PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22359Keywords:
Quantum Teaching, Keterampilan Menulis, Multimedia.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan keterampilan menulis antara kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan model quantum teaching berbantuan multimedia interaktif dan siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian meliputi seluruh kelas V SDN Gugus V Jenderal Sudirman Kecamatan Denpasar Selatan pada semester genap sebanyak 331 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VA SDN 6 Sesetan sebanyak 45 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SDN 2 Serangan sebanyak 38 siswa sebagai kelompok kontrol. Data penelitian dikumpulkan dengan metode tes isian. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji-t. Hasil analisis data pada taraf signifikansi 5% (dk=81 dengan thitung = 3,70 dan ttabel = 2,00) yaitu Ho ditolak, dan rata-rata nilai siswa yang belajar dengan menggunakan model quantum teaching berbantuan multimedia interaktif, yaitu 80,24 dan siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional, yaitu 74,84. Maka terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan menulis antara kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan model quantum teaching berbantuan multimedia interaktif dan siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan model quantum teaching berbantuan multimedia interaktif berpengaruh terhadap keterampilan menulis siswa kelas V SDN Gugus V Jenderal Sudirman Kecamatan Denpasar Selatan tahun ajaran 2018/2019.
References
Agung, Gede. 2014. Buku Ajar Metodelogi Penelitian Pendidikan. Malang : Aditya Media Publishing.
Arfiyani. 2015. “Pengimplementasian Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar” Tersedia pada : http://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/22 (diakses pada 26 Desember 2018).
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
DePorter, Bobbi. 2010. Quantum Teaching. Bandung : PT Mizan Pustaka.
Miftahul. 2010. Quantum Teaching (Buku Pintar dan Praktis). Yogjakarta : Diva Press.
Mulyati, dkk. 2008. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta : Universitas Terbuka.
Permendikbud No. 27 Tahun 2017 tentang Standar Kompetensi Lulusan Kursus. 2017. Jakarta: Dapartemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Permendikbud No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. 2014. Jakarta: Dapartemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Rahayu, Arum Putri. 2015. Menumbuhkan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar dalam Pendidikan dan Pengajaran. Jurnal Paradigma Volume 2, Nomor 1, Hal. 1-15. Tersedia Pada: http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/paradigma/article/view/886/644. (diakses pada 5 Januari 2019).
Rusman. 2017. Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.
Sari, Santika Damayanti, Wagiran, Imam Baehaqie. 2016. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Melalui Model Think Talk Write dengan Pemanfaatan Media Kliping Foto Jurnalistik pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 8 Batang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra IndonesiaVol. 5 No. 1 Hal. 25-30. Tersedia Pada: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi. (diakses pada 5 Januari 2019).
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitan Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Supramono. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum (Quantum Teaching) Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas III SD YPS Lawewu Kecamatan Nuha Kabupaten Luwu Timur” Tersedia pada : http://ojs.unm.ac.id/nalar/article/download/2401/1886 (diakses pada 5 Januari 2019).
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenadamedia Group.
Susilana, dkk. 2007. Media Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima.
Tarigan, Guntur. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : CV Angkasa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)