PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PRESENTASI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SEMESTER II DI SD NEGERI 1 BATUAGUNG KECAMATAN JEMBRANA TAHUN PELAJARAN 2012/2013
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v1i2.1249Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah nilai siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesiarendah, pembelajaran bersifat konvensional, dan media yang mendukung pada mata pelajaranBahasa Indonesia belum tersedia. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui desainpengembangan multimedia presentasi pembelajaran dalam unsur menulis pada mata pelajaranBahasa Indonesia dan (2) mengetahui kualitas hasil penelitian dan pengembangan MultimediaPresentasi Pembelajaran dilihat dari hasil kegiatan validasi dari ahli isi bidang studi BahasaIndonesia, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, uji perorangan, uji kelompokkecil dan uji lapangan. Model yang digunakan adalah model Hannanfin and Peck. Subjek ujicoba terdiri dari satu ahli isi bidang studi, satu ahli desain pembelajaran, satu ahli mediapembelajaran, 6 siswa untuk uji coba perorangan, 12 siswa untuk uji coba kelompok kecil, dan30 siswa untuk uji coba lapangan. Data yang dikumpulkan adalah data dari uji ahli materipembelajaran, uji ahli desain pembelajaran, uji ahli media pembelajaran dan uji coba siswamelalui instumen pengumpulan data berupa kuesioner. Analisis data menggunakan dua teknikyaitu teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif. DesainPengembangan Multimedia Presentasi Pembelajaran ini terdiri dari mengembangkan FlowChart dan Storyboard. Kualitas Storyboard ditinjau dari (1) aspek isi bidang studi BahasaIndonesia termasuk kriteria sangat baik dengan persentase tingkat pencapaian 92,27% (2)aspek media pembelajaran termasuk kriteria baik dengan persentase tingkat pencapaian 88%.Kualiatas Multimedia Presentasi Pembelajaran ditinjau dari (1) aspek isi bidang studi BahasaIndonesia termasuk kriteria sangat baik dengan persentase tingkat pencapaian 92,85% (2)aspek desain pembelajaran termasuk kriteria sangat baik dengan persentase tingkatpencapaian 90%, (3) aspek media pembelajaran termasuk kriteria baik dengan persentasetingkat pencapaian 85,45%, (4) uji coba perorangan termasuk kriteria baik dengan persentasepencapaian 88,89%, (5) uji coba kelompok kecil termasuk kriteria sangat baik denganpersentase pencapaian 92,78%, (6) uji coba lapangan termasuk kriteria sangat baik denganpersentase pencapaian 91,64%.Kata Kunci: pengembangan, multimedia presentasi, bahasa indonesiaDownloads
Published
2013-08-20
How to Cite
I Nyoman Jampel, G. A. P. S. S. I. M. T. (2013). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PRESENTASI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SEMESTER II DI SD NEGERI 1 BATUAGUNG KECAMATAN JEMBRANA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Jurnal Edutech Undiksha, 1(2). https://doi.org/10.23887/jeu.v1i2.1249
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)