsi.