Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PPKn pada Materi Kewenangan Lembaga–Lembaga Negara
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33349Kata Kunci:
Problem Based Learning, Aktivitas Belajar, Hasil AnalisisAbstrak
Penggunaan model pembelajaran yang tidak tepat dapat menyebabkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa khususnya pada muatan pelajaran PPKn, sehingga diperlukan model pembelajaran dapat memotivasi siswa untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran PBL terhadap aktivitas dan hasil belajar PPKn siswa. Penelitian ini merupakan termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini semua siswa kelas X dan objek dari penelitian ini adalah peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi dan tes hasil belajar. Untuk memperoleh persentase aktivitas dan hasil belajar siswa, teknik analisis data yang yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persentase aktivitas siswa pada pra siklus sebesar 44,44 %, siklus 1 sebesar 62,72% dan siklus 2 sebesar 87,46%, sedangkan hasil belajar siswa pra siklus sebesar 29.03%, siklus I sebesar 74.19%, dan siklus II sebesar 93.55%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran PBL terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PPKn siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran PBL dapat memotivasi siswa untuk belajar dan menambah pengalaman baru bagi siswa.
Referensi
Abdurrozak, R., & Jayadinata, A. K. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 871–880. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3580
Alkhasawneh, I. M., Mrayyan, M. T., Docherty, C., Alashram, S., & Yousef, H. Y. (2008). Problem-based learning (PBL): Assessing students’ learning preferences using vark. Nurse Education Today, 28(5), 572–579. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2007.09.012
Amelia, D. J., & Saputra, S. Y. (2017). Analisis Kelayakan Buku Siswa Kelas IV Tema Makhluk Hidup Kurikulum 2013. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 6(1), 98–109. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.617
Ariswati, N. P. E. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Negeri Nanggulan. Mimbar PGSD, 6(4). https://doi.org/10.1590/s1809-98232013000400007
Ariyanti, M. (2017). Perbandingan keefektifan model project-based learning dan problem-based learning ditinjau dari ketercapaian tujuan pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(1), 1 – 10. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpms.v5i1.13469
Chiang, C. L., & Lee, H. (2016). The Effect of Project-Based Learning on Learning Motivation and Problem-Solving Ability of Vocational High School Students. International Journal of Information and Education Technology, 6(9), 709–712. http://www.ijiet.org/show-76-881-1.html
Christiana, P. P., Suniasih, N. W., & Suadnyana, I. N. (2014). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Penilaian Proyek terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA SD Gugus VIII Sukawati. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2031
Dwicahyani, N. M., Wiarta, I. W., & Ardana, I. K. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Nht Berbantuan Media Gambar Meningkatkan Penguasaan Kompetensi Ips. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 102–110. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17326
Farah, M., Saminan., & Zainal, A. (2020). The implementation of problem-based learning (PBL) model to improve creativity and self-efficacy of field dependent and field independent students. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning, 3(1), 13–17. https://doi.org/10.29103/mjml.v3i1.2402
Febriana, R., Yusri, R., & Delyana, H. (2020). Modul Geometri Ruang Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kreativitas Pemecahan Masalah. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 93. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2591
Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Gantang, 5(1), 77–85. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1609
Han, S., & Rosli, R. (2016). The Effect of Science , Technology , Engineering and Mathematics ( STEM ) Project Based Learning ( PBL ) on Students ’ Achievement in Four Mathematics Topics. Journal of Turkish Science Education, 13, 3–29. https://doi.org/10.12973/tused.10168a
Herzon, H. H., Budijanto, & Utomo, D. H. (2018). Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 42–46. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Indriani, A. (2015). Penerapan Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 oleh Guru SD/MI di Desa Klepek Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro Semester Gasal Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal VARIDIKA, 27(1), 43–49. https://doi.org/10.23917/varidika.v27i1.738
Istiandaru, A., Istihapsari, V., Wardono, & Mulyono. (2015). Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Realistik-Saintifik dan Asesmen PISA untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Edumatica, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.22437/edumatica.v5i01.2670
Juliawan, G. A., Mahadewi, L. P. P., & Rati, W. R. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Mimbar PGSD, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10881
Khofiatun, Akbar, S., & Ramli, M. (2016). Peran Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 1(5), 984–988. https://doi.org/10.17977/jp.v1i5.6336
Krissandi, A. D. S., & Rusmawan, R. (2015). Kendala Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 457–467. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7409
Kurniaman, O., & Noviana, E. (2017). Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, Dan Pengetahuan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i2.4520
Kurniawan, H. R., Elmunsyah, H., & Muladi. (2018). Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Think Pair Share Berbantuan Modul Ajar Terhadap Kemandirian Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMKN 3. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(2), 80–85. https://doi.org/10.26740/jp.v3n2.p80-85
Larasati, V., & Gafur, A. (2018). Hubungan kompetensi pedagogis dan kompetensi profesional guru PPKn dengan prestasi belajar siswa sekolah menengah. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 45–51. https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.17282
Maiza, Z., & Nurhafizah, N. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356–365. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.196
Maryatun, & Metro, P. E. F. U. M. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Semester Genap Sma Pgri 1 Metro Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan EKonomi, 5(1), 152–159. https://doi.org/10.24127/ja.v5i2.1225
Mediatati, N. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Menggunakan Model Pembelajaran Examples Non Examples pada Siswa. Journal of Education Research and Evaluation, 1(2), 100. https://doi.org/10.23887/jere.v1i2.10073
Nuryana, N., & Sahrir, D. C. (2020). Pelatihan Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 bagi Guru di Yayasan Pendidikan Islam Al-Maunah. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 1 – 10. https://doi.org/10.30653/002.202051.259
Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 4(2), 379–388. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445
Ramlawati, Yunus, S. R., & Insani, A. (2017). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Jurnal Sainsmat, 6(1), 1–14. https://ojs.unm.ac.id/sainsmat/article/view/6451
Ratnawati, D., Handayani, I., & Hadi, W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Berbantu Question Card Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01), 44–51. https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.7683
Rerung, N., Sinon, I. L. ., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47–55. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.597
Sanistyasari, I. G. A. N. (2019). Pengaruh Metode Karyaswasta Fantasi Di Lingkungan Sekolah Berbantuan Majalah Dinding Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 3(1), 21–31. https://doi.org/10.23887/pips.v3i1.2874
Sucipto, S. (2017). Pengembangan Ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi Dengan Using Pengembangan Strategi Model Metakognitif Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(1), 63–71. https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p77.
Suhendar, U., & Ekayanti, A. (2018). Problem based learning sebagai upaya peningkatan konsep matematis mahasiswa. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 16–19. https://doi.org/10.24269/dpp.v6i1.815
Sulastri, S. (2020). Peningkatan Kemandirian Belajar IPA dengan Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together pada Siswa Kelas V SDN 43 Rejang Lebong. PENDIPA Journal of Science Education, 4(3), 46–51. https://doi.org/10.33369/pendipa.4.3.46-51
Sumarni, W., Wardani, S., & Gupitasari, D. N. (2016). Project Based Learning (PBL) To Improve Psychomotoric Skills : A Classroom Action Research. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 157–163. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i2.4402
Suryawati, E., Suzanti, F., Zulfarina, Putriana, A. R., & Febrianti, L. (2020). The implementation of local environmental problem-based learning student worksheets to strengthen environmental literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(2), 169–178. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i2.22892
Tomas, & Prasetyo, T. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Motivasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas 4 Sd. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 3(1), 13–18. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v3i1.1919
Wahyudin, W. (2018). Optimalisasi Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan, 6(2), 249–265. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1932
Wajdi, F. (2017). Implementasi Project Based Learning (PBL) Dan Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Drama Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 17(1), 81–97. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v17i1.6960
Winursiti, N. M. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Reinforcement Simbolik untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IVB Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 di SD LAB Undiksha. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(4), 270–275. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12120