PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELASVIII SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2012/2013 DI SMP NEGERI 2 SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v1i2.1432Abstract
Multimedia pembelajaran untuk mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VIII Semester II di SMP Negeri 2 Singaraja adalah media yang belum ada. Permasalahan yaitu rendahnya nilai rata-rata siswa dan tidak adanya media pembelajaran yang digunakan untuk menunjang proses pembelajaran. Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian adalah untuk mendeskripsikan proses rancang bangun dan kualitas hasil pengembangan multimedia pembelajaran interaktif. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian pengembangan Luther yang meliputi konsep , desain, pengumpulan bahan materi, percobaan, dan distribusi. Subyek validasi produk terdiri dari ahli isi mata pelajaran, ahli media pembelajaran, dan ahli desain pembelajaran. Selanjutnya produk diujicobakan kepada siswa melalui tiga tahap yaitu uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data adalah kuisioner/angket. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah mendeskripsikan proses rancang bangun dan kualitas hasil pengembangan. Kualitas hasil pengembangan media pembelajaran interaktif diperoleh berdasarkan data dari kuisioner yang kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan dikonversi ke dalam PAP skala 5. Hasil analisis menunjukkan: (1) kualitas media ditinjau dari ahli isi mata pelajaran dengan persentase 93% (sangat baik), (2) kualitas media ditinjau dari aspek desain pembelajaran dengan persentase 88% (baik), (3) kualitas media ditinjau dari aspek media pembelajaran dengan persentase 92% (sangat baik), (4) uji coba perorangan dengan persentase 94% (sangat baik), uji coba kelompok kecil dengan persentase 94,63% (sangat baik), dan uji coba lapangan dengan persentase 92,33% (sangat baik).
Kata kunci: pengembangan, multimedia pembelajaran interaktif, pendidikan kewarganegaraan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)