Penerapan Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Kinerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28648Kata Kunci:
Kinerja guru, supervisi klinisAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kinerja guru di SD Negeri Tahun Pelajaran 2018/2019 setelah diterapkannya supervisi klinis. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah. Subjek penelitian adalah guru di SD yang berjumlah 9 orang guru. Data kinerja guru pada penelitian ini dikumpulkan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah: apabila rata-rata kinerja guru minimal pada kategori Tinggi, dan ketuntasan klasikal sebesar 90%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: penerapan supervisi klinis secara efektif dapat meningkatkan kinerja guru di SDN. Hasil ini terbukti dari peningkatan rata-rata siklus I sebesar 133,67 menjadi 161,33 pada siklus II. Ketuntasan penelitian pun mengalami peningkatan dari 55,56% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Jadi, dengan penerapan Supervisi klinis dapat meningkatkan kinerja guru.
Referensi
Adha, Maulana Amirul. 2019. Analisis Komparasi Sistem Pendidikan Indonesia dan Finlandia. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan vol. 3, no. 2, November 2019. http://dx.doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.1102
Agung, A.A Gede. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Ganesha.
Alam, A. N., Achmad, S., & Burhanuddin, B. (2016). Pelaksanaan Supervisi Klinis Di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembagan, 1(11), 2261–2265. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i11.8146
Ansori, A., Supriyanto, A., & Burhanuddin, B. (2016). Pelaksanaan Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(12), 2321–2326. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i12.8285
Ansori, Aan, dkk. 2016. Pelaksanaan Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 1 Nomor: 12 Bulan Desember Tahun 2016 Halaman: 2321—2326. DOI 10.17977/jp.v1i12.8285
Anuli, Yahya. 2018. Penerapan Supervisi Klinis Oleh Pengawas Dalam Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume 6, Nomor 1. https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/504
Babuta, A. I., & Rahmat, A. (2019). Peningkatan Kompetensi Pedagodik Guru Melalui Pelaksanaan Supervisi Klinis Dengan Teknik Kelompok. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 1–28. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i1.496
Damsik, M. G. (2017). Penerapan Supervisi Klinis untuk Perbaikan Kegiatan Belajar Mengajar di Madrasah Aliyah Paradigma Palembang. Conciencia, 17(2), 46–57. https://doi.org/10.19109/conciencia.v17i2.3484
Firmansyah, Dani. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Unsika Volume 3 Nomor 1, Maret 2015. https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/199
Hadi, H. (2016). Peningkatan Kualitas Mengajar Guru Melalui Supervisi Klinis Oleh Pengawas Sekolah Di Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 1(1). http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/article/view/1859
Humairoh, F., Supriyanto, A., & Burhanuddin, B. (2016). Implementasi Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan : Teori,Penelitian Dan Pengembangan, 1(12), 2277–2280. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i12.8227
Mena, Y., Supriyanto, A., & Burhhanudin, B. (2016). Pelaksanaan Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Mutu Kinerja Guru Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(11), 2194–2199. https://doi.org/10.17977/jp.v1i11.8074
Muslich, Masnur. 2010. Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi. Bandung: Refika Aditama
Nurkholis. 2013. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Nopember 2013. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530
Sholichah, Aas Siti. 2018. Teori-Teori Pendidikan Dalam Al-Qur’an .Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam Vol. 07/No.1, April 2018. http://dx.doi.org/10.30868/ei.v7i01.209
Sukarno, A., & Sarjono, Y. (2015). Pengelolaan Supervisi Klinis (Studi Kasus di SMKN 1 Karangayar). Jurnal VARIDIKA, 27(1), 10–22. https://doi.org/10.23917/varidika.v27i1.735
Suryana, Yudho Ramafrizal. 2018. Kajian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar Akuntansi. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, ISSN Online: 2549-2284 Volume II Nomor 2, Juli 2018. http://dx.doi.org/10.23969/oikos.v2i2.1049
Widodo, Heri .2015. Potret Pendidikan di Indonesia dan Kesiapannya Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (Mea). Jurnal Cendekia Vol. 13 No. 2, Juli - Desember 2015. https://doi.org/10.21154/cendekia.v13i2.250
Yulia Jayanti, T., Achmad, S., & Burhanuddin. (2016). Implementasi Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Provesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(11), 2332–2336. http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i11.8127