Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Menggunakan Audio Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Lugiati Lugiati SMK N I Dlanggu, Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28645

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Proyek, Hasil Belajar, Produk Cake dan Kue Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar siiswa setelah dibelajarkan dengan model berbasis proyek dengan bnatuan Audio Video. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 34 siswa. Teknik pengambilan data melalui lembar observasi, lembar penilaian unjuk kerja, tes pilihan ganda, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: Rata-rata keterlaksanaan pembelajaran pada siklus pertama mencapai persentase 75%, pada siklus kedua meningkat menjadi 100%; 3) penerapan model pembelajaran berbasis proyek terhadap materi produk cake dan kue Indonesia dari tepung ketan dan umbi-umbian dapat meningkatkan hasil belajar. Nilai rata-rata kelas pada pra siklus sebesar 81,4, menjadi 83,5 pada siklus pertama dan 91,2 pada siklus kedua. Siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) pada pra siklus sebesar 80%, meningkat 3% menjadi 83% pada siklus pertama dan meningkat 17% menjadi 100% pada siklus kedua. Jadi, dapat dikatakan bahwa model berbasis proyek berbatuan audio video dapat meningkatkan hasil belajar siwa

References

Adam. Steffi dan Muhammad Taufik Syastra. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam. Dalam CBIS Journal, Volume 3 No 2: 79. http://113.212.163.133/index.php/cbis/article/view/400

Ahmad Rohani. H.M dan Abu Ahmadi. 1991.Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Arif S Sadiman. 2003. Media Pendidikan. Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya.Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Arikunto, S.2002. Prosedur Penelitian suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Cheppy Riyana. 2007. Pedoman Pengembangan Media Video . Jakarta: P3AI UPI.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.

Ismail, 2003. Media Pembelajaran (Model-Model Pembelajaran). Jakarta Direktorat Pendidikan Nasional.

Fathurrohman dan Sutikno. 2010. Strategi Belajar Mengajar.Bandung: Refika Aditama.

Karo S, Isran Rasyid Karo, Rohani. 2018. Manfaat Media Dalam Pembelajaran. AXIOM: Vol. VII, No. 1 Hal. 91-96. Tersedia Pada: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/view/1778.

Marcella, Adelia, Imanuel Adhitya Wulanata, Tanti Listiani. 2018. Penerapan Team Quiz untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Antar Siswa Kelas VIII-B pada Mata Pelajaran Matematika [The Implementation of A Team Quiz to Improve The Cooperation Skills Among Grade 8B Students in Mathematics]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education Hal. 124-134. Tersdia Pada: https://ojs.uph.edu/index.php/JOHME/article/view/799.

Mahnun.Nunu. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Dalam Jurnal Pemikiran Islam; Vol. 37, No. 1: 27 http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/article/view/310

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Tafonao, Talizaro. 2018. Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2 Hal. 103-114. Tersedia Pada: http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/113/0

Trianto 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta: Kencana Pernada Media Group.

Jagantara, I. M. W., Adnyana, P. B., & Widiyanti, N. L. P. M. (2014). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) terhadap hasil belajar biologi ditinjau dari gaya belajar siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1). http://119.252.161.254/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1300.

Barlenti, I., Hasan, M., & Mahidin, M. (2017). Pengembangan LKS Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 81-86. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/8415

Anggara, S. A. (2017). Penerapan Model Project Based Learning Arabi : Journal of Arabic Studies. Arabi : Journal of Arabic Studies, 2(2), 186–196. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24865/ajas.v2i2.57

Marhayanti, A. (2018). Memproduksi Teks Prosedur Kompleks Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa SMA. Jurnal Edukasi Khatulistiwa, 1(1), 9. https://doi.org/10.26418/ekha.v1i1.24830

Mulyadi, E. (2016). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(4), 385. https://doi.org/10.21831/jptk.v22i4.7836

Ratnasari, N., Tadjudin, N., Syazali, M., Mujib, M., & Andriani, S. (2018). Project Based Learning (PjBL) Model on the Mathematical Representation Ability. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 3(1), 47. https://doi.org/10.24042/tadris.v3i1.2535

Ristiani Sabat, D., Malaikosa, Y. L., & Sabat, R. (2018). Efektivitas Media Audio-Visual Berbasis Example Non Example terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi. Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(4), 504–512. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i4.10810

Saputra, I. G. N. H., Joyoatmojo, S., & Harini, H. (2018). The implementation of project-based learning model and audio media Visual can increase students’ activities. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(4), 166–174. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v5i4.224

Sulfemi, W. B. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Berbantu Audio Visual Dalam Meningkatkan Minat, Motivasi Dan Hasil Belajar IPS. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 4(1), 13. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v4i1.1204

Wati, L. F. (2018). Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Potensi Lokal pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (SMA/SMK di Malang). Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um022v3i12018p039

Downloads

Published

2020-10-03

How to Cite

Lugiati, L. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Menggunakan Audio Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Education Action Research, 4(4), 481–492. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28645