PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN: INTEGRASI TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v1i2.741Abstract
Permasalahan yang dirasakan oleh siswa kelas VI di SDN 2 Blahbatuh dalam mengikuti prosespembelajaran khususnya pada pelajaran IPA adalah terlalu monotonnya pelaksanaan prosespembelajaran, yaitu dalam penggunaan metode dan media. Metode yang dominan digunakan hanyaceramah dan tanya jawab. Sedangkan medianya hanya papan tulis dan spidol. Akibatnya munculkecenderungan siswa tidak senang dengan pelajaran IPA sehingga nilainya di bawah rata-rata.Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan video pembelajaran IPA yang layak pakai sesuaidengan kebutuhan dan karakteristik siswa, serta mampu memberikan motivasi pada siswa dalam belajarsecara individual (mandiri) dan 2) mengetahui kualitas hasil pengembangan video pembelajaran menurutreview para ahli dan uji coba produk.Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Data tentang kualitasproduk pengembangan ini dikumpulkan dengan metode angket yang selanjutnya dianalisis denganteknik analisis deskriptif kuantitatif dan teknik analisis deskriptif kualitatif. Subjek review terdiri dari satuahli isi mata pelajaran IPA, dan satu ahli desain pembelajaran, sedangkan subjek uji coba peroranganterdiri dari enam siswa.Hasil penelitian ini adalah video pembelajaran layak pakai sesuai dengan karakteristik siswa.Kualitas video pembelajaran yang dikembangkan sangat baik. Hasil validasi data menunjukkan tingkatpencapaian video pembelajaran ini adalah (1) ahli isi mata pelajaran dengan tingkat pencapaian dalamkategori sangat baik (92%), (2) ahli desain pembelajaran dengan tingkat pencapaian dalam kategorisangat baik (90%), (3) uji coba perorangan dengan tingkat pencapaian dalam kategori sangat baik(89%). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan video pembelajaran dapat digunakan di SDN 2Blahbatuh kelas VI semester II.Downloads
Published
2013-07-02
How to Cite
Putra, I. D. (2013). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN: INTEGRASI TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN IPA. Jurnal Edutech Undiksha, 1(2). https://doi.org/10.23887/jeu.v1i2.741
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)