PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PRESENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK KELAS III SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2012/2013 DI MIN SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v1i2.1458Abstract
Masalah yang ditemukan di MIN Singaraja guru kesulitan dalam menyediakan media yangmenyajikan materi tentang pembelajaran tematik yang lengkap. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui rancang bangun pengembangan multimedia presentasi pembelajaran tematik denganmetode pengembangan model Luther yang dimulai tahap concept, tahap design, tahap materialscollecting, tahap assembly, tahap testing, dan tahap distribution serta untuk mengetahui kelayakansuatu produk multimedia presentasi pembelajaran tematik yang digunakan kelas III di MIN Singarajamelalui uji coba. Metode yang digunakan untuk menganalisis kebutuhan berupa metode wawancaradengan instrumen pengumpulan data berupa kuesioner. Subjek uji coba penelitian ini terdiri dari satuahli isi mata pelajaran, satu ahli desain pembelajaran, satu ahli media pembelajaran, 6 siswa untukuji coba perorangan, dan 12 siswa untuk uji coba kelompok kecil. Data dianalisis denganmenggunakan dua teknik yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptifkuantitatif. Penelitian ini menghasilkan produk pengembangan berupa CD multimedia presentasipembelajaran yang layak pakai pada Mata Pelajaran Tematik kelas III di MIN Singaraja. Hasil uji ahliisi dan ahli media pembelajaran menilai media berada pada kualifikasi sangat baik. Ahli desainpembelajaran menilai media berada pada kualifikasi baik. Hasil uji coba perorangan dan kelompokkecil menunjukkan media berada pada kualifikasi sangat baik.Kata kunci: pengembangan, multimedia presentasi, pembelajaran tematik, model LutherDownloads
Published
2013-08-27
How to Cite
I K. Sudarma, F. I. I. W. S. (2013). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PRESENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK KELAS III SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2012/2013 DI MIN SINGARAJA. Jurnal Edutech Undiksha, 1(2). https://doi.org/10.23887/jeu.v1i2.1458
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)