Pengaruh Sosialisasi Pajak, Kualitas Pelayanan, Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Timur

Penulis

  • Ni Putu Lisa Ernawatiningsih Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Sudiartana Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar, Denpasar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jap.v14i03.70119

Abstrak

Pajak sebagai salah satu sumber penerimaan negara diharapkan mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui pembiayaan pembangunan dan pemerintahan dari hasil pajak yang dibayarkan. Kepatuhan wajib pajak yang baik terlihat dari keteraturan wajib pajak dalam membayar pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sosialisasi pajak, kualitas pelayanan, dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Timur. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik sampling insidental, sehingga diperoleh jumlah responden sebanyak 100 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Timur. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Data diperoleh dengan menggunakan metode kuesioner. Hasil analisis menunjukkan sosialisasi pajak, kualitas pelayan, dan sanksi perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Kantor Pelayanan Pajak  Pratama Denpasar Timur.

Diterbitkan

2023-12-31

Cara Mengutip

Ernawatiningsih, N. P. L., & Sudiartana, I. M. . (2023). Pengaruh Sosialisasi Pajak, Kualitas Pelayanan, Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Timur. Jurnal Akuntansi Profesi, 14(03), 482–491. https://doi.org/10.23887/jap.v14i03.70119