Flipbook Kesehatan di Era Pandemi sebagai Literasi Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.39143Keywords:
Media Flipbook, Pendidikan, Sekolah DasarAbstract
Literasi untuk siswa sekolah dasar merupakan hal yang sangat penting. Dalam masa pandemi seperti yang terjadi di Indonesia sejak tahun 2020 perlu adanya edukasi kesehatan untuk masyarakat, terutama siswa sekolah dasar sebagai bentuk pembahasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media flipbook bertema kesehatan untuk siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan menggunakan model Borg and Gall dengan penyesuaian tahapan pengembangan yaitu pendahuluan, perencanaan, pengembangan draf produk, validasi draf produk, uji coba lapangan awal. Subjek penelitian ini adalah 4 orang guru, 75 siswa dan 45 orang tua siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, dokumentasi, serta penyebaran angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yakni berupa lembar angket kebutuhan, angket validasi, dan angket respon. Berdasarkan hasil angket kebutuhan didapatkan hasil bahwa media flipbook dibutuhkan oleh guru, siswa, dan orang tua siswa dengan kriteria cover depan belakang serta halaman berwarna cerah dengan memilih teks yang lugas sederhana dan teks yang bervariasi. Berdasarkan hasil angket respon didapatkan hasil bahwa media flipbook kesehatan sangat cocok untuk menunjang pembelajaran daring di masa pandemi ini. Untuk memperoleh media flipbook bertema kesehatan, diesuaikan dengan hasil kebutuhan dan respon siswa, guru dan orang tua siswa. Nilai rata-rata validitas media flipbook yang diperoleh adalah 4.90 dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis angket respon dan kebutuhan, maka dapat disimpulkan bahwa media flipbook bertema kesehatan untuk siswa sekolah dasar dinyatakan valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran.
References
Agustina, D. W., & Fitrihidajati, H. (2020). Pengembangan Flipbook Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Submateri Pencemaran Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 9(1), 325–339. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/36757/32588.
Ainiyah, N. (2017). Membangun Penguatan Budaya Literasi Media dan Informasi dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(1), 65–77. https://doi.org/10.35316/jpii.v2i1.63.
Akbar, D. M., & Aidha, Z. (2020). Perilaku Penerapan Gizi Seimbang Masyarakat Kota Binjai pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2020. Menara Medika, 3(1). https://doi.org/10.31869/mm.v3i1.2193.
Amalia, L., Irwan, I., & Hiola, F. (2020). Analisis Gejala Klinis dan Peningkatan Kekebalan Tubuh untuk Mencegah Penyakit Covid-19. Jambura Journal of Health Sciences and Research, 2(2), 71–76. https://doi.org/10.35971/jjhsr.v2i2.6134.
Amanullah, M. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 37. https://doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2300.
Amiyanti, R., & Ningsih, K. (2018). Pengaruh Model Kooperatif Berbantuan Media Flipbook terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas x SMAN 3 Materi Bakteri. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1(1), 0–9. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/27062/75676577671.
Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941.
Baharuddin, I. (2020). Pembelajaran Bermakna Berbasis Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Journal of Islamic Education Management, 5(2), 79–88. https://doi.org/10.24256/kelola.v5i2.1377.
Cahyanto, B., Sholihah, L. K., Hamidah, N., Sari, E. D. W., & Wati, A. K. (2021). Penyuluhan Kesehatan Masyarakat untuk Meningkatkan Kesadaran Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i1.10787.
Cindrakasih, rosita. (2021). Dampak COVID- 19 terhadap Sosial Budaya dan Gaya Hidup Masyarakat. Jurnal Public Relation, 2(2). https://doi.org/10.31294/jpr.v2i2.385.
Daningsih, E., & Yokhebed. (2017). Kelayakan Media Flipbook Upaya pencegahan Pencemaran Udara Kelas x. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Untan, 7(2), 1–11. https://docplayer.info/203863586-Kelayakan-media-flipbook-upaya-pencegahan-pencemaran-udara-kelas-x.html.
Disantara, F. P. (2020). Tanggung Jawab Negara dalam Masa Pandemi Covid-19. JCH (Jurnal Cendekia Hukum), 6(1), 48. https://doi.org/10.33760/jch.v6i1.262.
Elvianasti, M., & Dharma, A. P. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Flipbook bagi Guru Sma Muhammadiyah Se-Dki Jakarta. Abdimas Universal, 1(1), 6–10. https://doi.org/10.36277/abdimasuniversal.v1i1.2.
Hidayat, risyal hardiyanto. (2020). Strategic Steps to Prevent COVID-19 Pendemi at the Indonesian Correctional Institution. Jurnal Pendidikan Kesehatan (E-Journal), 9(1). https://doi.org/10.31290/jpk.v9i1.1494.
Husna, M. A., & Marlini, M. (2019). Rancangan Kegiatan Literasi Informasi di SMA Negeri 1 Padang. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 8(1), 242. https://doi.org/10.24036/107345-0934.
sIntan, T., Hasanah, F., Wardiani, S. R., & Handayani, V. T. (2021). Peningkatan Kualitas Hidup di Masa Pandemi Covid-19 dengan Penerapan Pola Hidup Sehat. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 4(1), 27–32. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v4i1.834.
Kurniawan, D. T. (2017). Penggunaan Model PJBL untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa dalam Membuat Media Pembelajaran Matematika. Kalamatika Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 207. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol2no2.2017pp207-220.
Mahardhani, A. januar. (2020). Menjadi Warga Negara yang Baik pada Masa Pandemi Covid-19: Persprektif Kenormalan Baru. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 65–76. https://doi.org/10.24269/jpk.v5.n2.2020.pp65-76.
Mahmudi, W., & Fernandes, reno. (2021). Adaptasi Siswa tehadap Pola Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 1 Solok. Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi Dan Pendidikan, 4(3). https://doi.org/10.24036/perspektif.v4i3.471.
Murniati, R. F., Gis, M., & Nuwaswita, L. (2021). Dilematis antara Kesulitan Siswa dan Guru dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemic Covid-19: Sebuah Upaya Aksidental MTs. Muhammadiyah Wuring Authors. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1). https://doi.org/10.35568/naturalistic.v6i1.902.
Murtiningsih, M. (2020). Penyuluhan Kesehatan Pola Hidup Sehat secara Daring Menggunakan Zoom dan Youtube sebagai Media Ajar pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 1(2), 37–40. https://doi.org/10.35870/jpni.v1i2.13.
Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., Sugihartono, T., & Yarmani, Y. (2020). Pola Hidup Sehat dengan Olahraga dan Asupan Gizi untuk Meningkatkan Imun Tubuh Menghadapi Covid-19. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 18(2), 90–100. https://doi.org/10.33369/dr.v18i2.13008.
Novalia, P. D., & Handayani, L. (2021). Gambaran Penerapan Protokol Kesehatan 3m di Masyarakat pada Masa Pandemi Covid-19 : Literature Review. Visikes: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 20(2). https://doi.org/10.33633/visikes.v20i2.4653.
Nurislaminingsih, R. (2020). Layanan Pengetahuan tentang COVID-19 di Lembaga Informasi. Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 4(1), 19. https://doi.org/10.29240/tik.v4i1.1468.
Nurrohman, A. (2021). Analisis Edugame Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Sinasis (Seminar Nasional Sains), 2(1). http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5349.
Nuryani, L., & Abadi, I. G. surya. (2021). Media Pembelajaran Flipbook Materi Sistem Pernapasan Manusia pada Muatan IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 247. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.32934.
Putri, R. N. (2020). Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 705. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.1010.
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460.
Rasidi, M. A., Hikmatullah, N., & Sobry, M. (2021). Hambatan Guru dalam Pembelajaran Daring: Studi Kasus di Kelas V MIN 2 Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 159. https://doi.org/10.30659/pendas.8.2.159-174.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759.
Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072.
Wakitayanti, N. A., & Hartono, M. (2021). Motivasi dan Kesadaran Hidup Sehat Masyarakat untuk Berolahraga pada Masa New Normal di Kota Semarang. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 2(1). https://doi.org/10.15294/INAPES.V2I1.43230.
Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2279.
Widayoko, A., H, S. K., & Muhardjito, M. (2018). Analisis Program Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dengan Pendekatan Goal-Based Evaluation. Jurnal Tatsqif, 16(1), 78–92. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.134.
Winaya, I. M. A. (2020). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pademi Covid-19 Dengan Berbantu Lembar Kejra Siswa Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(1), 35–46. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/23548/14372.
Yunus, N. R., & Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lock Down sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15083.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)