Multimedia Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.44354Keywords:
Media, Multimedia pembelajaran, Bahasa InggrisAbstract
Bahasa Inggris menjadi salah satu Bahasa yang digunakan sebagai alat komunikasi universal masyarakat dunia. Hanya saja kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa siswa kelas X cenderung tidak menyukai mata pelajaran Bahasa Inggris karena kurangnya penggunaan media yang menarik dalam proses pembelajarannya. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan rancangan pengembangan multimedia pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dan model pengembangan ADDIE. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni tiga orang ahli dan siswa kelas X. pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan wawancara, pencatatan dokumen, dan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil review ahli isi mata pelajaran menunjukkan multimedia bahasa Inggris berpredikat sangat baik (92%), hasil review ahli media pembelajaran multimedia menunjukkan produk berpredikat baik (75%), hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan multimedia berpredikat baik (86%), hasil uji perorangan menunjukkan multimedia berpredikat sangat baik (91,3%), hasil uji kelompok kecil menunjukkan multimedia berpredikat sangat baik (92,6%). Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa bahwa multimedia efektif untuk dikembangkan dan dibelajarkan kepada siswa kelas X, kususnya untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris siswa.
References
Alami, Y. (2020). Media Pembelajaran Daring pada Masa Covid-19. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 49–56. https://ejournal.staisyamsululum.ac.id/index.php/jtt/ article/view/71.
Amalia, N. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia pada Mata Kuliah Konstruksi Bangunan I. Jurnal PenSil, 9(2), 104–110. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i2.15350. DOI: https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i2.15350
Arif, S., & Muthoharoh, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon dalam Meningkatkan Kemampuan Representasi IPA di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(1), 112–124. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i1.19779. DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v5i1.19779
Ayu, M., & Sari, F. M. (2022). Pelatihan Siswa/I Untuk Meningkatkan Kemampuan Tata Bahasa Inggris Dasar Melalui Website Grammar. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(1), 132. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i1.1916. DOI: https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i1.1916
Azis, N., Pribadi, G., & Nurcahya, M. S. (2020). Analisa dan Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Berbasis Android. Jurnal Komputer Dan Informatika, 4(3), 2019–2020. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-informatika/article/view/815.
Busrial. (2022). Upaya meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Inggris melalui Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle). Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran, 2(1). https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i1.130. DOI: https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i1.130
Chrisnawati, C. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Inggris melalui teknik EGRU pada siswa Kelas X SMA Negeri 2 Dompu. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(1), 9–14. https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i1.132. DOI: https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i1.132
Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934
Herawati. (2018). Memahami Proses Belajar Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1). https://doi.org/10.22373/bunayya.v4i1.4515.
Kurniawan, E. Y. (2019). Pendidikan Berbasis Kreativitas Pada Mahasiswa PGPAUD Melalui Pemanfaatan Media Barang-Barang Bekas Dalam Pembelajaran Musik Perkusi di Universitas Muhammadiyah Tangerang. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1. https://doi.org/10.31000/ceria.v9i2.1272. DOI: https://doi.org/10.31000/ceria.v9i2.1272
Majidah, Hasfera, D., & Fadli, M. (2019). Penggunaan Warna Dalam Disain Interior Perpustakaan Terhadap Psikologis Pemustaka. RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 95–106. https://doi.org/10.31604/ristekdik.2019.v4i2.95-106. DOI: https://doi.org/10.31604/ristekdik.2019.v4i2.95-106
Mashuri, M., & Hasanah, E. (2021). Manajemen Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa saat Pandemi Covid-19 di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(2), 227–234. https://doi.org/10.30872/diglosia.v4i2.174. DOI: https://doi.org/10.30872/diglosia.v4i2.174
Mayana, I., Sthephani, A., Effendi, L. A., & Yolanda, F. (2021). Motivasi Belajar Siswa Terhadap Penggunaan Macromedia Flash 8 Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(2), 144–155. https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i2.109. DOI: https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i2.109
Mulyawan, U. (2021). Problematika Online Learning; Hambatan Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa. Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(2), 301–308. https://doi.org/10.47492/jih.v9i2.349. DOI: https://doi.org/10.47492/jih.v9i2.349
Novitasari, K. (2019). Penggunaan Teknologi Multimedia Pada Pembelajaran Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 3(01), 50. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i01.1435. DOI: https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i01.1435
Nugraheni, N. (2017). Penerapan Media Komik Pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Refleksi Edukatika, 7(2). https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1587. DOI: https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1587
Nurhasanah, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Sejarah Perkembangan Islam Berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 148–153. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.69. DOI: https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.69
Nurseto, T. (2020). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706. DOI: https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Fitrah:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945. DOI: https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Permata, P., & Rahmawati, W. D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Materi Kalkulus. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(3), 277–286. https://doi.org/10.30738/union.v6i3.2985. DOI: https://doi.org/10.30738/union.v6i3.2985
Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275
Ratnawati. (2020). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada pembuatan strip komik untuk meningkatkan kemampuan menulis bahasa inggris. Indonesian Journal of Educational Development, 1(3). https://doi.org/10.5281/zenodo.4286867.
Saud, I. W., Husain, D., & Helingo, A. (2019). Survei Implemantasi Information And Communication Technology (ICT) Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sma Se-Kabupaten Gorontalo. Orbith: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa Dan Sosial, 14(3), 176. https://doi.org/10.32497/orbith.v14i3.1315. DOI: https://doi.org/10.32497/orbith.v14i3.1315
Setyanto, D. W., & Adiwibawa, B. A. P. (2018). Membaca Warna Pada Karakter Superhero Marvel. Demandia : Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, Dan Periklanan, 03(02), 112–133. https://doi.org/10.25124/demandia.v3i02.1551. DOI: https://doi.org/10.25124/demandia.v3i02.1551
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Susanti, W., Yuliendi, R. R., Ambiyar, A., & Wakhinuddin, W. (2020). Perancangan Pembelajaran E-Learning Bahasa Inggris Untuk Pemula Berbasis Multimedia. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(1), 101. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1601. DOI: https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1601
Suseno, P. U., Ismail, Y., & Ismail, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Video Interaktif berbasis Multimedia. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(2), 59–74. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i2.7272. DOI: https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i2.7272
Syahrin, A., & Bin, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Audiovisual Dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Di SMA Negeri 3 Takengon. Kande Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 21. https://doi.org/10.29103/jk.v1i1.3644. DOI: https://doi.org/10.29103/jk.v1i1.3644
Wahyugi, R., & Fatmariza, F. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Software Macromedia Flash 8 Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 785–793. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.439. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.439
Zulmal, F. R., & Hidayati, A. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Adobe Captivate 9 Dalam Penanaman Nilai Kemandirian Anak Usia Dini. Inovtech, 2(1). https://doi.org/10.24036/inovtech.v2i01.106.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ni Luh Sumesari, I Kadek Suartama, I Made Tegeh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)