Modul Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas VI Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.46716Keywords:
Media Pembelajaran, Modul InteraktifAbstract
Kurangnya motivasi belajar terutama dalam masa pembelajaran jarak jauh atau daring disebabkan oleh kurangnya ketersediaan media ajar yang mampu mendukung aktivitas belajar daring. Tujuan penelitian untuk menciptakan modul pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Agama Hindu dan Budi Pekerti kelas VI sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Subjek dalam penelitian ialah 1 ahli isi mata pelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 3 siswa sebagai responden uji coba perorangan dan 6 siswa uji coba kelompok kecil. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Metode pengumpulan data yaitu kuesioner, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi produk modul interaktif dinyatakan layak berdasarkan review ahli isi mata pelajaran memperoleh tingkat kelayakan sangat baik (92%), review ahli media pembelajaran memperoleh kelayakan sangat baik (90%), review ahli desain memperoleh kualitas sangat baik (90%), uji coba perorangan memperoleh tingkat kelayakan sangat baik (92,37%), dan uji coba kelompok kecil juga memperoleh kualitas sangat baik (92,13%). Oleh karena itu, media modul interaktif layak diterapkan dalam aktivitas belajar siswa. Implikasi penelitian ini diharapkan guru tetap menggunakan modul interaktif untuk menunjang pembelajaran daring, sehingga siswa lebih mudah memahami materi.
References
Agung, A. A. G. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Persepktif Manajemen Pendidikan). Universitas Pendidikan Ganesha.
Agusty, S., & Delianti, V. I. (2019). Pengembangan Aplikasi Modul Interaktif Komputer dan Jaringan Dasar Berbasis Android. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(3), 94. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i3.105215.
Aisyah, N., Safitri, S. L., Zahra, F., & Santoso, D. I. (2021). Pengembangan E-Modul dengan Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran PAI. Manazhim, 3(2), 273–284. https://doi.org/10.36088/manazhim.v3i2.1397.
Anida, A., & Eliza, D. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Kearifan Lokal untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1556–1565. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.898.
Aryawan, Sudatha, & Sukmana. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 6(2), 180–191. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20290.
Asrial, A., Syahrial, S., Maison, M., Kurniawan, D. A., & Piyana, S. O. (2020). Ethnoconstructivism E-Module to Improve Perception, Interest, and Motivation of Students in Class V Elementary School. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(1), 30–41. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i1.19222.
Azizi, M., & Prasetyo, S. (2018). Kontribusi Pengembangan Media Komik IPA Bermuatan Karakter pada Materi Sumber Daya Alam untuk Siswa MI/SD. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(2), 185–194. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v9i2.25.
Boetto, E., Fantini, M. P., Gangemi, A., Golinelli, D., Greco, M., Nuzzolese, A. G., Presutti, V., & Rallo, F. (2021). Using Altmetrics for Detecting Impactful Research in Quasi-Zero-Day Time-Windows: The Case of COVID-19. Scientometrics, 126(2), 1189–1215. https://doi.org/10.1007/s11192-020-03809-7.
Cahyati, N., Syafdaningsih, S., & Rukiyah, R. (2018). Pengembangan Media Interaktif dalam Pengenalan Kata Bermakna pada Anak. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 160–170. https://doi.org/10.17509/cd.v9i2.11339.
Dewi, M. S. A., & Lestari, N. A. P. (2020). E-Modul Interaktif Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 433–441. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28035.
Eka Wardhana, & Sujana, I. W. (2021). Persepsi Guru SD di Kelas Rendah Dan Tinggi terhadap Pembelajaran Daring Berbeda di Masa Pandemi Covid-19. Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.23887/mpi.v2i1.32757.
Ekawati, T. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika pada Materi Statistika Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 184–192. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1826.
Ernata, Y. (2017). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward dan Punishment di SDN Ngaringan 05 Kec.Gandusari Kab.Blitar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 781. https://doi.org/10.22219/jp2sd.vol5.no2.781-790.
Gaikwad, N., & Tankhiwale, S. (2014). Interactive E-learning Module in Pharmacology: A Pilot project at A Rural Medical College in India. Perspectives on Medical Education, 3(1), 15–30. https://doi.org/10.1007/s40037-013-0081-0.
Hamid, M. A., Yuliawati, L., & Aribowo, D. (2020). Feasibility of Electromechanical Basic Work E-module as A New Learning Media for Vocational Students. Journal of Education and Learning (EduLearn), 14(2), 199–211. https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i2.15923.
Hanafy, M. S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5.
Hazimah, N., & Muhammadi. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV. Journal of Basic Education Studies, 4(2), 1–8. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/2693.
Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424.
I Made Sudarta. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti dengan Poskoguwak di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3). http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/670.
Istiana. (2017). Pemanfaatan Aplikasi Penggambar Diagram Alir (Flowchart) sebagai Bahan Ajar untuk Mata Kuliah Sistem Akuntansi di Fakultas Ekonomi pada Perguruan Tinggi Swasta di Kota Medan. Kitabah, I(1), 14. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/JAKS/article/view/818.
Jasman, M. I., Rukun, K., & Sukardi, S. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Interaktif Aplikasi Adobe Flash Bahasa Java pada Mata Pelajaran Object Oriented Programming (OOP). Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 1(3), 101–110. https://doi.org/10.24036/jptk.v1i3.1923.
Khamim, M. (2021). Penerapan Media Online Berbasis Google Classroom dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Pai di Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 2 Ponorogo. Journal of Chemical Information and Modeling, 1, 27. http://etheses.iainponorogo.ac.id/14657/.
Kiong, T. T., Yunos, J. M., Mohammad, B., Othman, W., Heong, Y. M., & Mohamad, M. M. (2012). The Development and Implementation of Buzan Mind Mapping Module. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 64. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.464.
Kristianto, D., & Rahayu, T. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas IV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(19), 939–946. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.553.
Kurniaman, O., & Noviana, E. (2019). Penerapan Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, dan Pengetahuan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 389. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i2.4520.
Logan, R. M., Johnson, C. E., & Worsham, J. W. (2021). Development of An E-Learning Module to Facilitate Student Learning and Outcomes. Teaching and Learning in Nursing, 16(2), 139–142. https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.10.007.
Nilawati, N., Rusdinal, R., & Subandi, A. (2020). Development of An ICT-Based Interactive Training Module in Improving Organizational Development Competencies for Elementary School Principals. International Conference on Elementary Education, 2(No1).
Ningsih, S. Y., & Mahyuddin, N. (2021). Desain e-Module Tematik Berbasis Kesantunan Berbahasa Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 137–149. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1217.
Nopiani, R., Suarjana, I. M., & Sumantri, M. (2021). E-Modul Interaktif pada Pembelajaran Tematik Tema 6 Subtema 2 Hebatnya Cita-citaku. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36058.
Nurlina, U., Sulissusiawan, A., & Seli, S. (2019). Pengembangan Modul Interaktif untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Sekolah Dasar Bawamai Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(3), 1–11. https://doi.org/10.26418/jppk.v8i3.31793.
Nurrita, T. (2019). Development of Circle Learning Media to Improve Student Learning Outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099.
Putri, R. D. P., & Suyadi. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dalam Penerapan Kurikulum 2013 Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3912–3919. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1442.
Rahmat, M. R., Arip, A. G., & Nur, S. H. (2020). Implementation of Problem- Based Learning Model Assisted by E-Modules on Students’ Critical Thinking Ability. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(3), 339. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i3.22410.
Rashid, A., Farooq, M. S., Abid, A., Umer, T., Bashir, A. K., & Zikria, Y. Bin. (2021). Social Media Intention Mining for Sustainable Information Systems: Categories, Taxonomy, Datasets and Challenges. Complex & Intelligent Systems. https://doi.org/10.1007/s40747-021-00342-9.
Rusdi, M. (2018). Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan (Konsep, Prosedur, dan Sintesis Pengetahuan Baru). Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Rusli, A. R. (2017). Spiritualitas dalam Agama hindu. Majalah Ilmu Pengetahuan Dan Pemikiran Keagamaan Tajdid.
Sa’diyah, K. (2021). Pengembagan E-Modul Berbasis Digital Flipbook untuk Mempermudah Pembelajaran. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1298–1308. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.561.
Sadikin, & Hamidah. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214–224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759.
Serevina, V., Astra, I., & Sari, I. J. (2018). Development of E-Module Based on Problem Based Learning (PBL) on Heat and Temperature to Improve Student’s Science Process Skill. Journal of Educational Technology-TOJET, 17(3), 26–36. https://eric.ed.gov/?id=EJ1184205.
Suastika, I Ketut & Rahmawati, A. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual. September, 58–61.
Suatra, I. N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti melalui Pembelajaran Sainfik berbasis Peta Konsep. 2(2), 182–191.
Sunhaji, S. (1970). Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 2(2), 30–46. https://doi.org/10.24090/jk.v2i2.551.
Suradarma, I. B. (2019). Pendidikan Agama Hindu sebagai Landasan Pendidikan Moral dan Etika. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 3(1), 16. https://doi.org/10.38043/jids.v3i1.1731.
Surjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan. UNY Perss.
Suryatniani, I. A. K. (2019). Revitalisasi Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal dalam Mengatasi Krisis Moral. Bawi Ayah: Jurnal Pendidikan Agama Dan Budaya Hindu, 9(1), 38–48. https://doi.org/10.33363/ba.v9i1.229.
Tanto, O. D., Hapidin, H., & Supena, A. (2019). Penanaman Karakter Anak Usia Dini dalam Kesenian Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 337–345. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.192.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16. https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145.
Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2279.
Zulkarnain, A., Kadaritna, N., & Tania, L. (2015). Pengembangan E-Modul Teori Atom Mekanika Kuantumberbasis Web dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 4(1), 222–235. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/8712.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ni Putu Dian Angga Monika Putri, I Kadek Suartama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)