KEMAMPUAN SISWA DALAM PELAJARAN BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2011/2012
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v1i1.360Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) tingkat kemampuan siswa terhadap pelajaran biologi dengan menggunakan media pembelajaran berbasis video animasi pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Singaraja dan (2) kendala yang dihadapi siswa dalam memahami pelajaran biologi dengan menggunakan media pembelajaran berbasis video animasi pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Singaraja.
Desain penelitian ini adalah penelitian survei subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Singaraja. Objek dalam penelitian ini yaitu kemampuan siswa terhadap pelajaran biologi dengan menggunakan media pembelajaran berbasis video animasi pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2011/2012. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan kuesioner. Data tingkat kemampuan siswa memahami keanekaragaman mahluk hidup dengan teknik analisis kuantitatif, sedangkan data kendala yang dihadapi oleh siswa dalam memahami keanekaragaman mahluk hidup dengan teknik analisis kualitatif.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, tingkat kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja dalam memahami keanekaragaman mahluk hidup tergolong cukup sesuai dengan kreteria teoretis dan tergolong sedang jika menggunakan kreteria aplikatif di sekolah. Rata–rata skor hasil tes sebesar 75. Sementara itu, penguasaan materi memahami keanekaragaman mahluk hidup tergolong baik ditunjukkan dengan indeks prestasi kelompok sebesar 85. Kedua, kendala siswa kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja adalah belum pernah diberikan pembelajaran menggunakan media video animasi. Kendala terbanyak yang ditemui siswa adalah ketidakserasian antara gambar yang terdapat pada tampilan dan bentuk asli dari gambar tersebut. Kendala lain adalah siswa perlu diputarkan media video animasi lebih dari sekali agar mereka memahami materi dalam video.
Kata kunci: kemampuan siswa, media pembelajaran, video animasi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)