PENGEMBANGAN MEDIA PRESENTASI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AGAMA HINDU UNTUK SISWA KELAS IV SEMESTER GENAP DI SDN 1 BAKTISERAGA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v1i2.1157Abstract
Media presentasi pembelajaran untuk mata pelajaran Agama Hindu merupakan media yang belum adadan perlu dikembangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan rancang bangunmedia presentasi pembelajaran Agama Hindu, dan kualitas pengembangan media menurut review ahli,dan uji coba yang dilakukan oleh siswa. Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan iniadalah model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari lima tahapan, yaitu tahap analisis, desain,pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Kelima tahapan model pengembangan ini, dijadikan acuandalam memproduksi, dan memvalidasi media presentasi pembelajaran yang dikembangkan. Validasimedia presentasi pembelajaran dilakukan oleh ahli ahli isi mata pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahlimedia pembelajaran, dan siswa, melalui uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, serta uji cobalapangan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner, dan metode pengumpulandatanya adalah metode angket/kuesioner. Untuk menganalisis data digunakan analisis deskriptifkualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini adalah deskripsi rancang bangun mediapresentasi pembelajaran, mulai dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi;serta hasil validasi media yang dilakukan oleh para ahli, dan siswa. Hasil validasi media yang dilakukanoleh: 1) ahli isi mata pelajaran berada pada kategori sangat baik, dengan persentase 93,3%; 2) ahlidesain pembelajaran berada pada kategori sangat baik, dengan persentase 90%; 3) ahli mediapembelajaran berada pada kategori baik, dengan persentase 76,67%; serta 4) uji coba perorangan, ujicoba kelompok kecil, dan uji coba lapangan berada pada kategori sangat baik, dengan rincianpersentase sebagai berikut. Uji coba perorangan 91,33%, uji coba kelompok kecil 91,97%, dan uji cobalapangan 92,14%.Kata kunci: pengembangan, media presentasi pembelajaran, agama HinduDownloads
How to Cite
Desak Putu Parmiti, N. P. I. K. D. I. M. T. (2013). PENGEMBANGAN MEDIA PRESENTASI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AGAMA HINDU UNTUK SISWA KELAS IV SEMESTER GENAP DI SDN 1 BAKTISERAGA. Jurnal Edutech Undiksha, 1(2). https://doi.org/10.23887/jeu.v1i2.1157
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)