Metode Index Card Match untuk Meningkatkan Keaktifan dan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PPKn
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v8i3.84331Kata Kunci:
Keaktifan siswa, Motivasi, Metode Index Card MatchAbstrak
Pembelajaran yang efektif ditunjukkan dengan adanya hubungan timbal balik antara siswa dan guru saat proses pembelajaran melalui penggunaan metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Namun ditemukan guru masih menggunakan metode pembelajaran yang tidak melibatkan siswa dan tidak memotivasi siswa untuk aktif belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode index card match untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PPKn Kelas X. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa TPM B kelas X SMK. Metode pengumpulan data menggunakan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode flashcard match dapat meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar siswa yang meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar siswa dari pramenengah (20,58%) hingga Siklus I (61,76%) dan siklus II (82,35%). Simpulan penelitian menunjukkan penerapan metode pembelajaran Index Card Match (ICM) dalam pembelajaran PPKn materi hubungan Pancasila dan UUD 1945 di kelas X dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa. Implikasi penelitian ini yaitu dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga membuat siswa akan aktif, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar.
Referensi
Akhmad AR, A. R., Bayu, G. W., & Sudatha, I. G. W. (2021). Video-Based Learning on PPKn Education with the Topic of Symbols and Meanings of Pancasila. International Journal of Elementary Education, 5(3), 384–392. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i3.36703.
Apgrianto, K., Sujana, I. M., Syahrial, E., Saputra, A., & Khotimah, K. (2021). Deploying 4C of 21st Century Learning Based on Authentic Materials for Advanced Grammar Classes. Proceedings of the 2nd Annual Conference on Education and Social Science (ACCESS 2020), 556. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210525.094.
Devi, M. I. S., Abadi, I. B. G. S., & Agung, A. A. G. (2022). Improving Students’ Science Knowledge Competence through the Implementation of Index Card Match Type of Cooperative Learning Model. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(4), 696–704. https://doi.org/10.23887/jisd.v6i4.54755.
Ertin, L. K. N., Bunga, Y. N., & Galis, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan Jigsaw Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA N 2 Maumere. Spizaetus: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 2(3), 9. https://doi.org/10.55241/spibio.v2i3.38.
Jumainah, J., Paramansyah, A., Rohmiyati, Y., & Boari, Y. (2023). The Relationship Analysis Between The Index Card Match Learning Model and Students’ Activeness and Memorizing Capability. Journal on Education, 6(1), 1369–1374. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3090.
Kaharuddin, A., & Tulak, T. (2022). Pengaruh Sifat Percaya Diri dan Keaktifan Belajar Di Kelas Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Wawotobi. Elementary Journal : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 135–142. https://doi.org/10.47178/elementary.v4i2.1456.
Kuslulat, N. . (2023). Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Dan Motivasi Belajar Siswa. Learning : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 26–32. https://doi.org/10.51878/learning.v3i1.2029.
Landmann, H., & Rohmann, A. (2020). Being moved by protest: Collective efficacy beliefs and injustice appraisals enhance collective action intentions for forest protection via positive and negative emotions. Journal of Environmental Psychology, 71(June), 101491.1-12. https://doi.org/10.1016/j.jenvp.2020.101491.
Maira, W., Raihani, F., & Nurma, N. (2022). Penerapan model project based learning dengan pendekatan TPACK untuk meningkatkan keaktifan peserta didik kelas VI SD 55/I Sridadi pada mata pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12313–12321. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10457.
Muflihah, A. (2021). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Index Card Match pada Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 152–160. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i01.86.
Pramudyanti, Okta Nabilla, I., & Maulina, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Kolaborasi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioterdidik : Wahana Ekspresi Ilmiah, 8(2), 66–75. https://doi.org/10.23960/jbt.v8.i2.08.
Pratama, H. R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V SD Negeri 52 Kota Bengkulu. Journal of Primary Education (JPE), 2(2), 76. https://doi.org/10.29300/jpe.v2i2.7728.
Pristiawati, & Saiman. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Index Card Match Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Negeri 6 Langsa. Jurnal Dimensi Matematika, 4(02). https://doi.org/10.33059/jdm.v4i02.4498.
Purwasih, R., Rahimullaily, R., & Suryani, A. I. (2021). Blended Learning Model in Improving 4C Abilities of Information System Students. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(4), 742–753. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i4.30939.
Putri, A., & Tirtoni, F. (2022). Literature Study Of The Effect Of Make a Match Learning Model Assisted With Index Card Match (ICM) Media to Improve Cognitive Learning Outcomes In Civics Learning Elementary School Student. Academia Open, 6. https://doi.org/10.21070/acopen.6.2022.1876.
Putriningsih, N. K., & Putra, M. (2021). Media Pop-Up Book Berorientasi Pendekatan Saintifik pada Muatan Pelajaran PPKn Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 131–139. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32686.
Raipartiwi, N. K. (2022). Penerapan metode index card macth (INDEX CARD MATCH) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(4), 589–598. https://doi.org/10.5281/zenodo.6203533.
Sukarini, K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 48–56. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347.
Sukmawati, I., & Ghofur, M. A. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning Terintegrasi Keterampilan 4C untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Paedagogy, 10(4), 1020–1033. https://doi.org/10.33394/jp.v10i4.8626.
Syamsiah, S. (2024). Comparative of Student Learning Outcomes: Practice Rehearsal Pairs Learning Strategy with Index Card Match. Journal of Academic Biology and Biology Education, 1(1), 10–18. https://doi.org/10.37251/jouabe.v1i1.1013.
Taufiqurrahman, M. (2023). Pembelajaran Abad-21 Berbasis Kompetenci 4C Di Perguruan Tinggi. Progressa: Journal of Islamic Religious Instruction, 7(1), 77–89. https://doi.org/10.32616/pgr.v7.1.441.77-89.
Zakiah, N. E., & Fajriadi, D. (2020). Management of authentic assessment in mathematics lessons to develop 4C skills. Journal of Physics: Conference Series, 1613(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1613/1/012050.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Nani Mediatati
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.