Pengaruh Sosialisasi Pajak, Kualitas Pelayanan, Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Timur
DOI:
https://doi.org/10.23887/jap.v14i03.70119Abstrak
Pajak sebagai salah satu sumber penerimaan negara diharapkan mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui pembiayaan pembangunan dan pemerintahan dari hasil pajak yang dibayarkan. Kepatuhan wajib pajak yang baik terlihat dari keteraturan wajib pajak dalam membayar pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sosialisasi pajak, kualitas pelayanan, dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Timur. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik sampling insidental, sehingga diperoleh jumlah responden sebanyak 100 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Timur. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Data diperoleh dengan menggunakan metode kuesioner. Hasil analisis menunjukkan sosialisasi pajak, kualitas pelayan, dan sanksi perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Timur.