PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA AUTHORWARE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SEMESTER I
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v1i2.1499Abstract
Multimedia pembelajaran berbasis macromedia authorware pada mata pelajaran IPAkelas VIII semester I ini dikembangkan karena ketersediaan media untuk IPA belum adadan juga guru kurang bias untuk mengembangkan media. Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan desain pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasismacromedia authorware pada mata pelajaran IPA untuk siswa kelas VIII semester I diSMP Negeri 4 Singaraja dan menguji kualitas multimedia pembelajaran interaktifberbasis macromedia authorware pada mata pelajaran IPA untuk siswa kelas VIIIsemester I di SMP Negeri 4 Singaraja, yang nantinya menghasilkan suatu produk yaituCD-Multimedia pembelajaran interaktif. Penelitian ini merupakan penelitianpengembangan dengan menggunakan model PBK (Pembelajaran BerbantuanKomputer). Tahapannya meliputi konsept, design, collecting materials, assembly, testing,distribution. Subyek validasi produk terdiri dari ahli isi mata pelajaran, ahli mediapembelajaran, dan ahli desain pembelajaran. Selanjutnya produk diujicobakan kepadasiswa melalui tiga tahap yaitu uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji lapangan.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pencatatan dokumen danangket, dengan menggunakan instrumen berupa laporan perkembangan produk dankuesioner. Teknik analisis data yang digunakan ada dua yaitu teknik analisis deskriptifkuantitatif dan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitumendeskripsikan desain pengembangan multimedia pembelajaran interaktif dan kualitasmultimedia pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Authorware pada MataPelajaran IPA untuk Siswa Kelas VIII Semester I di SMP Negeri 4 Singaraja TahunPelajaran 2012/2013. Desain pengembangan multimedia interaktif menghasilkanflowchart dan storyboard. Kualitas multimedia interaktif adalah: (1) menurut review ahli isimata pelajaran menunjukkan kategori sangat baik (94,28%), (2) menurut review ahlidesain pembelajaran berada pada kategori sangat baik (92,73%), (3) menurut review ahlimedia pembelajaran menunjukkan kategori baik (85%), (4) berdasarkan uji cobaperorangan menunjukkan kategori sangat baik (92,7%), (5) berdasarkan uji cobakelompok kecil berada pada kategori sangat baik (94%), dan (6) berdasarkan uji cobalapangan menunjukkan kategori sangat baik (94,11%).Kata-kata kunci : pengembangan, multimedia interaktif, mata pelajaran IPADownloads
Published
2013-09-02
How to Cite
Luh Putu Putrini Mahadewi, K. S. I. W. R. S. (2013). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA AUTHORWARE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SEMESTER I. Jurnal Edutech Undiksha, 1(2). https://doi.org/10.23887/jeu.v1i2.1499
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)