Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD

Penulis

  • Ketut Masana SD Negeri 1 Joanyar, Seririt, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45814

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS, Hasil Belajar

Abstrak

Siswa kesulitan menggunakan alat peraga pembelajaran matematika. Sebagian besar siswa beranggapan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit. Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas V yang berjumlah 21 orang siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar. Metode analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar mata pelajaran matematika dinyatakan meningkat. Hal ini dibuktikan dari peningkatan hasil belajar antara siklus I (jumlah 1410, rata-rata 67, daya serap 67%, ketuntasan belajar 71%) dan siklus II (jumlah 1600, rata-rata 76, daya serap 76%, ketuntasan belajar 95%). Terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II. Data menunjukan rata-rata daya serap 9% dan pada ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 24%. Maka, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada siswa kelas V SD dapat meningkatkan hasil belajar Matematika. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar melalui penerapan model yang sesuai dengan karakteristik siswa.

Referensi

Aisyah, P. N., Nuraini, N., Akbar, P., & Yuliani, A. (2018). Analisis Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Confidence Siswa Smp. Journal on Education, 1(1), 58–65. https://doi.org/10.31004/joe.v1i1.11. DOI: https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p1025-1036

Annisa, F., & Marlina. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 3(4), 1047 – 1054. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.209. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.209

Ardianto, D., & Rubini, Bi. (2016). Literasi Sains dan Aktivitas Siswa pada Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Shared. USEJ - Unnes Science Education Journal, 5(1), 1167–1174. https://doi.org/10.15294/usej.v5i1.9650.

bambang sri anggoro. (2016). Meningkatkan Kemampuan Generalisasi Matematis melalui Discovery Learning dan Model Pembelajaran Peer Led Guided Inquiry. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 15. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.23. DOI: https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.23

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2016). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 47. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v2i1.741. DOI: https://doi.org/10.31602/muallimuna.v2i1.741

Chiu, T. K. F., & Churchill, D. (2016). Adoption of Mobile Devices in Teaching: Changes in Teacher Beliefs, Attitudes and Anxiety. Interactive Learning Environments, 24(2), 317–327. https://doi.org/10.1080/10494820.2015.1113709. DOI: https://doi.org/10.1080/10494820.2015.1113709

Dewi, N. K. T. Y., Sugiarta, I. M., & Parwati, N. N. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Journal of Education Action Research, 5(1), 40–47. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31789. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31789

Fahrullisa, R., Putra, F., & Supriadi, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Numerical: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 79–86. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i2.213. DOI: https://doi.org/10.25217/numerical.v2i2.213

Febnasari, S. D., Arifin, Z., & Setianingsih, E. S. (2019). Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Diskusi Kelas dengan Strategi “TPS” untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 310–318. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19456. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19456

Fitriani, A. D. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Geometri untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Calon Guru Sekolah Dasar. Edutech, 13(2), 236. https://doi.org/10.17509/edutech.v13i2.3105. DOI: https://doi.org/10.17509/edutech.v13i2.3105

Hamid, M. A., Permata, E., Aribowo, D., Darmawan, I. A., Nurtanto, M., & Laraswati, S. (2020). Development of Cooperative Learning Based Electric Circuit Kit Trainer for Basic Electrical and Electronics Practice. Journal of Physics: Conference Series, 1456(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1456/1/012047. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1456/1/012047

Hernawati, L., & Pradipta, T. R. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik pada Penerapan E-Learning Berbasis Google Classroom. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1616–1625. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.683. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.683

Koloay, C. C. J. (2017). Implementasi Model Kooperatif TPS Meningkatkan Aktivitas Hasil Belajar Passing Bola Voli. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 1(3), 98–109. https://doi.org/10.23887/jppp.v1i3.12629. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v1i3.12629

Ladimiyanto, A. (2014). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Model TAI dan TPS terhadap Hasil Belajar Matematika. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 110–125. https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9073.

Masliani, S. (2018). Peningkatan Intelegensi dan Hasil Belajar Siswa melalui Pembelajaran Fungsi Logaritma Menggunakan Model Quantum Learning. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(1), 70 – 81. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a7. DOI: https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a7

Meilana, S. F., Aulia, N., Zulherman, & Aji, G. B. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 218 – 226. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.644. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.644

Muhadjir, M. M. (2018). Perbandingan Hasil Belajar Materi Ekosistem antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Tipe Think Talk Write (TTW) di SMAN 1 Losarang Indramayu. Jurnal Mangifera Edu, 2(2), 59 – 70. https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v2i2.28. DOI: https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v2i2.28

Muzaki, A., & Masjudin, M. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493–502. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.557. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.557

Nursalam, M., HS, E. F., & Jusmawati, J. (2021). Efektifitas Model Quantum Teaching terhadap Pembelajaran Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 506–516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.724. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.724

Ramadhani, S. P. (2017). Pengaruh Pendekatan Cooperative Learning Tipe (TPS) Think, Pair, and Share Terhadap Hasil Belajar PKn di Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 7(02), 124. https://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1653. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1653

Sakiah, N. A., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif Berbasis PowerPoint Materi Aljabar pada Pembelajaran Matematika SMP. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 7(1), 39–48. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2623. DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2623

Santra, P., Wibawa, I. M. C., & Rati, N. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Power Point terhadap Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 1(4), 307–315. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12962. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12962

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Undiksha, 4(2). https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336

Sholihah, A. F., Study, P., Pendidikan, T., Pendidikan, J. I., Bimbingan, P. D. A. N., Pendidikan, F. I., & Ganesha, U. P. (2019). Pengembangan Media Puzzle Berbasis Make a Match pada Pembelajaran Tematik Kelas II di Mi At-Taufiq Singaraja Tahun. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 7(2), 36–47. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i2.21830.

Suantara, I. K. T., Ganing, N. N., & Wulandari, I. G. A. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media TTS terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 462–470. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21783. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21783

Surayya, L., Subagia, I. W., & Tika, I. N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4, 1. https://doi.org/10.24127/jpf.v7i1.1396. DOI: https://doi.org/10.24127/jpf.v7i1.1396

Suryaningtyas, C. P. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan PMRI untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematika Developing a Mathematics Learning Kit Using PMRI Approach to Increase Problem Solving Ability and Mathematics Communication. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 200–209. https://doi.org//10.21831/pg.v12i2.14876.

Susanto, R., & Anti, M. (2017). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Kecerdasan Interpersonal pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(4), 260. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12510. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12510

Sutama, I. P. E., Dibia, I. K., & Margunayasa, I. G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Konkret terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 5. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10683.

Suwela, I. K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 5(1), 95–101. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.32653. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.32653

Virgiana, A., & Wasitohadi. (2016). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Ditinjau dari Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SDN 1 Gadu Sambong - Blora Semester 2 Tahun 2014/2015. Scholaria : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 100–118. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p100-118. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p100-118

Widiani, N. L. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 5(2), 278–284. https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33312. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33312

Zain, B. P., & Ahmad, R. (2021). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Motivasi dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3668–3676. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1408. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1408

Diterbitkan

2022-03-28

Cara Mengutip

Masana, K. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Journal of Education Action Reseach, 6(2), 153–159. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45814

Terbitan

Bagian

Artikel