PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2012/2013 SMPN 2 KERAMBITAN TABANAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v1i2.1502Abstract
Media pembelajaran audio visual adalah media yang belum ada dan perlu untukdikembangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkahpengembangan dan hasil validasi pengembangan media pembelajaran audio visualdalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada kelas VIII semester II di SMPN2 Kerambitan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakanmodel Hannafin and Peck. Fase-fase dari model ini meliputi fase analisis kebutuhan, fasedesain dan fase pengembangan dan implementasi . Pada tahap uji coba produk, mediapembelajaran audio visual di uji coba melalui review oleh para ahli dan uji coba kepadasiswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini untuk pengumpulan data adalahkuisioner. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptifkuantitatif. Hasil penelitian ini adalah langkah-langkah pengembangan dan hasil validasipengembangan media pembelajaran audio visual dalam mata pelajaran PendidikanKewarganegaraan pada kelas VIII semester II di SMPN 2 Kerambitan. Langkah-langkahpengembangan media pembelajaran audio visual dijelaskan melalui fase-fase darimetode Hannafin and Peck. Hasil validasi pengembangan media pembelajaran audiovisual diperoleh berdasarkan analisis deskriptif kuantitatif dari angket yang dikonversi kedalam konversi tingkat pencapaian skala 5. Review ahli isi mata pelajaran mengenainaskah mencapai 92% katagori sangat baik, review ahli media pembelajaran mengenainaskah mencapai 82,22% katagori baik, review ahli desain pembelajaran mengenainaskah mencapai 81,67% katagori baik. Review ahli isi mata pelajaran mengenai kualitasmedia audio visual mencapai 93% katagori sangat baik, review ahli media pembelajaranmengenai kualitas media audio visual mencapai 82,5% katagori baik, review ahli desainpembelajaran mengenai kualitas media audio visual mencapai 86,2% katagori baik. Ujicoba perorangan mencapai 84,67% katagori baik, uji coba kelompok kecil mencapai 89%katagori baik, dan uji coba lapangan mencapai 87,70% katagori baik.Kata kunci: pengembangan, model Hannafin and Peck, media audio visual, pendidikankewarganegaraan.Downloads
Published
2013-09-02
How to Cite
I Nyoman Wirya, M. T. P. W. R. S. (2013). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2012/2013 SMPN 2 KERAMBITAN TABANAN. Jurnal Edutech Undiksha, 1(2). https://doi.org/10.23887/jeu.v1i2.1502
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)