ANALISIS ASESMEN PROYEK DALAM PEMBELAJARAN PKN BERORIENTASI PENDIDIKAN NILAI TERHADAP SIKAP SOSIAL DAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17963Keywords:
asesmen proyek, pendidikan nilai, sikap sosial, hasil belajar PKnAbstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis perbedaan secara bersama-sama sikap sosial dan hasil belajar antara kelompoksiswa yang diberikan APMKN dan kelompok siswa yang diberikan MPK; (2) menganalisis perbedaan sikap sosial siswa
antara kelompok siswa yang diberikan asesmen proyek dalam pembelajaran PKn berorientasi pendidikan nilai (APMKN) dan
kelompok siswa yang diberikan model pembelajaran konvensional (MPK); dan (3) menganalisis perbedaan hasil belajar
antara kelompok siswa yang diberikan (APMKN) dan kelompok siswa yang diberikan MPK. Penelitian ini merupakan kuasi
eksperimen. Data yang dikumpulkan adalah sikap sosial dengan angket sikap sosial, dan hasil belajar PKn dengan tes. Teknik
analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial MANOVA satu jalur. Hasil penelitian
menunjukkan (1) terdapat perbedaan yang signifikan sikap sosial dan hasil belajar PKn secara bersama-sama antara
kelompok siswa yang diberikan APMKN dan kelompok siswa yang diberikan MPK; (2) terdapat perbedaan yang signifikan
sikap sosial antara kelompok siswa yang diberikan APMKN dan kelompok siswa yang diberikan MPK. Hasil belajar PKn
kelompok siswa yang diberikan APMKN lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diberikan MPK; dan (3) terdapat
perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn antara kelompok siswa yang diberikan APMKN dan kelompok siswa yang
diberikan MPK. Kepada Guru PKn, disarankan mencoba menerapkan asesmen proyek dalam pembelajaran teknik klarifikasi
nilai pada pembelajaran PKn.
References
Candiasa, I M. 2004. Statistik Multivariat Dilengkapi Aplikasi dengan SPSS. Singaraja: Unit Penerbitan IKIP Negeri
Singaraja.
Dantes, N. 2012. “Perspektif dan Kebijakan Pendidikan Menghadapi Tantangan Global.” Makalah, Disampakaian pada
Pelatihan Dosen Muda Undiksha, 5 Nopember.
Elmubarok, Z. 2009. Menumbuhkan Pendidikan Nilai: Mengumpulkan yang Terserak, Menyambung yang Terputus, dan
Menyatukan yang Tercerai. Bandung: Alfabeta.
Kalih, I K. 2011. ”Pengaruh Implementasi Teknik Klarifikasi Nilai (TKN) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan
Kewarganegaraan Ditinjau dari Sikap Sosial Siswa (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3
Negara).” Tesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Lasmawan, W. 2004. ”Pengembangan Model Pendidikan Berdemokrasi dalam Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar.”
Laporan Penelitian, (tidak diterbitkan), IKIP Negeri Singaraja.
Linda, N. Eyre, Richard. 1995. Teaching Your Children Values. New York: Simon sand Chuster.
Likert, R. 1991. Organisasi Manusia. Terjemahan oleh P. Suratno. Jakarta: Erlangga.
Muslich, M. 2009. KTSP: Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.
Purwanto, M. N. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Poerwanti, E., Widodo, E., Masduki, Pamtiwati, Y., Rofieq, A., Uoto, D. P. 2008. Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta:
Departemen Pendidikan Nasional.
Raths, L.E., Harmin, M. dan Simon. 1978. Value and Teaching: Working With values in the Classrom. Second Edition.
Columbus: Charles E. Merril Publishing Company.
Seifert, K. 2012. Pedoman Pembelajaran & Instruksi Pendidikan. Diterjemahkan oleh Yusuf Anas. Jogyakarta: IRCiSoD.
Sarapung, N. E. 2010. “Penerapan Model Pembelajaran VCT Berbasis Multicultural Guna Meningkatkan Prestasi Belajar
Agama Kristen pada Siswa SMAK Soverdin Tuban.” Tesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Sudiana, I N. 2010. “Pengaruh Metode Pembelajaran Teknik Klarifikasi Nilai (TKN) Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan
Kewarganegaraan Ditinjau dari Sikap Politik pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Petang.” Tesis, Universitas
Pendidikan Ganesha,.
Syah, M. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press.
Umbara, S.P. 2011. “Pengaruh Penerapan Asesmen Proyek Terhadap Prestasi Belajar IPS Ditinjau dari Sikap Sosial (Studi
Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Tegallalang).” Tesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Zuriah, N. 2008. Pendidikan Moral & Budi Pkerti Dalam Perspektif Perubahan, Menggagas Platform Pendidikan Budi
Pekerti Secara Kontekstual dan Futuristik. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)