PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2012/2013 SMPN 2 KERAMBITAN TABANAN

Authors

  • Made Tirta Pertiwi, Wayan Romi Suditha, I Nyoman Wirya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v1i2.1502

Abstract

Media pembelajaran audio visual adalah media yang belum ada dan perlu untukdikembangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkahpengembangan dan hasil validasi pengembangan media pembelajaran audio visualdalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada kelas VIII semester II di SMPN2 Kerambitan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakanmodel Hannafin and Peck. Fase-fase dari model ini meliputi fase analisis kebutuhan, fasedesain dan fase pengembangan dan implementasi . Pada tahap uji coba produk, mediapembelajaran audio visual di uji coba melalui review oleh para ahli dan uji coba kepadasiswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini untuk pengumpulan data adalahkuisioner. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptifkuantitatif. Hasil penelitian ini adalah langkah-langkah pengembangan dan hasil validasipengembangan media pembelajaran audio visual dalam mata pelajaran PendidikanKewarganegaraan pada kelas VIII semester II di SMPN 2 Kerambitan. Langkah-langkahpengembangan media pembelajaran audio visual dijelaskan melalui fase-fase darimetode Hannafin and Peck. Hasil validasi pengembangan media pembelajaran audiovisual diperoleh berdasarkan analisis deskriptif kuantitatif dari angket yang dikonversi kedalam konversi tingkat pencapaian skala 5. Review ahli isi mata pelajaran mengenainaskah mencapai 92% katagori sangat baik, review ahli media pembelajaran mengenainaskah mencapai 82,22% katagori baik, review ahli desain pembelajaran mengenainaskah mencapai 81,67% katagori baik. Review ahli isi mata pelajaran mengenai kualitasmedia audio visual mencapai 93% katagori sangat baik, review ahli media pembelajaranmengenai kualitas media audio visual mencapai 82,5% katagori baik, review ahli desainpembelajaran mengenai kualitas media audio visual mencapai 86,2% katagori baik. Ujicoba perorangan mencapai 84,67% katagori baik, uji coba kelompok kecil mencapai 89%katagori baik, dan uji coba lapangan mencapai 87,70% katagori baik.Kata kunci: pengembangan, model Hannafin and Peck, media audio visual, pendidikankewarganegaraan.

Downloads

Published

2013-09-02

How to Cite

I Nyoman Wirya, M. T. P. W. R. S. (2013). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2012/2013 SMPN 2 KERAMBITAN TABANAN. Jurnal Edutech Undiksha, 1(2). https://doi.org/10.23887/jeu.v1i2.1502

Issue

Section

Articles