PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SERIRIT TAHUN PELAJARAN 2012/2013 SEMESTER GANJIL
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v1i2.1501Abstract
Media Video Pembelajaran untuk mata pelajaran Matematika pada kelas V di SDNegeri 2 Seririt adalah media yang belum ada dan perlu dikembangkan. Tujuanpenelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan media videopembelajaran dan kelayakan video pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitianpengembangan yang menggunakan model Pembelajaran Berbantuan Komputer(PBK). Tahapannya meliputi tahap concept, design, collecting materials, assembly,test drive dan distribution. Pada tahap validasi, produk divalidasi melalui review olehpara ahli dan validasi produk kepada siswa. Instrumen pengumpulan data adalahkuisioner/angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatifdan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah deskripsi prosespengembangan media video pembelajaran dan kelayakan video pembelajaran dalammata pelajaran Matematika pada kelas V semester ganjil di SD Negeri 2 Seririt.Proses pengembangan video pembelajaran dijelaskan melalui tahapan-tahapan darimodel Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK). Kelayakan pengembangan videopembelajaran diperoleh berdasarkan data dari angket yang kemudian dianalisissecara deskriptif kuantitatif dan dikonversi ke dalam PAP tingkat ketercapaian skala5. Tinjauan ahli isi mata pelajaran mencapai 86% katagori baik, tinjauan ahli mediapembelajaran mencapai 85% katagori baik, tinjauan ahli desain pembelajaranmencapai 92% katagori sangat baik, validasi perorangan mencapai 98,05% katagorisangat baik, validasi kelompok kecil mencapai 88% katagori baik, dan validasilapangan mencapai 94,5% katagori sangat baik.Kata kunci: pengembangan, model Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK), videopembelajaran, Bahasa Indoesia.Downloads
Published
2013-09-02
How to Cite
Ign. Wayan Suwatra, A. S. I. N. J. (2013). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SERIRIT TAHUN PELAJARAN 2012/2013 SEMESTER GANJIL. Jurnal Edutech Undiksha, 1(2). https://doi.org/10.23887/jeu.v1i2.1501
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)