PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MATERI PANCA YADNYA PADA MATA PELAJARAN AGAMA HINDU UNTUK SISWA KELAS V DI SD NEGERI 3 MEDEWI TAHUN PELAJARAN 2012/2013
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v1i2.742Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan desain pengembangan multimedia pembelajarandengan materi panca yadnya pada mata pelajaran agama hindu kelas V di SDN 3 Medewi dan (2)mengetahui kualitas hasil pengembangan multimedia pembelajaran menurut validasi ahli, uji perorangan,uji kelompok kecil, dan uji lapangan.Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan produk PembelajaranBerbantuan Komputer (PBK), yang dikembangkan oleh Luther. Adapun langkah-langkah pengembanganmodel luther adalah; a) konsep, b) desain, c) pengumpulan bahan, d) perakitan, e) uji coba dan g)Distribusi. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket atau kuisioneryang selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptifkuantitatif.Desain pengembangan CD multimedia pembelajaran ini terdiri dari melakukan analisis kebutuhandilanjutkan dengan mengembangkan Flowchart dan Storyboard. Hasil penelitian menunjukan (1) uji ahliisi mata pelajaran Agama Hindu berada pada kualifikasi sangat baik (persentase = 94%), (2) uji ahlimedia pembelajaran berada pada kualifikasi baik (persentase = 87%), (3) uji ahli desain Multimediapembelajaran berada pada kualifikasi baik (persentase = 86%), (4) uji coba perorangan berada padakualifikasi sangat baik (persentase = 94%), uji kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik(persentase = 93%), uji coba lapangan berada pada kualifikasi sangat baik (persentase = (90%). Olehkarena itu media yang dihasilkan dapat dikatakan sudah layak pakai, karena telah dilakukan validasisesuai aturan.Kata-kata kunci: pengembangan, model PBK, multimedia pembelajaranDownloads
Published
2013-07-02
How to Cite
Prabawa Utama, I. M. O. (2013). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MATERI PANCA YADNYA PADA MATA PELAJARAN AGAMA HINDU UNTUK SISWA KELAS V DI SD NEGERI 3 MEDEWI TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Jurnal Edutech Undiksha, 1(2). https://doi.org/10.23887/jeu.v1i2.742
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)