Media Pembelajaran Podcast Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi

Authors

  • Rika Amanda Putri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Rina Devianty Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v8i3.82030

Keywords:

Media Pembelajaran, Podcast, Keterampilan Menulis Puisi

Abstract

Kesulitan siswa dalam menghasilkan dan mengembangkan ide, serta mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan, dan fantasi yang diungkapkan dalam puisi. Berdampak terhadap kurang optimalnya kemampuan siswa dalam menulis puisi. Perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menulis puisi sebelum menggunakan media podcast. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X yang terdiri atas sebelas kelas. Instrumen untuk mengumpulkan data hasil belajar peserta didik adalah tes menulis puisi. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis yaitu mencari normalitas dan homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan rumus Independent Sample T-Test. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa kemampuan menulis puisi setelah menggunakan media podcast dengan dapat tergolong baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Podcast berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai contoh dan dikembangkan menjadi media yang lebih bermanfaat untuk menciptakan proses pembelajaran yang bermakna.

References

Adha, E. H. (2022). Podcast FISIKA ASIX Sebagai Media dalam Menunjang Pembelajaran Fisika di Era New Normal. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 2(1). https://doi.org/10.52434/jpif.v2i1.1934.

Almendingen, K., Torbjørnsen, A., Sparboe-Nilsen, B., Kvarme, L. G., & Saltyte Benth, J. (2021). Small Group Student-Produced Podcasts Were Favoured as Assignment Tool for Large-Scale Interprofessional Learning: An Exploratory Study Among Health, Social Care, and Teacher Education Program. Frontiers in Education, 6. https://doi.org/10.3389/feduc.2021.622716.

Ananda, F. T., Ramadhani, F. A., Fadilah, Z. P., Ramadhani, S., & Nugraha, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Berbasis Podcast pada Materi IPS di SD. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 4(1). https://doi.org/10.29300/ijsse.v4i1.6678.

Andini, N. P. M. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif berbasis Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 2(1), 41–51. https://doi.org/10.23887/jmt.v2i1.44839.

Arianti, R., Ningsih, A. R., Nofrita, M., Hermawan, H., Walef, S. M., & Hendrisman. (2021). Pendampingan Menulis Artikel Ilmiah Populer Bagi Mahasiswa Stkip Rokania Dan Bedah Buku Antologi Puisi. Jurnal Masyarakat Negeri Rokania, 2(2). https://doi.org/10.56313/jmnr.v2i2.74.

Aruan, L., Dallion, R., & Hafniati. (2022). Development of Podcast Spotify-Based Learning Media in Hörverstehen Course Level A2. Britain International of Linguistics Arts and Education (BIoLAE) Journal, 4(3). https://doi.org/10.33258/biolae.v4i3.798.

Hariyadi, Thamimi, M., Ashadi Alimin, A., & Sulastri, S. (2022). Pendampingan Pembuatan Buku Antologi Puisi Siswa Di Smp Negeri 3 Sungai Kakap. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.52072/abdine.v2i1.269.

Hayya, S. F., Aqiella, & Widyasari, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Berbasis Podcast Dengan Model ADDIE Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Dongeng Untuk Siswa Kelas III SD. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2). https://doi.org/10.26740/eds.v5n2.p160-165.

Hidayati, R. N. (2021). Implementasi Model Assure dalam Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Mi Nurul Hidayah. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 131–148. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v4i1.1829.

Hill, A. (2021). The Power of Voice: Using Audio Podcasts to Teach Vocal Performance and Digital Communication. Journal of Communication Pedagogy, 4. https://doi.org/10.31446/jcp.2021.1.04.

Ihzani, Z.-, & Wulandari, F. E. (2022). Pengaruh Media Podcast Sains Sahabat di Era Pandemi Sebagai Teman Belajar IPA SMP terhadap Hasil Belajar Pasca Covid. PENDIPA Journal of Science Education, 6(3). https://doi.org/10.33369/pendipa.6.3.793-799.

Ilhami, D. R., Gunawan, D., & Nuriyanti, R. (2021). Analisis Unsur Intrinsik Puisi Dalam Buku Antologi Cerpen Dan Puisi Anak Balon Keinginan Penyusun Korrie Layun Rampan Dan Implikasi Pembelajaran Di Sekolah Dasar. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1). https://doi.org/10.31980/caxra.v1i1.1176.

Indriyanti, N., & Azmi, U. (2022). Pengembengan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Podcast Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Islam Al-Falah Jamb. Istoria: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah Universitas Batanghari, 6(1). https://doi.org/10.33087/istoria.v6i1.144.

Kesumaningtyas, S., Anjani, D. F., Yumerda, D., & Nugraha, D. (2022). Pengembangan Media Audio Berbasis Podcast dalam Pembelajaran Digital: Peran dan Kegiatan Ekonomi Masyarakat. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.2896.

Kintan. (2021). Penggunaan Podcast Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Komputasi Siswa selama Gangguan Pandemi. Didactical Mathematics, 3(1), 41–47. https://doi.org/10.31949/dm.v3i1.1042.

Marganingsih, M. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Media Teks Lagu Dengan Metode Latihan Terbimbing. KREDO: JUrnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 6(1). https://doi.org/10.24176/kredo.v6i1.8256.

Mayangsari, D., & Tiara, D. R. (2019). Podcast Sebagai Media Pembelajaran Di Era Milenial. Jurnal Golden Age, 3(02). https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i02.1720.

Mobasheri, A., & Costello, K. E. (2021). Podcasting: An innovative tool for enhanced osteoarthritis education and research dissemination. Osteoarthritis and Cartilage Open, 3(1). https://doi.org/10.1016/j.ocarto.2020.100130.

Mulyani, R. (2021). Eksplorasi Terhadap Kemungkinan Desain Podcast Pendidikan Tinggi di Indonesia. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2). https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.381-394.2021.

Nisa, K., Soekamto, H., Wagistina, S., & Suharto, Y. (2021). Model Pembelajaran EarthComm pada Mata Pelajaran Geografi: Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 500–510. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.40031.

Oktaviyanti, I., Jiwandono, I. S., Nurhasanah, Khair, B. N., Ratnadi, & Affandi, L. H. (2020). Worksop Penyusunan Rancangan Pembelajaran Model Mind Mapping Untuk Sd Negeri 3 Midang. Jurnal Pepadu, 1(3), 298–306. https://doi.org/10.29303/jurnalpepadu.v1i3.113.

Putri, L. M., & Ramadhan, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur. DIGLOSIA : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(13–30). https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i1.316.

Putriningsih, N. K., & Putra, M. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book Berorientasi Pendekatan Saintifik pada Muatan Pelajaran PPKN Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 131–139. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32686.

Rachmawati, F., Muhajarah, K., & Kamaliah, N. (2019). Mengukur Efektivitas Podcast sebagai Media Perkuliahan Inovatif pada Mahasiswa. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 2(1). https://doi.org/10.31764/justek.v2i1.3750.

Rahmah, L. A., & Ahsanuddin, M. (2023). Pengembangan Media Podcast pada Aplikasi Spotify sebagai Media Pembelajaran Maharah al- Istima’. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(11). https://doi.org/10.17977/um064v2i112022p1613-1625.

Rosmiati, N. S., Yuliani, A., Nur’Aini, A. S., Nur Fauzi, H. Z., & Nugraha, D. (2022). Media Pembelajaran Podcast pada Mata Pelajaran IPS Memaknai Kemerdekaan untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2945.

Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran Guru Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Melalui Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1356–1364. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.938.

Sary, D. P., Dewi, G. K., & Erdiana, L. (2022). Pengembangan Media Audio Visual Interaktif Dalam Keterampilan Menulis Argumentasi Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3695.

Sukma, H. H., & Amalia, N. R. (2021). Pengembangan Media Fun Thinkers Dalam Melatih Keterampilan Menulis Karangan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Fundadiknas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(2), 112–122. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i2.4189.

Suriani, A., Chandra, C., Sukma, E., & Habibi, H. (2021). Pengaruh Penggunaan Podcast dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Berbicara pada Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.832.

Umniyyah, N., & Hidayat, R. (2021). Pengembangan media berbasis audio melalui podcast sporify untuk menunjang pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran pengelolaan bisnis ritel. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.17977/um066v1i12021p34-39.

Utami, E. F., Nurramdiani, N., Driandra, Y. A., & Aeni, A. N. (2022). Pemanfaatan Podcast Animasi Dalam Meningkatkan Perilaku Mandiri, Percaya Diri, Dan Tanggung Jawab Siswa Kelas III SD. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1248. https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1151.

Downloads

Published

2024-08-15

How to Cite

Putri, R. A., & Rina Devianty. (2024). Media Pembelajaran Podcast Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi. Journal of Education Action Research, 8(3), 478–484. https://doi.org/10.23887/jear.v8i3.82030