The Implementation of the NHT Type of Cooperative Learning Model to Improve Student’s Activities and Learning Achievement in Basic Techniques for Passing Inner Legs

Penulis

  • Ida Bagus Widana Siswaya SMK N 2 Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v3i1.17080

Abstrak

The purpose of this research was to find out the increase in activity and learning outcomes of basic inner foot passing techniques in students of class X P 2 Singaraja State Vocational High School 2 2018/2019 after the implementation of the NHT Type Cooperative Learning Model. This research is a classroom action research. The subjects in this class action research were students of class X P 2 of Singaraja State Vocational High School 2 of 2018/2019 in 36 people. While the object is activity and the results of learning basic techniques of passing the inner leg. Data on student learning activities are collected by observation sheet, while data on learning outcomes of basic techniques of passing the inner leg are collected by performance tests. Data analysis used in this study used descriptive data analysis. Based on the data analysis carried out it can be concluded that: 1) learning activities of the basic techniques of passing the inner leg increased through the implementation of the NHT type cooperative learning model for students of class XP 2 Singaraja State Vocational High School 2018/2019, and 2) the results of learning basic passing techniques inner leg increases through the implementation of the NHT type cooperative learning model in class XP 2 Singaraja State Vocational High School 2018/2019

Referensi

Adnyani, I Gusti Ayu Nyoman. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Bermedia Visual dengan Pemberian Pre Test untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V Semester II SD No 2 Kalibukbuk Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP, Undiksha.

Bawa, I Made Lanang. 2012. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Sepakbola Pada Siswa Kelas X1 Sma Negeri 1 Sukasada Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Penjaskesrek, Undiksha Singaraja.

Kanca, I.N. 2010. Metodologi Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Katikasasmi, dkk. 2012. ”Penerapan Model Pembelajaran NHT dengan Pendekatan SETS Pada Materi Cahaya Untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa”. Volume 41, Nomor 2 (hlm. 123-130).

Jayadiningrat, Made Gautama, I. Nyoman Tika, dan Ni Putu Yuliani. "Meningkatkan Kesiapan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Kimia Dengan Pemberian Kuis Di Awal Pembelajaran." Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia 1.1 (2017): 7-12.

Muthoharoh, Munifatun, I. Made Kirna, and Gusti ayu Indrawati. "Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kimia." Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia 1.1 (2017): 13-22.

Muhajir. 2007. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Erlangga

Paturusi, A. 2012. Manajemen Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Jakarta: Rineka cipta.

Salama, Jestri Ostri. 2018. "Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII G Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 4 Tondano." Jurnal Pendidikan Ekonomi, Volume 3, Nomor 3.

Sanjaya, I Putu Eka. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Basket Pada Siswa Kelas X5 SMA Negeri 1 Negara Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Penjaskesrek, Undiksha Singaraja.

Sucidamayanti, Ni Putu Wiwin. 2011.Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Semester II SD No 1 Beratan Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP,Undiksha.

Tirtawati, Ni Wayan. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Teknik Dasar Berguling (Roll) Senam Lantai Pada Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Bangli Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Penjaskesrek, Undiksha Singaraja.

Teguh Karya,Tut Ria, dkk. 2016. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BOLA BASKET. Jurnal Pendidikam Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha, Volume 5, Nomor 2.

Yuliana, L. R., Susanti, R., & Bintari, S. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi. Journal of Biology Education, 7(2), 209-215.

Diterbitkan

2019-03-05

Cara Mengutip

Siswaya, I. B. W. (2019). The Implementation of the NHT Type of Cooperative Learning Model to Improve Student’s Activities and Learning Achievement in Basic Techniques for Passing Inner Legs. Journal of Education Action Reseach, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.23887/jear.v3i1.17080

Terbitan

Bagian

Artikel