Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Variasi Belajar Outdoor Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Luh Merta Juniasih Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Putu Nanci Riastini Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v8i3.78774

Keywords:

PBL, Variasi Belajar Outdoor, Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah siswa sekolah dasar masih sangat rendah. Hal ini dikarenakan beberapa faktor, seperti kurangnya inovasi guru dalam memberkan pembelajaran berbasis masalah. Melihat hal tersebut dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran PBL dengan variasi belajar outdoor terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi-eksperimental). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V di SD. Sampel penelitian ini kelompok eksperimen yaitu siswa kelas V yang  berjumlah 14 orang dan siswa kelas V yang berjumlah 15 orang sebagai kelompok kontrol. Data penelitian dikumpulkan menggunakan metode tes dengan instrumen tes objektif. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial (Uji-t). Berdasarkan hasil analisis data didapatkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model PBL dengan variasi belajar outdoor terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V Sekolah Dasar. Disimpulkan bahwa model PBL dengan variasi belajar outdoor dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V Sekolah Dasar. Implikasi penelitian yaitu model PBL dengan variasi belajar outdoor mendorong guru untuk menggunakan berbagai strategi pengajaran dan penilaian. Guru harus menjadi fasilitator dan pembimbing bagi siswa saat mereka belajar memecahkan masalah.

References

Amin, S., Utaya, S., Bachri, S., Sumarmi, & Susilo, S. (2020). Effect of problem-based learning on critical thinking skills and environmental attitude. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(2), 743–755. https://doi.org/10.17478/jegys.650344.

Aslan, A. (2021). Problem-based learning in live online classes: Learning achievement, problem-solving skill, communication skill, and interaction. Computers & Education, 171, 104237. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104237.

Asrizal, A. (2017). Pengaruh Buku Ajar Bermuatan Kecerdasan Komprehensif dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kompetensi Fisika Peserta Didik Kelas X Sman 9 Padang. Jurnal Pillar Of Physics Education, 9, 73–80. https://doi.org/10.24036/2518171074.

Audhiha, M., Vebrianto, R., Habibi, M., Febliza, A., & Afdal, Z. (2022). Pengembangan Instrumen Kemandirian Belajar untuk Siswa Sekolah Dasar. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 14(2), 111–124. https://doi.org/10.18860/mad.v14i2.13187.

Awaluddin, R., & Setiyadi, M. W. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Learning Berbentuk Jelajah Lingkungan Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Genta Mulia, 14(1). https://doi.org/10.61290/gm.v14i1.420.

Basir, N. S., Jolianis, J., & Syahrul, A. R. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kemandirian Belajar, Gaya Belajar, Dukungan Orang Tua, Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas X Smk Negeri 4 Sijunjung. Horizon, 2(3), 257–276. https://doi.org/10.22202/horizon.v2i3.5950.

Chen, J., Kolmos, A., & Du, X. (2021). Forms of implementation and challenges of PBL in engineering education: a review of literature. European Journal of Engineering Education, 46(1), 90–115. https://doi.org/10.1080/03043797.2020.1718615.

Christina, E. N., & Adirakasiwi, A. G. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Terhadap Polya Dalam Menyelesaikan Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2). https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.405-424.

Devi, P. S., & Bayu, G. W. (2020). Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 238–252. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26525.

Dharma, I. L. V. V., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 1(1), 44. https://doi.org/10.23887/jppsi.v1i1.21916.

Djajadi, M. (2019). The Use of Outdoor Study Methods in Physics Kinematics Learning (A Classroom Action Research). Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 151–172. https://doi.org/10.26618/jpf.v7i2.2070.

Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349–1355. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.924.

Hindiyati, K., Wirahayu, Y. A., Astina, I. K., & Soekamto, H. (2022). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media animasi terhadap kemampuan memecahkan masalah Geografi siswa. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 2(12), 1249–1259. https://doi.org/10.17977/um063v2i12p1249-1259.

Izzaturahma, E., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis ADDIE pada Pembelajaran Tema 5 Cuaca untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 216. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38646.

Mantek, M., Zebua, L. I., & Sujarta, P. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Materi Keanekaragaman Hayati. Jurnal Education and Development, 7(3), 126. https://doi.org/10.37081/ed.v7i3.915.

Mardani, N. K., Atmadja, N. B., & Suastika, I. N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(1), 55–6. https://doi.org/10.23887/pips.v5i1.272.

MY, N., Nurlina, N., & Ma’ruf, M. (2023). Analysis of Critical Thinking Skills of Elementary School Students Through Integrated Problem-Based Learning Model with Mind Mapping. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 1373–1380. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.445.

Nahdi, D. S., & Cahyaningsih, U. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SD Kelas V dengan Berbasis Pendekatan Saintifik yang Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1).

Nurhasanah, N., Hindriana, A. F., & Sulistyono. (2020). Penerapan Model PBL Berbasis Outdoor Study Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kemampuan Argumentasi Siswa. Edubiologica Jurnal Penelitian Ilmu Dan Pendidikan Biologi, 8(1). https://doi.org/10.25134/edubiologica.v8i1.2980.

Pujiastuti, I. (2021). Impementasi Project Based Learning Dalam Pembelajaran Abad 21 Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS SMA Nasional 3 Bahasa Putera Harapan Purwokerto. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 1, 1–13. https://doi.org/10.30595/pssh.v1i.66.

Ramsden, R., Han, C. S., Mount, D., Loebach, J., Cox, A., Herrington, S., Bundy, A., Fyfe-Johnson, A., Sandseter, E. B. H., & Stone, M. (2022). An Intervention to Increase Outdoor Play in Early Childhood Education Centers (PROmoting Early Childhood Outside): Protocol for a Pilot Wait-list Control Cluster Randomized Trial. JMIR Research Protocols, 11(7), e38365. https://doi.org/10.2196/38365.

Sasmita, R. S., & Harjono, N. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Problem Posing dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3472–3481. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1313.

Seibert, S. A. (2020). Problem-based learning: A strategy to foster generation Z’s critical thinking and perseverance. Teaching and Learning in Nursing, 000, 2–5. https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.09.002.

Suhelayanti, Syamsiah, Z., Rahmawati, I., Tantu, Y. R. P., Kunusa, W. R., Suleman, N., Nasbey, H., Julhim, S. T., & Anzelina, D. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Langsa: Yayasan Kita Menulis.

Sunaryo, S., Asikin, M., & Kustiono, K. (2022). Development of Pan Obibul (Papan Operasi Bilangan Bulat) Media to Improve Mathematic Higher Order Thinking Skills of Elementary Students in Problem Based Learning Model. Journal of Primary Education, 11(1), 14–26. https://doi.org/10.15294/JPE.V11I1.55081.

Traynor, O., McCrorie, P., Chng, N. R., & Martin, A. (2022). Evaluating Outdoor Nature-Based Early Learning and Childcare Provision for Children Aged 3 Years: Protocol of a Feasibility and Pilot Quasi-Experimental Design. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(12), 7461. https://doi.org/10.3390/ijerph19127461.

Wahyuningtyas, R., & Kristin, F. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32676.

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366.

Zulfa, T., Tursinawati, T., & Darnius, S. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 2098–2107. https://doi.org/10.310 04/basicedu.v7i4.5451.

Downloads

Published

2024-08-15

How to Cite

Ni Luh Merta Juniasih, & Putu Nanci Riastini. (2024). Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Variasi Belajar Outdoor Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 8(3), 427–434. https://doi.org/10.23887/jear.v8i3.78774