Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Perkembangbiakan Makhluk Hidup Melalui Problem based instruction dengan Media Visual
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.34571Kata Kunci:
Aktivitas dan Hasil Belajar, Model Problem Based Instruction, Media VisualAbstrak
Pembelajaran IPA, merupakan proses pembelajaran yang menekankan terhadap pengenalan lingkungan dan alam sekitar. Hanya saja pada tahap pelaksanaanya guru belum mampu untuk mengenalkan lingkungan dengan maksimal sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA materi perkembangbiakan makhluk hidup melalui problem based instruction dengan Media Visual pada siswa kelas VI SD. Penelitian ini merupakan jenis penitian tindakan kelas dengan jumlah subjek penelitian yakni sebanyak 21 orang siswa. Prosedur pelaksanaan dan implementasi penelitian terbagi dalam dua siklus. Siklus I dilakukan dua kali pertemuan dan begitu juga siklus II dilakukan dua kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 20,59 atau sebesar 73,56% (sedang), siklus II meningkat menjadi 25,19 atau sebesar 89,97% (sangat tinggi). Pada akhir tindakan siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 72,62 atau sebesar 71,43% mengalami peningkatan 23,81% dari kondisi awal. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 79,76 atau sebesar 85,71% sehingga mengalami peningkatan sebesar 14,28% dari siklus I. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan problem based instruction dengan media visual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar perkembangbiakan makhluk hidup pada siswa kelas VI SD 1 Undaan Tengah Kudus.
Referensi
Afriadi, R., & Yuni, R. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Remaja Usia Sekolah Ditinjau Dari Teori Pendidikan Seks. Jurnal Biolokus, 1(1), 23. Https://Doi.Org/10.30821/Biolokus.V1i1.307.
Devi, P. S., & Bayu, G. W. (2020). Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ipa Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. Mimbar Pgsd Undiksha, 8(2), 238–252. Https://Doi.Org/: Http://Dx.Doi.Org/10.23887/ Jjpgsd.V8i2.26525.
Dewi, D. A. D. R., Bektiarso, S., & Subiki. (2017). Pengaruh Problem based instruction Disertai Metode Pictorial Riddle Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Di Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember, 6(1), 48–55. Https://Jurnal.Unej.Ac.Id/Index.Php/Jpf/Article/View/4652/3411.
Ernawati M, E. M. (2018). Penggunaan Metode Pendekatan Ketrampilan Proses Untuk Meningkatkan Aktivitas Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 75. Https://Doi.Org /10.33578/Jpfkip.V7i1.5350.
Erwinsyah, A. (2017). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 88–105. Http://Www.Journal.Iaingorontalo.Ac.Id/Index.Php/Tjmpi/Article/View/392/309.
Fahmi, A. (2021). Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Visionary, 6(1), 33–41. Https://E-Journal.Undikma.Ac.Id/ Index.Php/Visionary/Article/View/4086/2784.
Handayani, S. L., Budiarti, I. G., Kusmajid, K., & Khairil, K. (2021). Problem based instruction Berbantuan E-Learning : Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 697–705. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i2.795.
Hariata, I. N. N., Pudjawan, K., & Margunayasa, I. G. (2017). Pengaruh Problem based instruction Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Ips. Mimbar Pgsd Undiksha, 5(2).
Indarti, S. (2019). Investigasi Implementasi Model Discovery Learning Berbasis Pendekatan Saintifik Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa. Ijis Edu : Indonesian Journal Of Integrated Science Education, 1(2), 100. Https://Doi.Org/10.29300/Ijisedu.V1i2.2244.
Juniati, N. Wayan, & Widiana, I. Wayan. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 20–29. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.23887/Jisd.V1i1.10126.
Karina, R. M., Syafrina, A., & Habibah, S. (2017). Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ipa Pada Kelas V Sd Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 61–77. Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/188212-Id-Hubungan-Antara-Minat-Belajar-Dengan-Has.Pdf.
Masus, S. B., & Fadhilaturrahmi. (2020). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Ipa Dengan Menggunakan Metode Ekperimen Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/ Jpdk.V2i1.1129.
Narut, Y. F., & Supradi, K. (2019). Literasi Sains Peserta Didik Dalam Pembelajaran Ipa Di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 61–69. Http://Jurnal.Unikastpaulus.Ac.Id/Index.Php/Jipd/Article/View/214/169.
Nugraha, D. M. D. P., Agung, A. A. G., & Antari, N. N. M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Self Regulated Learning ( Srl ) Terhadap Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv. Journal Pgsd Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1). Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V3i1.5664.
Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24090/Jk.V5i2. 1939.
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Fitrah:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. Https://Doi.Org/10.24952/Fitrah.V3i2.945.
Pratiwi, I., & Dwijananti, P. (2017). Membangun Karakter Siswa Melalui Problem based instruction Berbantuan Lks Berpendekatan Scientific Materi Kalor Dan Perubahan Wujud. Upej Unnes Physics Education Journal, 6(2), 64–73. Https://Doi.Org/10.15294/Upej.V6i2.16077.
Pujilestari, Y., & Susila, A. (2020). Pemanfaatan Media Visual Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 19(02), 40–47. Https://Doi.Org/10.21009/Jimd.V19i02.14334.
Rosinah, R. (2020). Penerapan Model Problem based instruction (Pbi) Dengan Media Kartu Pintar Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ipa Pada Peserta Didik Kelas Iv Sdn 211/Ix Mendalo Darat. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 10(2), 190. Https://Doi.Org/10.33087/Dikdaya.V10i2.175.
Sinta, M., Septriningsih, A., Bektiarso, S., & Prihandono, T. (2017). Pengaruh Model Problem based instruction Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswadalam Pembelajaran Ipa Di Smp. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(3), 292–298. Https://Jurnal.Unej.Ac.Id/Index.Php/Jpf/Article/View/5327/4021.
Susilaa, G. P. A. J., & Suarmanayasa, I. N. (2017). Pengembangan Strategi Organisasi Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Proceeding Team, 2, 858. Https://Doi.Org/10.23887/Team.Vol2.2017. 221.
Syuryani. (2019). Penggunaan Model Problem based instruction Dengan Media Kartu Pintar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iii Sdn 47 Kota Jambi. Jurnal Pesona Dasar, 7(1), 27–36. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/ 10.24815/Pear.V7i1.19933.
Tawa, A. B. (2019). Kebijakan Pendidikan Nasional Dan Implementasinya Pada Sekola Dasar. Sapa-Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 4(2), 107–117. Http://E-Journal.Stp-Ipi.Ac.Id/Index.Php/Sapa/Article/View/82.
Topik. (2020). Penggunaan Media Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas Vi Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Islam Parit Jawai. Jurnal Kajian Perbatasan Antarnegara, 3(1), 90–100. http://journal.iaisambas.ac.id/index.php/Cross-Border/article/view/548/440.
Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa. Jurnal Penelitia Pendidikan, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.357.
Yuliawati, L. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Adobe Flash pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1). https://doi.org/10.25273/jupiter.v5i1.6197.