Penerapan Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Kinerja Guru

Penulis

  • Desak Nyoman Masmin SD N 2 Medahan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28648

Kata Kunci:

Kinerja guru, supervisi klinis

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kinerja guru di SD Negeri Tahun Pelajaran 2018/2019 setelah diterapkannya supervisi klinis. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah. Subjek penelitian adalah guru di SD yang berjumlah 9 orang guru. Data kinerja guru pada penelitian ini dikumpulkan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah: apabila rata-rata kinerja guru minimal pada kategori Tinggi, dan ketuntasan klasikal sebesar 90%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: penerapan supervisi klinis secara efektif dapat meningkatkan kinerja guru di SDN. Hasil ini terbukti dari peningkatan rata-rata siklus I sebesar 133,67 menjadi 161,33 pada siklus II. Ketuntasan penelitian pun mengalami peningkatan dari 55,56% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Jadi, dengan penerapan Supervisi klinis dapat meningkatkan kinerja guru.

Referensi

Adha, Maulana Amirul. 2019. Analisis Komparasi Sistem Pendidikan Indonesia dan Finlandia. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan vol. 3, no. 2, November 2019. http://dx.doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.1102

Agung, A.A Gede. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Ganesha.

Alam, A. N., Achmad, S., & Burhanuddin, B. (2016). Pelaksanaan Supervisi Klinis Di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembagan, 1(11), 2261–2265. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i11.8146

Ansori, A., Supriyanto, A., & Burhanuddin, B. (2016). Pelaksanaan Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(12), 2321–2326. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i12.8285

Ansori, Aan, dkk. 2016. Pelaksanaan Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 1 Nomor: 12 Bulan Desember Tahun 2016 Halaman: 2321—2326. DOI 10.17977/jp.v1i12.8285

Anuli, Yahya. 2018. Penerapan Supervisi Klinis Oleh Pengawas Dalam Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume 6, Nomor 1. https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/504

Babuta, A. I., & Rahmat, A. (2019). Peningkatan Kompetensi Pedagodik Guru Melalui Pelaksanaan Supervisi Klinis Dengan Teknik Kelompok. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 1–28. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i1.496

Damsik, M. G. (2017). Penerapan Supervisi Klinis untuk Perbaikan Kegiatan Belajar Mengajar di Madrasah Aliyah Paradigma Palembang. Conciencia, 17(2), 46–57. https://doi.org/10.19109/conciencia.v17i2.3484

Firmansyah, Dani. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Unsika Volume 3 Nomor 1, Maret 2015. https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/199

Hadi, H. (2016). Peningkatan Kualitas Mengajar Guru Melalui Supervisi Klinis Oleh Pengawas Sekolah Di Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 1(1). http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/article/view/1859

Humairoh, F., Supriyanto, A., & Burhanuddin, B. (2016). Implementasi Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan : Teori,Penelitian Dan Pengembangan, 1(12), 2277–2280. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i12.8227

Mena, Y., Supriyanto, A., & Burhhanudin, B. (2016). Pelaksanaan Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Mutu Kinerja Guru Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(11), 2194–2199. https://doi.org/10.17977/jp.v1i11.8074

Muslich, Masnur. 2010. Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi. Bandung: Refika Aditama

Nurkholis. 2013. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Nopember 2013. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530

Sholichah, Aas Siti. 2018. Teori-Teori Pendidikan Dalam Al-Qur’an .Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam Vol. 07/No.1, April 2018. http://dx.doi.org/10.30868/ei.v7i01.209

Sukarno, A., & Sarjono, Y. (2015). Pengelolaan Supervisi Klinis (Studi Kasus di SMKN 1 Karangayar). Jurnal VARIDIKA, 27(1), 10–22. https://doi.org/10.23917/varidika.v27i1.735

Suryana, Yudho Ramafrizal. 2018. Kajian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar Akuntansi. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, ISSN Online: 2549-2284 Volume II Nomor 2, Juli 2018. http://dx.doi.org/10.23969/oikos.v2i2.1049

Widodo, Heri .2015. Potret Pendidikan di Indonesia dan Kesiapannya Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (Mea). Jurnal Cendekia Vol. 13 No. 2, Juli - Desember 2015. https://doi.org/10.21154/cendekia.v13i2.250

Yulia Jayanti, T., Achmad, S., & Burhanuddin. (2016). Implementasi Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Provesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(11), 2332–2336. http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i11.8127

Diterbitkan

2020-10-03

Cara Mengutip

Masmin, D. N. (2020). Penerapan Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Journal of Education Action Reseach, 4(4), 508–513. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28648

Terbitan

Bagian

Artikel