Pengaruh Nilai Harga, Motivasi Hedonis, Kebiasaan Dan Daya Tarik Promo Terhadap Minat Menggunakan Mobile Payment OVO

Authors

  • I Gusti Bagus Irvan Prasetya Program Studi Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ayu Purnamawati Program Studi Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jap.v11i1.26082

Abstract

This study aims to determine the effect of the variable price values, hedonic motivation, habits and attractiveness of promos to the interests of students to use Mobile Payment OVO. The research method that can be used in this study is a quantitative method using primary data in the form of questionnaire data which is then measured through a Likert scale. All Accounting (S1) study program students at Ganesha University of Education were the object of this research. All students majoring in Accounting in the 7th semester are also the population in this study. The purposive sampling method was used as the basis for sampling conducted in this study so that a sample of 134 people was obtained. The distribution of questionnaires which will then be processed using multiple linear regression analysis test using SPSS application version 21 for windows is used to collect all data in this study. The results obtained in this study are: 1) The variable price value has a significant positive effect on student interest using the Mobile payment OVO application, 2) The hedonic motivation variable has a significant positive effect on student interest using the Mobile payment OVO application, 3) The custom variable has a significant positive effect on the student interest in using the Mobile payment OVO application, and 4) The variable attractiveness of the promo has a significant positive effect on the interest in using the Mobile payment OVO application

References

Auliya, Nia. 2018. Penerapan Model Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology 2 Terhadap Minat Dan Perilaku Penggunaan E-Ticket Di Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Islam Indonesia. Tersedia pada https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/9585/SKRIPSI (diakses tanggal 20 Januari 2020).

Genady, Dien Ilham. 2018. Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kemanfaatan, dan Promosi Uang Elektronik Terhadap Keputusan penggunaan Uang Elektronik di Masyarakat (Studi Kasus di Provinsi DKI Jakarta). Skripsi. Jakarta : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ispriandina, Amallia dan Mamun Sutisna. 2018. Faktor-Faktor Penerimaan Teknologi Yang Memengaruhi Intensi Kontinuitas Penggunaan Mobile Wallet Di Kota Bandung. Seminar. 10th Industrial Research Workshop and National Seminar. Tersedia pada : https://jurnal.polban.ac.id/ojs- (diakses tanggal 20 Januari 2020).

Pertiwi, Ni Wayan Dewi Mas Yogi dan Dodik Ariyanto. 2017. Penerapan Model UTAUT2 Untuk Menjelaskan Minat Dan Perilaku Penggunaan Mobile Banking Di Kota Denpasar. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol.18. Hal : 1369-1397 ISSN: 2302-8556 Tersedia pada https://ojs.unud.ac.id/index.php/ (diakses tanggal 20 Januari 2020).

Putra, Ardiansyah Alam. 2018. Evaluasi Penggunaan Pada Produk Uang Elektronok Uang elektronik Bank Mandiri Menggunakan Model UTAUT 2 (Studi Kasus Pada Kecamatan Ciputat). Skripsi. Jakarta : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Purnamawati, I Gusti Ayu, Putri Novalia, dan Made Arie Wahyuni. 2019. Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Kemudahan, Dan Kepuasan Wajib Pajak Orang Pribadi Terhadap Penggunaan E-Billing. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi), Vol: 10 No: 2 e-ISSN: 2614 – 1930. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php (diakses tangga 20 April 2020).

Purnamawati, I Gusti Ayu, Putu Ayu Wulandari, dan Ni Kadek Sinarwati.2017. Pengaruh Manfaat, Fasilitas, Persepsi Kemudahan, Modal, Return, Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Berinvestasi Secara Online (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Ganesha). e-journal Akuntansi Program S1 Vol: 8 No: 2. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/S1ak/article/ (diakses tanggal 20 April 2020).

Putri, Ni Komang Risma Dwinda dan I Made Sadha Suardikha. 2020. Penerapan Model UTAUT 2 Untuk Menjelaskan Niat Dan Perilaku Penggunaan Uang elektronik di Kota Denpasar. E- Akuntansi Udayana, Vol. 30 No. 2, Hal. 540-555 E-ISSN 2302-8556. Tersedia pada : https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/ (diakses tanggal 20 Januari 2020).

Venkatesh, Viswanath., Michael G Morris, Gordon B Davis, and Fred Davis. 2003. User Acceptance of Information Technology: Toward A Unified View1. MIS Quarterly 27(3): 425-478.

Zulqurnain, Sholehuddin. 2017. Pengaruh Daya Tarik Promosi, Persepsi Kemudahan, Dan Persepsi Kemanfaatan Terhadap Minat Menggunakan Uang elektronik (Studi Pada Mahasiswa Universitan Gadjah Mada). Skripsi. Yogyakarta : Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Tersedia pada : http://digilib.uin-suka.ac.id/ (diakses tanggal 20 Januari 2020).

Downloads

Published

2020-06-30

How to Cite

Prasetya, I. G. B. I., & Purnamawati, I. G. A. (2020). Pengaruh Nilai Harga, Motivasi Hedonis, Kebiasaan Dan Daya Tarik Promo Terhadap Minat Menggunakan Mobile Payment OVO. Jurnal Akuntansi Profesi, 11(1), 148–158. https://doi.org/10.23887/jap.v11i1.26082

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)