Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berorientasi Pendidikan Karakter Terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa kelas V
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17957Keywords:
picture and picture, motivasi, IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar IPS antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture berorientasi pendidikan karakter dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD di Gugus I Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus I Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 223 orang. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Cepaka berjumlah 31 orang dan siswa kelas V SDN 4 Kaba-Kaba berjumlah 32 orang. Data motivasi belajar IPS dikumpulkan dengan instrumen berupa kuesioner. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung = 4,644 dan ttabel (pada taraf signifikansi 5%) = 2,000. Hal ini berarti bahwa thitung > ttabel, sehingga dapat diinterpretasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar IPS antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture berorientasi pendidikan karakter dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Dari rata-rata gain skor kelompok eksperimen adalah 0,50 dan kelompok kontrol adalah 0,35. Hal ini berarti bahwa rata-rata gain skor kelompok eksperimen > rata-rata gain skor kelompok kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Berorientasi Pendidikan Karakter berpengaruh terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas V di Gugus I Kecamatan Kediri Kabupaten TabananReferences
Agung, A.A.Gede. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Aditya Media Publishing.
Alfarisi, Salman., Moh. Hafidz., M.Sahid. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas VII di SMP Negeri 1 Sreseh”. Civic-Culture Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya. Tersedia pada http://jurnal.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/CC/article/view/667 (diakses pada tanggal 13 Mei 2019).
Berkowitz, Marvin W. 2015. “Understanding Effective Character Education”. ResearchGate. Tersedia pada https://www.researchgate.net/publication/265068585 (diakses pada tanggal 2 Februari 2019).
Gunawan, Rudy. 2013. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Jakarta: Alfabeta.
Hidayati., Mujinem., Anwar Senen. 2010. Pengembangan Pendidikan IPS SD 3 SKS. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Judiani, Sri. 2010. “Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Tersedia pada https://media.neliti.com/media/publications/138571-none-00c891f5.pdf (diakses pada tanggal 4 Mei 2019).
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Yogyakarta: Kata Pena.
Lubis, Renni Ramadhani. 2017. Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Artikel disajikan dalam Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, tanggal 27 Oktober 2017
Ngalimun., H. Muhammad Fauzani., Ahmad Salabi. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Pressindo.
Nurhayati. 2008. “Studi Perbandingan Metode Sampling Antara Simple Random Dengan Stratified Random”. Jurnal Berbasis Data, ICT Research Center UNAS. Tersedia pada http://old.unas.ac.id/download.php?file=Basis_Data_Vol_3_No_1_2008_list3.pdf (diakses pada tanggal 5 Mei 2019).
Saptono. 2011. Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter Wawasan, Strategi, dan Langkah Prakits. Jakarta: Erlangga
Sundari, Nina. 2013. “Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar”. Eduhumaniora. Tersedia pada http://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/view/2836 (diakses pada tanggal 25 Januari 2019)
Wibowo, Slamet. 2015. “Peningkatan Motivasi Belajar dalam Pembelajaran IPS melalui Strategi Role Playing pada Siswa Kelas IV Semester II SDN Sumberan Tahun 2014/2015. Electronic Theses and Dissertations Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tersedia pada http://eprints.ums.ac.id/39584/2/1.%20HALAMAN%20DEPAN%20SKRIPSI%20A54E131004%20SLAMET%20WIBOWO%20ROLE%20PLAYING.pdf (diakses tanggal 2 Februari 2019).
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Bengkulu: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)