Peningkatan Keterampilan Menulis Naratif Melalui Model Pembelajaran TTW bermedia Video Peristiwa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v8i1.76106Kata Kunci:
Menulis Naratif, Model Pembelajaran TTW, Video PeristiwaAbstrak
Masalah keterampilan menulis naratif pada siswa dapat timbul dari beberapa penyebab. Salah satunya yaitu siswa kurang memahami tentang struktur dan ciri-ciri teks narasi. Siswa juga kesulitan untuk membangun alur cerita yang jelas, karakter yang kuat, atau konflik yang menarik dalam tulisan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan menulis teks naratif dengan menggunakan pendekatan pembelajaran TTW melalui penggunaan video peristiwa sebagai media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Populasi yang terlibat dalam penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 20 orang. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu lembar kuesioner. Teknik analisis daa menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TTW dan pemanfaatan media video peristiwa terbukti berhasil dalam meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran menulis teks naratif. Implikasi dari penelitian ini adalah memberikan kontribusi pada pemahaman dan pengetahuan mengenai prosedur yang diperlukan untuk meningkatkan kemampuan menulis naratif dengan menggunakan model pembelajaran TTW. Disarankan agar siswa berlatih mengajukan pertanyaan tentang materi yang belum dipahami dan untuk berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan kelompok.
Referensi
Adlani, S., Agustina, R. T., & Muchtar, M. (2021). Implementasi Video Teks Narasi untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas V. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(1), 72–77. https://doi.org/10.17977/um065v1i12021p72-77.
Angreini, D., Muhiddin, M., & Nurlina, N. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Bontoramba. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.199.
Artika, I. K. G. W., Darmayasa, I. P., & Ni PT. Dwi Sucita Dartini. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Materi Teknik Dasar Shooting Bola Basket. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 10(2), 56–161. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i2.43109.
Aziz, A. F., Kusumaningsih, W., & Rahmawati, N. D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Strategi Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2). https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i2.5774.
Fitriasari, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Macromedia Flash dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 17–25. https://doi.org/10.22236/imajeri.v4i1.6758.
Gilli, Y., & Dalle, A. (2019). Keefektifan Penggunaan Media Gambar Berseri dalam Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana Bahasa Jerman Siswa. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 3(1), 36–40. https://doi.org/10.26858/eralingua.v3i1.8762.
Gufran, G., & Mataya, I. (2020). Pemanfaatan E-Modul Berbasis Smartphone Sebagai Media Literasi Masyakarat. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(2). https://doi.org/10.36312/jisip.v4i2.1060.
Hasanah, M., Surur, M., & Munawwir, Z. (2023). Pengaruh Model Think-Talk-Write (TTW) Berbasis Kartu Bergambar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X MA Nurul Fata. Jurnal Pendidikan Edutama, 10(2). https://doi.org/10.30734/jpe.v10i2.2504.
Hasibuan, S. F., Dirgeyasa, I. W., & Murni, S. M. (2018). Improving Students’ Achievement In Writing Narrative Text Through Application of Think Talk Write Strategy, (January). https://doi.org/10.2991/aisteel-18.2018.116.
Hutabarat, L. (2021). the Application Think Talk Write Learning Model To Improve Composing Short Stories. Hortatori : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 122–126. https://doi.org/10.30998/jh.v4i2.530.
Izzaturahma, E., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis ADDIE pada Pembelajaran Tema 5 Cuaca untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 216. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38646.
Jamilah Solihah, R. Ading Pramadi, & Meti Maspupah. (2023). Application of the Think Talk Write Learning Model to Improve Argumentation Skills on Ecosystem Materials. Formosa Journal of Sustainable Research, 2(3), 761–776. https://doi.org/10.55927/fjsr.v2i3.3503.
Karmila, M., Munirah, M., & Arief, T. A. (2021). The Effect Of Audio Visual Media-Assisted Conferencing Approach On Students’ Ability To Write Narrative Essay At Grade V Sd Negeri 26 Arungkeke, Kabupaten Jeneponto. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(3). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i3.8244.
Karyati, Z. (2021). Pengaruh Keterampilan Membaca Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar di Kota Tangerang. Jurnal Educatio, 7(3)(3), 1135-1142. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1370.
Kurnia, H. S., & Dwikurnaningsih, Y. (2019). Penerapan Model TTW Berbasis Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema Kebersamaan Pada Siswa Kelas II SDN Kutowinangun 11. Jurnal Basicedu, 3(1), 250 – 256. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.113.
Maslina, A. S. A. A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Dengan Media Audio Visual Pada Tema Selamatkan Makhluk Hidup Di Pendidikan Dasar. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) (Vol. 7). https://doi.org/10.12928/jpsd.v7i1.14467.
Mayang Ayu Sunami, & Aslam. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1–9. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1129.
Mulyani, R., & R, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (Ttw) Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(3). https://doi.org/10.24036/108222-019883.
Nadilah, N., Amin, K. F., & Muin, N. (2022). Model Pembelajaran Tipe Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Phonologie : Journal of Language and Literature, 2(2). https://doi.org/10.26858/phonologie.v2i2.35296.
Nita, O. (2021). Penggunaan Kalimat Efektif dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP), 4(2), 271–280. https://doi.org/10.31539/kibasp.v4i2.2174.
Octavyanti, N. P. L., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 66–74. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223.
Pranata, K., Kartika, Y. W., & Zulherma. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita. Jurnal Basicedu, 5(3), 1271–1276. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.867.
Primayana, K. H., Dewi, P. Y. A., & Gunawan, I. G. D. (2020). Pengaruh Project Based Outdoor Learning Activity Menggunakan Media Audiovisual Terhadap Perilaku Belajar Anak Di Paud. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.25078/pw.v5i2.1720.
Qomariyah, S. S., & Nafisah, B. Z. (2020). Examining Think Talk Write (TTW) Strategy in Students’ Vocabulary Mastery. JOLLT Journal of Languages and Language Teaching, 8(1). https://doi.org/10.33394/jollt.v8i1.2240.
Rabawati, K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Think-Talk-Write Untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Ciri-Ciri Kebahasaan Teks Cerita Ulang Biografi. Mimbar Ilmu, 25(1), 141. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24771.
Safitri, J., Sulistri, E., & Marhayani, D. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif IPA Siswa Kelas V Pada Materi Makanan Sehat Di SD Negeri 09 Danau Peradah. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(4). https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.307.
Sahir, S. H. (2022). Metodologi Penelitian. (M. S. Dr. Ir. Try Koryati, Ed.). Jogjakarta: PENERBIT KBM INDONESIA.
Sari, L. P., Purwita, T. D., Wilujeng, I., & Suyono. (2020). Application of TTW (Think-Talk-Write) learning model using pictorial riddle worksheet to improve students’s conceptual undertstanding abilities. Journal of Physics: Conference Series, 1440(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012057.
Sulistiani, S. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur dengan Model Demonstrasi Siswa Kelas VII -C SMP Negeri 10 Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(1), 146. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v12i1.285.
Susilowati, A. (2023). Penerapan Metode TTW Berbantuan E-LKPD untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis dan Hasil Belajar Materi Surat Pribadi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 397–405. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.560.
Suwarto, M., Yatimah, D., & Komalasari, G. (2021). The Effectiveness of Think Talk Write Learning Model to the Students’ Writing Skills in Indonesian Elementary School. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(6), 115–132. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v8i6.2724.
Ulfah, D. M., & Soenarto, S. (2017). Pengaruh penggunaan media video dan gambar terhadap keterampilan menulis kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 22–34. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.7693.
Wibowo, D. C. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Pantun Menggunakan Model Think Talk Write (TTW) Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 29 Sungai Puang Tahun Pelajaran 2019/2020. JES: Jurnal Eduscience, 8(2). https://doi.org/10.36987/jes.v8i2.2281.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Etty
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.