Meta-Analisis Media Pembelajaran pada Pembelajaran Biologi
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24079Keywords:
meta analisis, media pembelajaran, biologiAbstract
Latar belakang metanalisis ini adalah masih banyak guru/dosen masih belum mampu mengembangkan media pembelajaran yang efektif dan efisien khususnya untuk pendidikan biologi. Sehingga perlu dilakukan analisis artikel dari hasil-hasil penelitian terdahulu untuk memahami media yang tepat untuk pembelajaran biologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) jenis penelitian yang terkait dengan media pembelajaran biologi; (2) effect size media pembelajaran biologi berdasarkan tingkat Pendidikan; (3) effect size media pembelajaran biologi berdasarkan jenis media; (4) effect size media pembelajaran biologi berdasarkan materi yang digunakan sebagai konten pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah meta analisis (Glass, 1981). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) jenis penelitian yang terkait dengan media pembelajaran biologi antara lain eksperimen, R & D, deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif; (2) effect size media pembelajaran biologi berdasarkan tingkat pendidikan terbaik pada SMP/MTs (1,00) masuk kategori tinggi; (3) effect size media pembelajaran biologi berdasarkan jenis media terbaik pada multimedia (1,00) masuk kategori effect size dengan pengaruh yang tinggi; (4) effect size media pembelajaran biologi berdasarkan materi terbaik pada Spermathopyta (2,00) masuk kategori effect size dengan pengaruh yang tinggi. Berdasarkan simpulan tersebut dapat disarankan untuk penelitian selanjutnya sebaiknya: (1) penelitian media pembelajaran dikembangkan dengan R & D dengan pengujian yang lebih lengkap dan lebih baik; (2) implementasi media pembelajaran terbaik diperoleh dari penelitian pada tingkat Pendidikan SMP/MTs, pada SMA dan PT dapat dilakukan analisis kebutuhan yang lebih mendalam agar media yang digunakan benar-benar efektif dan sesuai dengan psikologi dan kecenderungan pola belajarnya; dan (3) multimedia merupakan media pembelajaran yang paling efektif, multimedia selanjutnya dapat dikembangkan berupa multimedia yang daring, blended, atau berbasis android sehingga lebih mudah diakses oleh peserta didikReferences
DAFTAR PUSTAKA
Agus Ariyanto, Desy Fajar Priyayi, & Lusiawati Dewi. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta Salatiga. BIOEDUKASI Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 1-13.
Arif Didik Kurniawan, Nuri Dewi Muldayanti, & Banita Eka Putri. (2018). DEVELOPING FLASH MEDIA OF QURANIC-BASED HUMAN REPRODUCTION SYSTEM MATERIAL. JPBI (JURNAL PENDIDIKAN BIOLOGI INDONESIA), 4(3), 235-242.
Arifah Novia Arifin, Aldi, dan Fiska Indah Reski. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Genetic Vocabulary. Jurnal Sainsmat, 7(2), 177-184.
Candra Utama, Sri Kentjananingsih, & Yuni Sri Rahayu. (2014). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA DENGAN MENGGUNAKAN MODELDIRECT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Jurnal Pena Sains, 1(1), 29-40.
Glass, G.V., McGraw B., & Smith, M.L. (1981). Meta-Analysis in Social Research. Sage Publication.
Heinich. (2002). Intructional Media and Technology for Learning 7th edition. New Jersey: Prentice Hall, Inc.
Intan Nur Cahya Mukti & Heru Nurcahyo. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbantuan Komputer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 137-149.
Intan Nur Cahya Mukti & Heru Nurcahyo. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbantuan Komputer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 137-149.
Karno, R. (2015). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PROFESIONAL 8. Jurnal Ilmiah Edu Research, 2(1), 79-84.
Meta Puspa Sari, Siti Huzaifah, dan Lucia Maria Santoso. (2017). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 9 PALEMBANG. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendiikan MIPA, 7(3), 30-36.
Muhammad Isnaini, Indah Wigati, Resti Oktari. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TORSO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA DI SMP NEGERI 19 PALEMBANG. Jurnal Biodata, 2(1), 82-91.
Nurhikmah H, Suradi Tahmir, Muhammad Junda, & Baso Asrul N. Bena. (2018). Blended Learning Media in Biology Classroom. Journal of Physics: Conf. Series 1028, 2, 1-4.
P. Oktap Indrawan, M. Indra Wira Pramana, & K. Dwi Hendratma Gunawan. (2019). Developing Tri Kaya Parishida Based Blended Learning Media Using Adobe Captive for Probstat Courses. Journal of Educational Research and Evaluation, 3(3), 157-171.
Primadya Anantyarta & Ririn Listya Ika Sari. (2017). KETERAMPILAN KOLABORATIF DAN METAKOGNITIF MELALUI MULTIMEDIA BERBASIS MEANS ENDS ANALYSIS COLLABORATIVE AND METACOGNITIVE SKILLS THROUGH MULTIMEDIA MEANS ENDS ANALYSIS BASED. Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi, 2(2), 33-43.
Rena Agustina & Harun Sitompul. (2015). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 2(1), 1-14.
Siti Muyaroah & Mega Fajartia. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 79-83.
Tasmalina & Pandu Prabowo. (2018). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sub Materi Spermatophyta di SMA Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2015/2016. BEST Journal, 1(1), 14-20.
Trio Ageng Prayitno & Nuril Hidayati. (2017). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERMUATAN MATERI MIKROBIOLOGI BERBASIS EDMODO ANDROID. Bioilmi, 3(2), 86-93.
Windy Agus Setiasih & Dimara Kusuma Hakim. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Pokok Bahasan Ekosistem Guna Peningkatan Prestasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sumbang. JUITA, 2(1), 9-20.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)